Makeup

1. Pilihlah jenis makeup yang mengandung bahan mineral seperti zinc-oxide untuk menyembuhkan jerawat sekaligus menutupinya.
2. Jangan pernah menggunakan makeup langsung setelah mandi air hangat karena pori-pori wajahmu masih terbuka dan bisa membuatnya tersumbat. Tunggu 10-15 menit, ya!
3. Coba puasa makeup sehari dalam seminggu agar memberikan kesempatan bagi kulit untuk bernafas.
4. Ganti produk makeup setiap 6 bulan. Bakteri yang bersarang pada peralatan makeup bisa membuat kulitmu berjerawat.
5. Gunakan makeup dan produk skincare yang bersifat non-comedogenic untuk mengantisipasi jerawat yang timbul akibat produk yang tidak cocok dengan kulit.
source: http://www.kindlysheree.com/2015/09/a-quick-on-go-makeup-brush-cleaning-hack.html
6. Tidur dengan makeup menempel di wajah adalah kesalahan terbesar. Siapkan tisu basah khusus untuk cleansing di samping tempat tidurmu kalau kamu malas mencuci muka di malam hari.
7. Hindari foundation bertipe oil based karena kandungan minyaknya dapat menyumbat pori-pori.
8. Bersihkan brush makeup setiap 2 minggu sekali. Gunakan air hangat dan sabun saat mencucinya untuk membunuh bakteri.
9. Selesaikan hair styling lebih dulu, kemudian aplikasikan makeup. Udara panas dari hairdryer dapat membuat makeup cepat luntur dan menyerap pada kulit.
10. Selalu bawa face paper untuk menyerap minyak berlebih pada wajah sebelum melakukan touch up. Minyak yang menempel pada makeup bisa menghambat pori-porimu.

Jerawat dan Bekasnya

11. Kalau kamu bermasalah dengan jerawat setiap menjelang datang bulan, kurangi konsumsi alkohol atau produk susu dan lihat perbedaannya.
12. Jika wajahmu cenderung berjerawat, hindari spot treatment dan gunakan facial wash yang mengandung salicylic acid untuk merawat wajah secara keseluruhan.
13. Bekas jerawat bisa memakan waktu hingga 4 bulan sampai benar-benar hilang. Terus rawat bekas jerawatmu sampai mencapai hasil yang diinginkan.
14. Duduk terlalu dekat dengan laptop dengan rambut terurai ternyata bisa menyebabkan jerawat! Ikat rambutmu ke belakang dan duduklah dengan jarak secukupnya.
source: http://blog.doctoroz.com/oz-experts/ayurvedic-approach-to-curing-acne-part-1
15. Jangan menggunakan bra dengan tali yang terlalu ketat. Longgarkan tali bra yang kamu pakai agar kulitmu bisa bernafas dan tidak menimbulkan jerawat pada punggung.
16. Usahakan untuk tidak memencet jerawatmu. Kotoran dan minyak yang menempel pada jari-jarimu dapat mengakibatkan infeksi dan menimbulkan bekas yang sulit hilang. Kalau kamu masih ingin memecahkan jerawat, lakukan dengan cara yang benar. Sterilkan lebih dulu jari-jarimu dan sebatang jarum dengan alkohol. Kemudian tusukkan jarum tersebut pada bagian jerawat yang berwarna putih. Keluarkan semua cairan di dalamnya dan bersihkan dengan kapas yang bersih. Tempel plester khusus jerawat setelahnya.
17. Gunakan lavender oil atau lidah buaya untuk menyamarkan bekas jerawat.

Kebersihan

18. Kalau kamu berponi, pastikan untuk menyuci ponimu setap hari atau menggunakan jepit rambut untuk mencegah jerawat pada dahi.
19. Smartphone mengandung bakteri lebih banyak dari dudukan toilet. Jangan tempelkan pipimu saat menerima telefon atau gunakan earphone untuk menerima panggilan dalam waktu yang lama.
20. Biasakan untuk tidak menyentuh wajahmu. Bakteri yang menempel pada jari dan tanganmu bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dan permasalahan kulit lainnya.
21. Usahakan untuk membeli produk kecantikan yang dikemas dalam bentuk tube agar tanganmu tidak bersentuhan langsung dengan produk untuk menjaga kebersihan dan kualitas produk tersebut.
22. Bersihkan kacamatamu sesekali dengan alkohol untuk membunuh bakteri yang mungkin menempel dan berpindah pada wajahmu.
source: http://www.popsugar.com.au/beauty/OK-Sleep-Your-Hair-Tied-Up-8723996
23. Saat kamu malas keramas, ikat rambutmu sebelum tidur untuk menjauhkan wajahmu dari minyak yang menempel pada rambutmu.
24. Gunakan handuk yang berbeda untuk mengeringkan wajah dan tubuhmu. Jangan sampai kotoran yang tertinggal pada handuk menempel pada wajah yang baru saja dibersihkan.
25. Selalu bersihkan tanganmu sebelum membersihkan wajahmu. Membersihkan wajahmu dengan tangan kotor dapat berakibat buruk bagi wajahmu.

Gaya Hidup

26. Berolahragalah secara rutin untuk mengurangi stres dan melancarkan peredaran darah, yang dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah.
27. Merokok dapat membuat kulitmu terihat kusam dan berkerut, jadi tinggalkan kebiasaan buruk ini.
28. Kelembaban adalah kunci dari kulit yang sehat. Dehidrasi dapat menyebabkan jerawat karena kulit akan memproduksi minyak lebih banyak di saat kering dan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Minumlah air putih yang banyak, ya!
29. Pastikan untuk mencuci muka sebelum dan sesudah berolahraga. Jangan olahraga dengan keadaan makeup menempel di wajah karena keringat yang bercampur akan semakin menyumbat pori-pori.
source: http://womensbrainhealth.org/great-minds-think-alike/new-research-on-depression-why-women-need-to-exercise
30. Usahakan untuk berolahraga 15 menit sehari untuk mengeluarkan racun di dalam tubuhmu dan membuat kulitmu bersih.
31. Cobalah yoga atau aktivitas lainnya untuk mengurangi stres yang dapat menjadi penyebab jerawat. Mengurangi stres berarti mengurangi penyebab jerawat.
32. Pastikan kamu tidur minimal 7 jam setiap harinya. Tidur cukup dapat membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan bersinar.
33. Jangan mandi dengan air panas terlalu lama karena dapat mengakibatkan kulitmu kering dan kasar.

Makanan

34. Makan cokelat terlalu banyak bisa menyebabkan jerawat karena kandungan gula dan lemak yang tinggi. Pilih dark chocolate untuk opsi paling sehat.
35. Buah berry kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, buah jenis ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak membuat kadar gula dalam darah naik seketika. Makan buah berry juga dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat.
36. Mengonsumsi coconut oil secara teratur dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulitmu. Miranda Kerr sudah membuktikannya, lho!
37. Green tea kaya akan antioksidan yang dapat melawan bakteri dan radikal bebas. Minumlah 1 gelas green tea setiap hari untuk kulit cantik.
source: http://allwomenhealthnews.com/index.php/2015/08/20/eight-tips-for-healthy-eating/
38. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng. Lemak dan kandungan minyak yang terakumulasi di dalam tubuhmu dapat menjadi penyebab jerawat secara tidak langsung.
39. Begitu juga dengan fast food, soda, dan makanan atau minuman lain dengan kandungan gula yang tinggi. Ingat bahwa gula dapat berakibat buruk bagi kecantikan kulitmu.
40. Tingkatkan konsumsi serat agar tubuhmu bisa mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik lagi. Kulitmu akan terlihat lebih bercahaya jika tubuhmu berfungsi dengan baik.
41. Batasi konsumsi produk susu. Banyak sapi diberi makanan yang mengandung hormon khusus dan besar kemungkinan produk yang kamu makan mengandung hormon tersebut. Ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhmu, terutama di saat PMS.

Skincare

42. Kalau kulitmu kering, gunakan essential oil sebagai pengganti pelembab untuk membuat kulitmu tetap halus dan lembab sepanjang hari.
43. Produk yang mengandung benzoyl peroxide hanya bekerja aktif selama 3 bulan setelah kemasan dibuka dan bahan-bahan di dalamnya menjadi tidak aktif setelahnya. Belilah yang baru setelah lewat masa 3 bulan.
44. Air mawar cocok untuk menyeimbangkan, menenangkan,dan mendinginkan kulit sehingga cocok untuk segala jenis kulit.
45. Hindari menggunakan produk-produk skincare yang mengandung pewangi buatan karena dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan alergi.
46. Jika kamu memiliki kulit berminyak, selalu gunakan toner setelah mencuci muka untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat. Poin plusnya, wajahmu akan terasa lebih segar!
47. Jangan jadikan wajah berminyak sebagai alasan untuk tidak menggunakan sunscreen. Carilah produk berfomula ringan agar tidak membuat wajahmu terlihat mengkilap.
source: http://girlsmagpk.com/2015/06/skin-care-tips/
48. Usapkan es batu yang dibungkus dengan kain halus di seluruh wajahmu selama beberapa menit. Ini berguna untuk meredakan peredangan saat terjadi iritasi pada wajah.
49. Untuk Beautynesian yang memiliki kulit sensitif, cobalah produk skincare yang mengandung susu kambing yang tidak bersifat asam dan mengandung pH yang lebih stabil. Sehingga, tidak akan menyebabkan iritasi pada wajah.
50. Hindari paparan sinar matahari secara langsung beberapa hari sebelum facial untuk kondisi kulit yang lebih baik.