Walaupun tidak sevital wajah dan kulit tubuh, kuku juga mampu mempengaruhi kecantikanmu. Memiliki kulit yang indah dan cantik akan semakin memancarkan aura kecantikanmu. Ini sebabnya mengapa tak sedikit wanita menghias dan mewarnai kuku mereka agar lebih menarik dilihat. Namun, jika kuku ini tidak sehat akan menimbulkan gejala-gejala yang tidak enak dipandang mata semisal kuku retak, kutikula mengelupas, kemerahan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penting menjaga kesehatan kukumu untuk mempertahankan aura cantikmu. Yuk, simak tips menjaga kesehatan kuku sebagai berikut:

1. Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku

Apakah kamu memiliki kebiasaan menggigit kuku? Tahukah kamu bahwa kebiasaan menggigit kuku tanpa disadari mampu membuat kukumu mengalami stres? Jika kuku stres, maka sudut kuku akan semakin rapuh sehingga kuku akan mudah patah. Selain itu, membersihkan kuku terlalu kuat juga dapat menyebabkan hal yang sama.
source: http://www.wikihow.com/Get-Nice-Nails

2. Gunakan Sarung Tangan

Sebisa mungkin gunakan sarung tangan khusus jika kamu akan bersentuhan dengan produk-produk yang menggunakan bahan kima, misalnya ketika mencuci piring atau saat sedang berkebun. Kandungan bahan kimia mampu merusak kulitmu.
source: http://lionessebeautybar.org/tips-long-lasting-mani/
Jika mencuci baju, pilihlah detergen yang lembut di tangan. Detergen dengan kandungan bahan kimia yang terlalu keras tak hanya membuat kulitmu dehidrasi setelah mencuci, namun juga bisa merusak kuku. Oleh sebab itu, hindari terlalu lama bersentuhan dengan detergen.

3. Memotong Kuku Secara Teratur

Memanjangkan kuku terkadang menjadi salah satu cara membuat kuku lebih menarik. Namun, perhatikan juga bahwa kuku yang panjang dapat menjadi sarang berkumpulnya jamur dan bakteri sehingga dapat menjadi cikal bakal infeksi. Potonglah kuku secara teratur agar kuman dan bakteri tidak ada tempat untuk berkembang biak sehingga kuku tetap bersih dan sehat.
source: http://yourhealthypage.com/health-benefits-of-cutting-nails/

4. Cukupi Kebutuhan Air

Sering kita dengar bahwa konsumsi air idelanya adalah 8 gelas per hari. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya benar karena kebutuhan air masing-masing individu tidaklah sama. Kebutuhan air setiap orang tergantung pada aktivitas sehari-hari dan berat badan orang tersebut. Semakin berat badan seseorang dan semakin banyak aktifitas yang mengeluarkan keringat, maka akan semakin banyak kebutuhan air yang harus ia konsumsi.
source: http://ecaworldfitness.com/?attachment_id=6192
Jika air yang dikonsumsi cukup, maka akan dapat menjaga kelembaban alami tubuh. Karena jika tubuh mengalami dehidrasi, kukumu juga akan mengalami hal yang sama sehingga menjadi kering dan rapuh. Cukupkan kebutuhan air agar kuku terhidrasi dengan baik.

5. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Makanan bergizi tak hanya baik untuk tubuh namun juga kecantikan, salah satunya kuku. Kekurangan nutrisi yang baik untuk kuku akan dapat merusak kuku sehingga tampilannya menjadi tidak indah dipandang. Konsumsilah makanan yang kaya akan protein karena mampu memperkuat keratin kuku. Makanan yang mengandung zat besi seperti hati ayam dan bayam dapat mencegah terjadinya kuku rapuh. Satu lagi yang penting, makanan yang mengandung zinc dapat mencegah timbulnya bintik-bintik pada kuku. Makanan yang mengandung zinc semisal tiram dan oat.

6. Menjaga Kelembaban Kuku

Terlalu lama merendam tangan di air dapat membuat kuku menjadi kering setelahnya. Tak hanya kulit dan wajah, kuku juga harus diperhatikan kelembabannya agar tetap sehat. Kamu bisa menjaga kelembaban kukumu dengan bahan-bahan alami misalnya yogurt dan madu. Oleskan madu atau minyak zaitun pada kuku beberapa saat agar kuku tetap lembab. Jika kamu menggunakan minyak zaitun, kamu tidak perlu membilas kuku setelahnya seperti memakai madu karena minyak zaitun akan meresap ke celah-celah kuku.
source: http://www.femmehub.com/2014/05/28/healthy-hair-honey-and-olive-oil-hair-mask/
Hindari memakai lotion secara berlebihan karena mengandung bahan kimia yang justru berpotensi merusak kukumu. Semoga bermanfaat.