Artikel ini cocok bagi Beautynesian yang sedang mencari variasi shading mata untuk makeup. Bagi yang ingin bereksperimen dengan mata indahmu, pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Kenali Bagian Matamu

Sebelum dimulai, penting untuk mengetahui bagian-bagian mata yang akan kamu warnai lebih dulu. Bagian-bagian ini akan berpengaruh dalam menciptakan efek berbeda yang dihasilkan oleh masing-masing teknik.
source: https://memoirsofabeautyqueen.wordpress.com/2011/09/01/applying-eye-shadow-for-beginners/
Mari kita bahas bagian-bagian mata mulai dari atas ke bawah:
1. Rasakan tulang di sepanjang alismu. Bagian ini disebut dengan brow bone atau tulang alis.
2. Bagian di bawahnya adalah crease atau lipatan. Bagian ini adalah garis yang membentuk kelopak matamu.
3. Persis di bawah lipatan adalah kelopak matamu. Daerah ini merupakan daerah yang paling sering diberi eyeshadow untuk shading mata.
4. Yang paling bawah adalah lash line atau garis bulu mata karena letaknya yang berbatasan dengan bulu matamu.

1. Highlight

Makeup pada dasarnya adalah teknik lighting. Dengan memberi highlight pada daerah tertentu, kamu dapat menciptakan efek mata yang lebih cerah dan menarik. Gunakan kombinasi shade yang lebih gelap untuk menambah kedalaman mata dan shade yang lebih terang dari warna kulit untuk membuatnya terlihat lebih mencolok. Beri highlight pada ujung mata bagian dalam, bagian tengah kelopak mata, dan di sekitar tulang alis. Highlight di 3 bagian ini dapat membuat mata lebih menonjol, lebih besar, dan terlihat lebih cerah.
source: http://7beautytips.com/eye-makeup-hacks/

2. Ujung Luar

Shading hanya pada bagian ujung luar mata ini cocok untuk hampir semua orang, khususnya kamu yang memiliki jarak mata berdekatan. Menggelapkan ujung luar kelopak matamu akan membuat jarak pada matamu terlihat lebih lebar dan lebih seimbang. Gunakan eyeshadow berwarna nude pada seluruh kelopak mata. Kemudian gunakan eyeshadow warna cokelat tua pada ujung luar dan selesaikan dengan ujung yang lancip untuk memberi aksen yang lebih tajam pada mata.
source: http://bycelina.com/category/beauty-2/makeup-tutorials/

3. Ujung Dalam

Terapkan shading hanya pada bagian ujung dalam mata hingga ke bagian tengah kelopak matamu. Kalau kamu memiliki jarak mata yang lebar, gunakan eyeshadow berwarna gelap untuk mempersempit jarak kedua mata. Tapi kamu juga bisa menggunakan eyeshadow dengan warna terang untuk efek yang sama dengan teknik shading yang pertama.
source: http://blog.skinowl.com/tag/eye-shadow/

4. Gradasi Ujung Luar & Dalam

Teknik shading yang satu ini juga cocok untuk hampir semua orang. Dengan memberi shade yang lebih gelap pada bagian ujung dalam dan luar mata sambil memberi highlight pada bagian tengah, teknik ini bisa membuat matamu terlihat lebih menarik. Shading seperti ini cocok untuk warna eyeshadow netral maupun warna yang berani. Gradasi warnanya pun akan membuat matamu semakin dramatis.
source: http://www.preen.me/look/7511003-golden-metal-by-ftm-h

5. Mata Kucing

Mata lancip seperti kucing tak hanya bisa dicapai dengan eyeliner, tapi juga bantuan shading. Gunakan warna eyeshadow paling gelap dan aplikasikan pada bagian ujung luar matamu dan tarik ke arah atas hingga membentuk sayap. Tambahkan highlight dan gambar garis paling luar untuk mempertegas bentuknya. Teknik shading ini cocok untuk orang dengan mata sendu agar terlihat lebih fresh. Bentuk shading seperti ini juga akan membuat matamu terlihat lebih misterius.
source: http://www.xovain.com/makeup/cat-eye-shadow

6. Cut Crease

Teknik shading yang glamor ala boneka Barbie ini cocok untuk digunakan saat acara formal karena agak rumit. Gambar garis lipatan dengan eyeliner hitam untuk memperdalam matamu, ratakan dengan brush. Gunakan eyeshadow warna cerah pada seluruh kelopak mata untuk menciptakan efek mata yang lebih besar. Warna dan garis yang kontras antara lipatan dengan kelopak mata akan membuat matamu terlihat lebih besar. Kamu juga bisa menggambar garis lipatan yang lebih tinggi sesuai keinginan.
source: http://www.beautylish.com/f/nivunv/pictorial-purple-cut-crease-

7. Bentuk Pisang

Teknik shading yang satu ini bertujuan untuk membuat mata terlihat lebih besar dan kelopak mata terlihat lebih lebar. Gunakan eyeshadow berwarna gelap pada ujung luar matamu, kemudian teruskan ke atas di sepanjang lipatan mata hingga ke ujung dalam. Ratakan bagian ujungnya agar terlihat menyatu dengan kulit.
source: http://www.fanrto.com/apply_eyeshadow_and_makeup_depending_on_eye_shape_and_size/
Demikian teknik-teknik shading yang bisa kamu coba. Di antara teknik shading di atas, manakah yang cocok untuk keseharianmu? Selama mencoba!