Masker wajah sangat penting bagi kulit kamu agar tetap sehat dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dan bertambahnya usia. Masker wajah yang dijual di pasaran memang sudah cukup banyak variasinya, tetapi bisa boros jika kamu terus-terusan menggunakannya. Ini dia tips untuk 10 masker yang bisa kamu buat di rumah.
Masker Pepaya
Ambil sepotong pepaya lalu kupas kulitnya. Bagian yang digunakan adalah kulit pepaya yang kemudian digosok-gosokkan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku. Masker kulit pepaya ini bisa membuat kulit kamu lebih cerah dan mulus.
Masker Oatmeal
Campur satu sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun dengan oatmeal yang sudah dijadikan pasta. Kemudian gunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan cara diusap-usap dengan lembut dan bilas dengan air hangat. Masker oatmeal bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik sementara madu dan minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab.
Masker Minyak Lemon
Untuk membersihkan wajah setiap hari bahkan untuk kulit yang berjerawat, kamu bisa mencampur satu sendok makan plain yogurt, 2 sendok the minyak zaitun, dan setengah sendok makan minyak lemon. Oleskan pada wajah seperti sabun muka kemudian langsung bersihkan dengan kain halus yang sudah dibasahi dengan air hangat.
Masker Sari Lemon
Masker ini cocok untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Caranya campur satu sendok makan plain yogurt dengan perasan air dari satu buah lemon. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan kemudian tunggu 20 sampai 30 menit, atau hingga satu jam untuk hasil wajah yang lebih kencang. Bilas dengan air hangat kemudian air dingin, lakukan 2 sampai 3 kali seminggu.
Masker Teh Hijau
Tidak hanya wajah saja, tetapi mata juga butuh perhatian agar selau tampak segar. Seduh secangkir teh hijau atau teh chamomile kemudian masukkan dua spons makeup yang bersih ke dalam cangkir. Peras air pada spons tetapi jangan terlalu kering kemudian tempelkan pada mata selama 15 menit setiap hari.
Masker Cuka Apel
Campur dua sendok makan madu dengan satu sendok makan cuka apel atau kamu juga bisa menggantinya dengan sari lemon. Bersihkan wajah, lalu aplikasikan masker dan tunggu kira-kira selama 20 menit. Bilas dengan air hangat lalu ulangi dengan air dingin, lakukan 3 kali seminggu. Masker ini berfungsi untuk melembabkan dan menyeimbangkan pH kulit wajah, serta berguna sebagai antibiotik.
Masker Pisang
Hancurkan setengah buah pisang lalu campur dengan satu sendok makan jus jeruk dan satu sendok makan madu. Terapkan pada wajah dan tunggu selama kira-kira 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Masker pisang akan membuat kulit kamu sehat bercahaya dari dalam dan cocok untuk semua jenis kulit.
Masker Kuning Telur
Kamu bahkan bisa membuat masker dari bahan sarapan sehari-hari. Caranya campur satu buah kuning telur dengan satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun, dan setengah cangkir oatmeal. Terapkan pada wajah dan leher kemudian tunggu 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
Masker Stroberi
Hancurkan 10 buah stroberi yang dicampur dengan 3 sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak lavender. Terapkan pada wajah kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.
Masker Kulit Kerang
Ambil beberapa kulit kerang kemudian haluskan permukaan kulitnya hingga tidak terasa kasar di kulit. Masukkan kulit-kulit kerang ke dalam ujung jari kamu kemudian usap-usapkan pada permukaan wajah untuk menghilangkan bengkak pada wajah setelah tidur atau karena sembap.
Itulah beauty tips kali ini yang membahas 10 masker yang bisa kamu buat di rumah. Selamat mencoba!
[Writer]