1. Mudah Stres

Stres tidak hanya disebabkan oleh berbagai permasalahan yang menumpuk, tapi juga bisa disebabkan oleh kurang tidur. Definisi kurang tidur di sini bisa bermacam-macam, mulai jam tidur yang kurang dari 7 jam sehari, sering terbangun di malam hari, hingga tidur yang kurang lelap. Walaupun kurang tidur bisa menjadi penyebab timbulnya stres, namun stres itu sendiri juga bisa menjadi penyebab tidur yang kurang berkualitas.
source: http://www.pregnancyandbaby.com/pregnancy/articles/936713/im-bleeding-does-this-mean-a-miscarriage

2. Sulit Berkonsentrasi

Apakah kamu merasa "blank" di tengah-tengah meeting penting? Atau kamu tiba-tiba lupa apa yang harus kamu kerjakan di saat sibuk? Walaupun kamu tidak merasa mengantuk, tubuhmu bisa memberikan reaksi berbeda. Sulit berkonsentrasi dan sering lupa bisa menjadi salah satu tanda tidurmu kurang berkualitas. Jika kualitas tidurmu baik, tentu kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan mengingat akan turun drastis.

3. Nafsu Makan Bertambah

Apakah bajumu terasa makin sempit belakangan ini? Saat tidurmu terganggu, tubuh akan memproduksi hormon yang mengirim sinyal ke otak dan memerintahkan tubuh untuk makan. Semakin lama tubuhmu terjaga, semakin banyak pula konsumsi kalori yang dibutuhkan. Kalau kamu mengalami kualitas tidur yang kurang baik, otak tidak dapat beristirahat secara total dan akan menganggap tubuhmu masih bangun. Hal inilah yang membuatmu merasa ingin makan terus menerus.
source: http://www.trainer.ae/articles/ordinary-women-in-dubai-finds-real-secrets-to-weight-loss-and-documents-it-all-1474

4. Sering Bangun untuk ke Kamar Mandi

Coba ingat-ingat lagi semalam, berapa kali kamu bangun untuk ke kamar mandi? Orang yang terbangun saat sedang tidur biasanya akan pergi ke kamar mandi, walaupun sebenarnya tidak begitu ingin buang air kecil. Jika kamu mengalami hal ini, besar kemungkinan tidurmu menjadi kurang berkualitas karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terlelap kembali.

5. Kepala Terasa Pusing

Timbulnya beberapa masalah kesehatan juga bisa menjadi tanda tidurmu kurang lelap. Walaupun tubuh sudah berbaring selama 7-8 jam, kepalamu bisa terasa pening ketika bangun jika tidurmu kurang nyenyak. Ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh mulai menurun dan jumlah sel darah putih di dalam tubuh berkurang ketika tubuh kurang istirahat. Perhatikan juga jika kamu juga mengalami gejala lain seperti tekanan darah tinggi, suhu tubuh menurun, dan jantung berdegup kencang.
source: http://www.youbeauty.com/life/waking-up-to-pee/

6. Terbangun Dalam Keadaan Mulut & Tenggorokan Kering

Salah satu penyebab kualitas tidur yang buruk adalah penyakit yang menyerang manusia di saat tidur, atau disebut sleep apnea (apnea tidur). Penyakit ini merupakan kelainan yang dapat menghambat saluran udara saat tubuh beristirahat dan dapat mengakibatkan tubuhmu berhenti bernafas selama 10-60 detik di saat tidur. Jika kamu sering terbangun dalam keadaan mulut dan tenggorokan kering serta sulit tidur nyenyak, besar kemungkinan kamu mengidap penyakit ini.

7. Sering Tertidur di Tengah Aktivitas

Jika seseorang tidur cukup dengan kualitas tidur yang baik, tentu dia akan merasa segar seharian. Namun jika seseorang mengalami gangguan tidur, tentu dia akan mudah merasa mengantuk dan mudah terlelap saat sedang menunggu atau saat melakukan aktivitas lainnya. Kalau kamu sering merasa mengantuk di tempat yang tidak seharusnya, berarti kamu perlu meninjau ulang kualitas dan jam tidurmu.
source: http://www.hilltopfamilydental.com/richmond-dentist-sleep-apnea-anatomy-symptoms/young-woman-falling-asleep-at-her-desk/

Langkah Pencegahan

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, coba praktikkan beberapa langkah di bawah ini:
1. Matikan lampu saat tidur. Tidur dalam keadaan gelap terbukti dapat membuat seseorang terlelap lebih cepat dan tidur lebih nyenyak. Selain itu, ruangan yang gelap dapat membantu mengirim sinyal ke otak bahwa tubuh sedang beristirahat. Kalau kamu tidak terbiasa, cobalah untuk tidur dengan penerangan remang-remang dan lihat perbedaannya.
2. Banyak minum air putih. Tercukupinya kebutuhan cairan dapat membantu otak untuk lebih berkonsentrasi dan tubuh bekerja lebih baik. Beautynesian yang sering merasa kurang fokus saat bekerja bisa mencoba menambah asupan air di siang hari.
3. Batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol di malam hari. Walaupun kamu gemar minum kopi, selalu batasi konsumsi kafein maksimal pukul 17.00. Alkohol juga membutuhkan waktu minimal 1 jam untuk dapat dicerna tubuh. Jadi jangan minum minuman beralkohol 1-2 jam sebelum tidur.
source: http://worldtopt10.blogspot.co.id/2013/11/top-10-best-things-you-can-do-in-your_18.html
4. Lakukan aktivitas yang dapat mengurangi stres seperti spa, olahraga, dan rekreasi untuk menenangkan pikiran. Jika kamu memiliki masalah yang membuatmu stres, jangan sungkan untuk menceritakannya pada orang terdekat untuk mengurangi bebanmu.
5. Batasi jam tidur siang. Tidur siang bisa mengganggu jam tidurmu di malam hari jika berlebihan. Pastikan untuk tidak tidur lebih dari 1-2 jam di siang hari agar kamu bisa tetap tidur seperti biasa di malam hari.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan kualitas tidurmu masih buruk, segera temui dokter untuk mengetahui penyebab dan solusinya. Waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik penting untuk menjaga daya tubuh tubuh agar tidak terkena penyakit yang tidak diinginkan. Semoga berhasil!