1. Merubah Cara Pandang pada Dunia


Jika kamu tinggal di satu kota yang sama sejak lahir, kamu perlu berkemas dan berpergian sekarang juga. Hal ini penting karena travelling dapat membuat cara pandangmu yang semula hanya pada satu titik saja menjadi lebih terbuka. Lihatlah matahari terbenam di pulau atau negara lain, sensasinya akan berbeda meskipun kamu melihat hal yang sama setiap harinya namun dari tempat berbeda..
source: http://www.authenticgrowth.com/uncover-your-beliefs/

2. Belajar Toleransi


Ketika kamu berada di tempat dengan budaya dan orang-orang yang berbeda, kamu akan belajar menyesuaikan diri dengan keadaan setempat dan meningkatkan rasa toleransimu terhadap orang lain.
source: http://www.redbarnduckraces.com/night-at-the-races.html

3. Menghadapi Tantangan


Saat berpergian sendiri, kamu akan keluar dari zona nyaman dan berusaha untuk menjawab tantangan yang ada di hadapanmu. Misalnya, saat kamu tersasar di tengah jalan atau ada masalah dengan penginapanmu, kamu diharuskan memecahkan masalah yang ada dengan caramu sendiri.
source: https://www.linkedin.com/pulse/20140523190445-13071383-leaving-the-comfort-zone-new-challenge-ahead

4. Belajar Lebih Sabar


Naik pesawat, kereta dan bus akan memaksamu bertemu orang lain yang tidak kamu kenal dan berbeda kebiasaannya. Menunggu orang lain keluar dari kereta, antri keluar pesawat dan kejadian lainnya dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih sabar.
source: http://www.vodkitchen.com/meeting-iron-chef-sakai-at-la-rochelle-tokyo/

5. Menikmati Momen Lebih Dalam


Bagaimana rasanya mencapai suatu tempat yang indah dengan usaha sendiri? Pasti akan menyenangkan, apalagi jika kamu memiliki waktu yang terbatas di tempat itu. Kamu pasti merasa ingin menikmati momen itu sedalam-dalamnya.
source: http://www.lifestyleupdated.com/2012/10/26/how-to-enjoy-the-moment/

6. Mengandalkan Kebaikan Orang Lain


Wanita terkadang suka merasa parno untuk bertanya pada orang tak dikenal. Tapi cobalah untuk bertanya pada warga lokal saat kamu tersesat. Mereka pasti akan berusaha membantumu dan tidak ada maksud jahat.
source: http://www.weltrekordreise.ch/p_asie_id9.html

7. Kamu Tidak Muda Selamanya


Selagi umurmu belum terlalu tua untuk menjelajahi dunia, jangan tunda lagi petualanganmu. Dengan menyadari hal ini, kamu akan lebih menghargai waktu yang ada sekarang dan dapat merencanakan perjalananmu dengan lebih matang.
source: http://www.ehow.com/how_5934257_vacation-elderly.html

8. Belajar Bahasa Baru


Berkunjung ke daerah atau negara baru tentu membuatmu penasaran dengan bahasanya. Traveler yang baik setidaknya belajar untuk mengucapkan salam dan terima kasih dalam bahasa setempat. Ini bisa jadi kesempatan yang bagus untuk belajar bahasa baru.
source: http://www.oln.org/benefits-learning-new-language/

9. Mencoba Rasa Baru


Jalan-jalan juga identik dengan beragam kuliner lokal yang dapat kamu coba. Buat dirimu terkejut dengan mencicipi kuliner lokal yang berbeda dengan makanan yang biasa kamu makan. Kamu akan lebih mengenal dan menghargai rasa masakan yang bervariasi.
source: http://www.groupon.com/deals/stickers-asian-cafe-2
Wah, ternyata banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil hanya dari berpergian. Sebelum terlambat untuk melakukannya, yuk kita berkemas dan pergi berpetualang sekarang juga!