1. Foundation

Pertama-tama, aplikasikan moisturizer wajah yang biasa kamu pakai. Hal ini bertujuan untuk melembabkan kulit wajahmu agar makeup mampu melekat di kulit lebih lama karena jika kulit wajah terlalu kering, makeup akan sulit melekat atau bertahan lama setelah diaplikasikan. Setelah moisturizer selesai, aplikasikan makeup primer. Makeup primer ini bertujuan agar foundation yang kamu pakai dapat bertahan lama. Sesuaikan makeup primer dengan kondisi kulit kamu, ya. Jika sudah, aplikasikan foundation. Jangan lupa untuk memilih foundation yang sesuai dengan tone kulitmu. Foundation ini bertujuan untuk mempertahankan bedakmu agar tidak mudah luntur dan juga mencerahkan tone wajahmu.
source: http://spajuice.blogspot.co.id/2012/01/how-to-do-foundation-like-pro.html
Jika kamu ingin menutupi noda hitam atau jerawat, gunakan concealer jika perlu. Concealer ini juga dapat kamu pergunakan untuk menyamarkan kantung mata (jika ada).

2. Bedak & Blush On

Gunakan bedak seperti biasa. Tambahlah sedikit volume bedak pada bagian wajah yang berminyak karena bagian yang berminyak cepat sekali menyerap bedakmu sehingga bedak mudah hilang. Bagian berminyak pada wajah biasanya di area T-zone (hidung dan sekitar jidat).
source: http://makassar.tribunnews.com/2015/06/08/bikin-merinding-ini-suara-raisa-andriana-saat-bacakan-ayat-kursi
Untuk kulit berminyak, hindari pemakaian bedak compact karena akan membuat kulitmu semakin berminyak. Setelah bedaknya merata, gunakan blush on. Untuk memberikan kesan pipi tirus nan elegan seperti Raisa, gunakan blush-on dengan warna cokelat orange di bagian atas tulang pipi.

3. Mata

Seperti yang kita tahu bahwa seringkali dalam penampilannya, sorot mata Raisa terlihat sedikit tajam. Penyanyi cantik ini pernah juga tampil dengan makeup mata yang smoky. Untuk kamu yang ingin memiliki sorot mata tajam seperti Raisa, kamu bisa memilih eye shadow dengan warna cokelat gelap (dark brown). Jangan terlalu tebal agar tetap mempertahankan kesan natural. Jangan lupakan eyeliner di bagian atas mata untuk mempertegas batas antara garis mata dan kelopak mata. Kamu bisa menggunakan eyeliner liquid untuk hasil yang lebih rapi dan akurat dan juga yang bersifat waterproof agar dapat bertahan lebih lama. Berikan juga sentuhan eyeliner di bagian dalam mata. Bagian bawah mata juga memerlukan sedikit eyeliner, namun jangan terlalu tebal seperti bagian atasnya untuk mempertahankan kesan natural. Setelah selesai, gunakan maskara untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, namun jangan terlalu tebal agar tidak ada kesan menggumpal.
source: http://www.lovethispic.com/image/162038/sharp-winged-eye-makeup
Lalu untuk alis mata yang natural seperti Raisa, pakai brow powder dengan warna cokelat gelap. Mulailah dari bagian bawah luar alis dan lama kelamaan naik dan masuk ke dalam, beri goresan-goresan kecil agar kelihatan lebih natural. Lalu ratakan dengan sikat alismu. Jangan terlalu banyak ketika membubuhkannya karena akan menimbulkan kesan alis yang terlalu tebal.

4. Bibir

Untuk bibir, kamu bisa memakai lipstik yang memiliki tekstur matte agar terkesan lembut dan tidak mengkilap karena lipstik jenis matte bersifat menyerap cahaya. Dibanding lipstick glossy, lipstik matte dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah menempel pada sesuatu. Jadi saat kamu minum atau makan, warna lipstik ini tidak mudah hilang. Sehingga kamu tidak perlu mengoleskannya berkali-kali.
source: http://simomot.com/2014/05/12/foto-foto-virzha-membelai-raisa-yang-undang-komentar-kampreet/raisa-andriana/
Gunakan lipstik matte dengan warna peach orange. Atau bisa juga warna pink jika kamu lebih menyukainya. Untuk mempertegas garis bibirmu agar lebih proporsional,kamu bisa menggunakan lipliner agar lipstikmu terkesan natural. Gunakan lipliner yang waterproof agar dapat bertahan lebih lama. Jika bibirmu cenderung lebih kering, sebelum memakai lipstik matte ini, lebih baik gunakan pelembab bibir terlebih dahulu untuk menjaga kelembapan bibir karena bibir yang mengering akan membuat warna lipstik tidak menarik untuk dilihat.
Selamat mencoba!