Menurut wanita kelahiran 1985 ini, bidang aesthetic di Indonesia kini hanya ada dalam bentuk sertifikasi kompetensi. "Saat ini, belum ada sekolah untuk dokter aesthetic di Indonesia. Jadi setelah lulus sebagai dokter umum, saya mengambil course di bidang aesthetic," kata dokter yang menyelesaikan S1 dokter umum tahun 2009 silam.
source: http://postimg.org/image/vxx5606c5/
Dokter Cynthia mengawali karir kedokteran dengan bekerja di klinik aesthetic dan menjadi bagian dari manajemen sebuah rumah sakit swasta. "Ketika itu, aesthetic sedang booming sehingga saya ingin mencoba tantangan baru," kenangnya.
Cynthia mengakui bahwa awal ia terjun di bidang aesthetic, ia banyak belajar karena materi mengenai aesthetic sendiri tidak masuk dalam kurikulum kedokteran. "Bahkan untuk kurikulum spesialis kulit dan kelamin tidak ada ada kurikulum khusus aesthetic. Namun, lebih ke penyakit seperti jerawat, hiperpigmentasi, dan kosmetik," katanya menjelaskan.

Memulai Karir Dunia Aesthetic

Setelah mendapatkan ijin untuk praktek pada tahun 2010 usai lulus dari sekolah kedokteran, dokter Cynthia pun mulai mengmabil banyak pelatihan aesthetic. Dia menceritakan, bahwa pelatihan yang diambilnya sangat bervariasi baik dari jenis hingga tingkatannya. Untuk kurun waktu pembelajaran pun, tergantung pada jenis pelatihan yang diambil. "Pelatihan aesthetic untuk dokter itu ada banyak ragamnya, bisa dilakukan selama satu hari, tujuh hari, hingga berbulan-bulan tergantung kebutuhannya," cerita dokter Cynthia.
Untuk pelatihan aesthetic, biasanya dibedakan dalam tiga tingkatan yakni basic, advance hingga kelas internasional. Untuk advance, dokter Cynthia menjelaskan bahwa pada tingkatan ini ia harus belajar sesuai dengan keterampilan yang diinginkan. "Misalnya untuk filler dan botox, masing-masing punya standar dan sertifikat sendiri yang tidak bisa digabungkan satu sama lain. Termasuk untuk pelatihan alat seperti laser, ini diberikan khusus untuk dokter bukan beautician," jelasnya.
Selain pelatihan di bidang aesthetic, untuk semakin menambah kemampuannya di bidang ini, dokter Cynthia juga mengambil pelatihan akupuntur. "Kelas akupuntur yang saya ambil sekitar 3 bulan. Meski ingin langsung fokus ke akupuntur aesthetic, saya tetap harus mempelajari secara menyeluruh mengenai teknik akupuntur ."

Membuka Klinik Aesthetic

Setelah meniti karir sebagai dokter aesthetic dan mengikuti banyak pelatihan aesthetic, dokter Cynthia akhirnya membuka "Klinik dr. CynCLINIQ" pada tahun 2011. "Setelah bekerja sebagai dokter, saya menyadari bahwa jiwa saya lebih ke aesthetic sehingga saya memutuskan untuk membuka klinik sendiri," imbuh dokter Cynthia.
"Kebutuhan pasar aesthetic sedang meningkan dan terus berkembang, selain itu saya juga punya pertimbangan sebagai seorang istri. Dengan bekerja sebagai dokter aesthetic, saya dapat memiliki banyak waktu untuk keluarga," lanjutnya menjelaskan alasannya membuka "Klinik dr. Cynthia Jayanto".

Inner Theraphy Jadi Beauty Trend

Ketika ditanya negara mana yang menurutnya memiliki the best beauty treatment, dokter Cynthia tidak ragu menyebutkan Indonesia. Wanita yang pernah tinggal di Yogyakarta ini menjelaskan bahwa setiap negara memiliki kelebihan masing-masing di bidang beauty treatment. "Saya sendiri membanggakan Indonesia yang memiliki the best beauty treatment. Indonesia juga memiliki tenaga ahli di bidang aesthetic yang tidak kalah dibandingkan Thailand dan Singapura yang saat ini tengah booming," katanya.
Menurutnya, negara seperti Korea dan Jepang sudah menjadi pelopor negara dengan best beauty treatment namun bukan berarti Indonesia tidak bisa menyusul. "Sayang sekali jika orang berbondong-bondong ke luar negeri padahal di Indonesia pun tidak kalah treatmentnya," imbuh dokter Cynthia.
Ia juga menambahkan jika dengan banyaknya klinik aesthetic di Indonesia akan mampu memajukan perekonomian. Secara tidak langsung, klinik akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. "Biar pun kita harus mencontoh negara lain seperti Jepang dan Korea namun kita tetap harus bisa unggul," katanya bangga.
Soal beauty trend di Indonesia, dokter Cynthia menjawab saat ini inner theraphy tengah menjadi populer. Selain mendapatkan perawatan dari luar secara rutin, tubuh juga perlu perawatan dari dalam. Untuk itulah dibutuhkan terapi dari dalam seperti dengan mengonsumsi suplemen. Misalnya suplemen antoksidan dan vitamin lainnya.
Ditanya soal apa definisi cantik untuknya, dokter Cynthia menjawab sambil tersenyum, "Cantik itu bukan sekedar wajah tapi bersih." Ia melanjutkan, "Bersih secara fisik dan juga bersih hatinya. Walaupun kulitnya tidak cerah jika bersih maka dia cantik. Misalnya saja orang yang punya kulit sawo matang, dia cantik tapi kalau tidak menjaga kebersihan maka bisa terlihat kusam dan risiko berjerawat. Atau jika seseorang sudah cantik, namun tidak menjaga kebersihan bisa saja terkena bau badan."

Masalah Kecantikan di Indonesia

Menjadi cantik dan memiliki kulit yang sehat bebas masalah tentu menjadi idaman banyak wanita. Untuk mendapatkannya diperlukan perawatan serta penanganan yang tepat.
source: http://postimg.org/image/4d4beqot1/
Menurut dokter Cynthia, masalah kecantikan yang sering dialami wanita Indonesia adalah jerawat dan flek hitam. Pasien yang datang ke Klinik dr. Cynthia Jayanto juga sebagian besar memiliki masalah kulit yang sama. Untuk mengatasi jerawat misalnya, dokter Cynthia memberikan perawatan dengan pengobatan krim racikan.
Sedangkan untuk flek hitam, dokter Cynthia mengaku ia tidak memberikan harapan tinggi kepada pasien. "Pada dasarnya, flek hitam tidak bisa dihilangkan hanya bisa disamarkan."
Menurut dokter Cynthia, ada kasus ketika seseorang melakukan perawatan flek hitam. Ia mendapatkan hasil yang diinginkan dan flek hitam pun tersamarkan kemudian berhenti melakukan perawatan. Pada suatu waktu flek hitam kembali dan pasien menganggap ini sebagai kecanduan karena tidak menggunakan krim atau melakukan perawatan lagi. Pada kenyataannya, pasien sebenarnya memiliki masalah kulit sehingga tentu harus melakukan perawatan.

Kata Dokter

Atasi Flek Hitam Dengan Farmasi & Non Farmasi
Untuk mengatasi masalah flek hitam, dokter Cynthia menyebutkan dua acara yakni farmasi dan non farmasi. Untuk cara farmasi, yaitu menggunakan krim racikan khusus untuk mencerahkan. Tujuannya adalah untuk menyamarkan bintik flek hitam yang muncul pada kulit. Sedangkan non farmasi, dokter Cynthia menyebutkan dapat menggunakan bengkuang yang mengandung ektrak licorice, atau tomat yang mengandung ekstrak lycopene untuk membantu menyamarkan noda kehitaman.
source: http://postimg.org/image/7yg2zwf1t/
Atasi Jerawat Dengan Akupuntur
Ada mitos yang mengatakan bahwa makanan bisa menjadi salah satu penyebab jerawat. Jika menurut literature, dairy product seperti susu BISA menjadi penyebab jerawat. Hal ini dikarenakan dairy product mampu meningkatkan produksi hormone androgen. Namun, hal ini sepertinya tidak bisa berlaku bagi semua orang. "Di Amerika konsumsi dairy product sangat tinggi namun tidak semua orang memiliki jerawat. Teori ini tentu tidak 100 persen benar," kata dokter Cynthia.
Jerawat bagi masing-masing orang disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena tidak menjaga kebershihan, hormone, pemakaian KB, hingga factor keturunan. Salah satu metode untuk menghilangkan jerawat adalah dengan akupuntur. Namun untuk melakukan metode ini, pasien akan terlebih dahulu menerima perawatan untuk penyakit lain yang dideritanya. Misalnya, masalah lambung yang dapat menimbulkan timbulnya jerawat di wajah.
"Untuk menyembuhkan jerawat dengan teori akupuntur, kuncinya ya komunikasi karena tidak semata-mata menyembuhkan jerawat tapi juga harus dicari asal masalahnya," ungkap dokter Cynthia.
"Apakah jerawat tiba-tiba muncul? Tentu tidak, dalam teori akupuntur harus ditemukan masalah lain. Misalnya, apakah lambungnya bermasalah, apakah sedang stres, atau ada penyakit lain. Karena kesehatan organ dan bagian tubuh tertentu dapat mempengaruhi yang lain juga. Bagaimana pun, semua adalah keputusan dokter untuk memilih metode apa yang ingin digunakan," katanya menjelaskan.
Untuk perawatan jerawat di Klinik dr. Cynthia Jayanto, memerlukan waktu 1 hingga 12 minggu disesuaikan tingkatan jerawat yang diderita pasien. Perawatan jerawat ini pun biasanya dapat dikombinasikan dengan perawatan whitening.
Mencerahkan Kulit Dengan Inject
Untuk mencerahkan kulit, dokter Cynthia menawarkan perawatan dengan krim racikan miliknya. Namun menurutnya, saat ini pasien ingin hasil yang instan. Untuk itu ia pun menawarkan perawatan whitening dengan injeksi vitamin C dan antioksidan glutation. "Dengan injeksi, pasien hanya perlu datang setiap satu minggu sekali," ujarnya. Ia pun melanjutkan, "Selain dengan injeksi, saya juga menyarankan untuk konsumsi suplemen whitening sebagai inner therapy."
Untuk perawatan langsung secara menyeluruh, dokter Cynthia juga menawarkan body peeling dari ekstrak buah untuk membantu mencerahkan kulit. Melakukan perawatan whitening di Klinik dr. Cynthia Jayanto, dibanderol mulai dari harga 150 ribu hingga 650 ribu.

Range Harga Perawatan Klinik dr. Cynthia Jayanto


Berikut adalah range harga untuk melakukan perawatan aesthetic di klinik dokter Cynthia.
1. Untuk perawatan facial dimulai Rp 85.000 ribu.
2. Treatment botox full face mulai dari Rp 3.500.000 untuk 5-6 bulan.
3. Thread lift (tanam benang) mulai dari Rp 350.000 untuk 5-8 bulan.
4. Filler Rp 3.750.000 untuk 8-12 bulan.
5. Injeksi whitening mulai dari Rp 150.000.