Kalau sekarang ada Mario Dedivanovic di balik kecantikan Kim Kardashian yang fenomenal, di tahun 1950-an ada Allan "Whitey" Snyder, penanggung jawab di balik kecantikan Marilyn Monroe saat itu. Bibir merah yang fenomenal, bulu mata super lentik, dan wajahnya yang selalu berkilau adalah hasil kerja Whitey. Bukan hanya Marilyn Monroe saja, beberapa nama terkenal seperti Katharine Hepburn, Doris Day, dan Raquel Welch juga pernah dirias olehnya. Nah, apa saja tips-tips makeup dari Whitey saat merias Marilyn?
source: http://loveandvelvet.blogspot.co.id/2013/07/how-to-look-like-marilyn-monroe.html

1. Memakai Vaseline Sebagai Primer & Highlight

Vaseline Petroleum Jelly bukan hanya terkenal kini, namun juga terkenal di era Marilyn Monroe. Dia menggunakannya sebagai alas sebelum menggunakan foundation. Marilyn menyukainya karena produk tersebut sangat melembabkan, dan dia percaya kelembaban adalah esensi dari kulit yang awet muda. Memakai Vaseline juga menjadi rahasia wajahnya yang terlihat bercahaya lembut saat sesi pemotretan. Whitey juga menggunakan produk ini sebagai highlight dengan mengoleskannya pada tulang pipi dan tulang alis. Ternyata banyak sekali kegunaan Vaseline selain sebagai pelembab, ya?

2. Shade yang Berbeda untuk Kontur Bibir

Bibir seksi Marilyn tidak dapat dihasilkan hanya dengan 1 jenis lipstick. Whitey memiliki teknik tersendiri, yaitu menggunakan shade merah gelap untuk garis bagian luar dan shade lebih muda di bagian tengah untuk menciptakan efek 3D. Tak lupa, dia membubuhkan highlight pada lengkungan garis bibir atas dan garis bibir bawah.
source: http://fashionsvillage.blogspot.co.id/

3. Bibir Berkilau = Seksi

Marilyn percaya bahwa bibir yang berkilau itu seksi. Oleh karena itu Whitey selalu menambahkan Vaseline atau sedikit coconut oil di atas lipstick Marilyn untuk menciptakan efek bibir yang shiny dan seksi seperti yang diinginkan.

4. Eyeshadow Putih Pada Mata

Marilyn menggunakan eyeshadow berwarna putih campuran khusus yang dipopulerkan oleh Greta Garbo. Dia mengoleskannya pada kelopak mata, tulang alis, dan bagian ujung dalam mata untuk menciptakan efek mata yang lebih dalam, dramatis, dan terlihat glamor.

5. Kombinasi Eyeliner Berwarna Hitam, Cokelat, Putih, & Merah

Kebanyakan wanita menggunakan eyeliner berwarna hitam maupun cokelat untuk hasil yang natural. Tapi untuk Marilyn, Whitey menggunakan kombinasi warna pensil eyeliner klasik dari Elizabeth Arden. Dia mengaplikasikannya mulai kelopak mata hingga kantung mata dan menyelesaikannya dengan bentuk sayap untuk memperpanjang garis bulu mata.
source: http://www.marieclaire.com/beauty/news/a16013/marilyn-monroe-beauty-secrets/
Tak kalah penting, Whitey juga menggambar sudut lancip dengan eyeliner putih seperti segitiga di bagian ujung luar matanya. Tepatnya di antara sayap bagian atas dan bawah yang juga digambar dengan pensil eyeliner hitam untuk membuat matanya terlihat lebih besar dan lebar. Terakhir, dia menggunakan eyeliner putih lagi pada kantung mata dan eyeliner merah pada bagian ujung mata untuk membuat matanya terlihat putih dan cerah. Benar-benar teknik yang kompleks dengan hasil yang indah, ya?

6. Blush On untuk Kontur Hidung

Whitey bisa dibilang menjadi orang pertama yang mempopulerkan teknik kontur wajah menggunakan blush on. Untuk membentuk hidung Marilyn, dia memberikan sedikit sentuhan blush on pink untuk mengkontur pipinya hingga ujung hidungnya. Teknik ini bisa menciptakan ilusi hidung yang lebih mungil dan indah.

7. Potong Bulu Mata Palsu Hingga Setengahnya

Marilyn tak keberatan menggunakan bulu mata palsu untuk hasil yang lebih panjang dan lebih bervolume, asalkan hasilnya terlihat natural. Oleh karena itu, Whitey menggunting bulu mata palsunya hingga setengahnya dan menempelkannya hanya pada bagian ujung luar matanya. Hasilnya, bulu mata Marilyn terlihat lentik dan mempesona!
source: http://www.luuux.com/viz/marilyn-monroes-make-up-secrets-1

8. Bentuk Puncak Alismu

Bentuk alis bisa berbeda-beda setiap orangnya. Satu lagi tips kecantikan Marilyn adalah alisnya selalu memiliki puncak yang jelas. Whitey menggambar alis Marilyn dengan puncak yang tidak terlalu tajam untuk membentuk wajahnya sekaligus agar membuat dahinya tidak terlihat lebar.
Nah, itu dia tips kecantikan ala Marilyn Monroe. Apakah kamu sudah siap tampil dan glamor cantik ala tahun 1950-an?