Mahar atau mas kawin adalah barang pemberian mempelai pria kepada mempelai wanita yang bersifat wajib. Mahar bisa berupa cincin, alat ibadah, uang sejumlah tertentu atau dalam bentuk keperluan wanita seperti kosmetik, sepatu dan lain sebagainya. Pemilihan dan besarnya mahar ditentukan berdasar kerelaan dari pihak wanita.

Mahar dalam pernikahan biasanya dibentuk serta dihias sedemikian rupa sehingga nampak cantik. Ada banyak pilihan bentuk mahar yang bisa Ladies pilih. untuk menghias mahar, bisa dilakukan sendiri atau menggunakan jasa hias mahar agar tampak semakin cantik.

Ini adalah beberapa rekomendasi bentuk unik mahar pernikahan yang bisa kamu sepakati bersama pasangan.

1. Bertema Rustic

source: https://www.instagram.com/riefinka_seserahan
Tema rustic memiliki penggemar tersendiri. Jika kamu adalah salah satu peminat dari desain dengan ciri khas memiliki hasil akhir alami ini maka kamu bisa memilihnya. Selain pada hiasan mahar, tema rustic banyak dipilih pasangan sebagai dekorasi saat resepsi berlangsung. Fyi, tema ini juga digunakan Syahnaz dan Jeje di mahar pernikahan mereka lho. 

2. Pop Up

source: https://www.instagram.com/popyourheart
Selain menggunakan gaya pop up pada kartu undangan yang kamu sebar, kamu bisa memilih mahar dengan bentuk pop up yang unik dan trendi ini untuk bentuk maharmu. Mahar dengan gaya pop up membuat mahar terasa hidup. Mungkin karena desain mahar dengan gaya pop up biasa diambil dari potongan foto asli sang pengantin ya! Mahar bentuk pop up biasanya dibingkai dalam frame agar tak cepat rusak. Asyik nih untuk pajangan.
baca juga

3. Frame

source: https://www.instagram.com/riefinka_seserahan
Alternatif lain mahar berupa uang yang ditata secantik mungkin kemudian dibingkai dalam frame. Mirip dengan mahar bentuk pop up karena sama-sama bisa dipajang di rumah kalian berdua nantinya. Eh, tapi kalau uang mahar mau digunakan si pengantin perempuan boleh juga lho.

4. Ring Box

source: https://www.instagram.com/riefinka_seserahan
Menjadikan cincin sebagai mahar untuk sang pujaan hati? Jangan bingung untuk mencari tempat menaruhnya. Kalau biasanya yang banyak beredar di pasaran adalah kotak perhiasan berlapis kain beludru warna merah, yuk ah coba gaya lain dengan memilih kotak cincin dalam prisma box berikut. Asyiknya, bagian dalam prisma box bisa kamu tambahkan ornamen seperti bunga, dedaunan, rumput sintetis untuk semakin mempercantiknya.
baca juga

5. Aneka Bentuk/Tematik

source: https://www.instagram.com/byrequestcraft
Mahar pun bisa dibentuk berdasar request dari sang pengantin. Misalnya, mahar uang yang dibuat dalam bentuk menyerupai bunga-bunga kecil untuk kemudian ditata menjadi sebentuk hati.

Cantik-cantik kan Ladies?