1. Perawatan yang Berbeda untuk Wajah

Salah satu rahasia untuk kulit wajah yang sempurna adalah ketelatenan dalam merawat kulit wajahmu. Merawat kulit wajah tidak seperti merawat kulit tubuh. Jika kamu membalurkan lotion misalnya, maka kamu tinggal membalurkannya secara merata ke seluruh tubuh. Namun tidak demikian untuk kulit wajah. Kondisi setiap area di kulit wajah tidaklah sama. Oleh sebab itu, perawatan yang dilakukan pun sebaiknya dibedakan.
source: http://www.marieclaire.com/beauty/news/a15158/multimasking-beauty-trend/
Misalnya ketika kamu menggunakan krim retinol untuk menghilangkan garis halus di area jidat, sebaiknya jangan digunakan di area yang lain karena justru akan menimbulkan iritasi. Hindari penggunaan kosmetik yang oil-based di bagian T-zone karena area ini mudah berminyak sehingga akan berpotensi menyebabkan jerawat. Area di sekitar mata juga lebih sensitif, oleh sebab itu lebih berhati-hatilah ketika mengoleskan krim dan sebagainya.

2. Antioksidan yang Cukup

Antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti garis-garis halus dan kulit kendur. Antioksidan yang paling baik adalah yang alami berasal dari buah dan sayur, meskipun kamu juga bisa mendapatkannya dari produk-produk skincare. Antioksidan ini sangat penting untuk menjaga kecantikan kulitmu. Begitu juga dengan SPF.
source: http://protivea.com/blog/?p=14
Meskipun kulit masyarakat Indonesia adalah tipe kulit yang paling aman terpapar sinar matahari dibandingkan kulit ras bangsa yang lain, bukan berarti kamu tidak memerlukan tabir surya. Tetap gunakan tabir surya saat akan berada di bawah sinar matahari untuk menangkal dampak buruk radiasi sinar UV yang dapat merusak kulitmu, karena sinar UV adalah salah satu contoh radikal bebas selain asap kendaraan bermotor dan polusi udara yang lainnya. Tabir surya yang diperkaya dengan antioksidan adalah pilihan yang lebih baik.

3. Rajin Membersihkan Muka

Salah satu rahasia kulit cantik adalah rajin membersihkan muka untuk mengangkat sisa-sisa makeup. Bahkan jika perlu, lakukan cleansing sebanyak 2 kali agar benar-benar tidak ada sisa makeup yang masih menempel ketika kamu tidur. Kamu juga harus memperhatikan kosmetik yang comedogenic atau pore-clogging karena kosmetik ini mampu menyumbat pori-pori kulitmu sehingga menyebabkan jerawat.
source: http://thebestylist.com/2014/12/18/splurge-vs-save-makeup-removers/
Lakukan cleansing secara menyeluruh lalu cuci mukamu, pastikan tidak ada sisa makeup yang tertinggal di kulit wajah. Selain menimbulkan jerawat, bahan kimia pada kosmetik bersifat radikal yang dapat membuat kulitmu mengalami penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

4. Olahraga dan Nutrisi yang Cukup

Adalah rahasia umum bahwa olahraga adalah kunci untuk memiliki tubuh yang sehat, begitu juga kulitmu. Dengan berolahraga, kamu dapat melancarkan aliran darahmu hingga ke kulit sehingga kulit akan ternutrisi dengan baik. Kulit yang mendapat cukup nutrisi akan tampak kencang dan sehat.
source: http://www.medicaldaily.com/stroke-prevention-women-healthy-diet-and-2-hour-workouts-week-cut-stoke-risk-half-306543
Agar kulitmu mendapatkan nutrisi yang diperlukan, maka kamu juga harus memperhatikan asupan makanan yang baik untuk kulitmu. Konsumsilah buah dan sayur serta makanan lain yang banyak mengandung vitamin E dan antioksidan untuk menjaga kesehatan kulitmu.

5. Memilih Makeup yang Sesuai

Pilihlah makeup yang kandungan bahannya sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu. Jangan hanya karena ingin hasil yang menarik dan tertarik oleh iklan, kamu langsung mencobanya tanpa memperhatikan kondisi kulitmu. Memakai makeup memang perlu untuk mempercantik wajahmu, namun jika salah memilih, tidak menutup kemungkinan hal tersebut justru berdampak buruk pada kulit.
source: http://www.yourbeautyadvisor.com/2014/08/the-ultimate-guide-to-makeup-brushes-choosing-and-caring-for-your-brushes/
Misalnya, jika kulitmu berminyak, hindari produk kosmetik yang comedogenic atau pore-clogging karena akan membuatmu berjerawat, sedangkan untuk kamu yang kulit kering lebih baik memilih produk kosmetik yang bersifat melembabkan kulitmu. Pemilihan makeup yang sesuai akan membuatmu tampil cantik dan sempurna.