1. Kondisi Kulit Kepala

Kondisi kulit kepala yang kurang sehat mampu memicu kerontokan rambut. Kondisi kulit kepala yang kurang sehat misalnya lepek, berketombe, atau gatal-gatal karena jamur. Jamur yang ada di kulit kepala mempengaruhi kondisi akar rambut. Akar rambut yang tidak sehat akan menyebabkan rambut melemah dan rapuh sehingga mudah sekali rontok. Selain itu, untuk kamu yang berjilbab, memakai jilbab yang terlalu lama di bawah sinar matahari dapat menyebabkan rambutmu lepek. Kondisi yang seperti ini juga menyebabkan rambut susah bernafas sehingga kulit kepala akan kekurangan oksigen. Hal ini juga dapat memicu kerontokan rambut.
source: http://joss.today/read/25755-Gaya-Hidup-Rambut_Lepek_dan_Gampang_Kusut?_Ini_Tipsnya_
Oleh sebab itu, hindari memakai jilbab berlapis-lapis, gunakan kain jilbab berbahan katun, sebisa mungkin tidak berada di tempat yang membuatmu berkeringat, dan rajinlah mengistirahatkan rambut dengan melepas ikatan rambut ketika tidak sedang berjilbab agar rambut dapat bernafas.

2. Kekurangan Nutrisi

Makanan yang kita makan sehari-hari akan diedarkan ke seluruh tubuh termasuk rambut. Jika makanan yang kita makan bergizi, maka akan baik untuk tubuh dan sebaliknya. Jika nutrisi yang disalurkan ke rambut kurang, maka rambut menjadi tidak sehat sehingga akan menjadi kering dan rapuh sehingga pada akhirnya mudah rontok. Konsumsilah makanan yang mengandung zinc dan protein serta omega-3 seperti salmon, telur, dan kerang. Makanan-makanan tersebut mampu menutrisi rambutmu dengan baik.
source: https://www.nutricentre.com/healthsupplementsblog/2015/01/alopecia-natural-support-nutrition-supplements/

3. Gaya Rambut

Tidak sedikit wanita yang gemar berkreasi melalui gaya rambut mereka. Pencatokan pada rambut misalnya, mampu membuat rambut mengering karena panas yang dihasilkan dari alat catok tersebut. Rambut kering adalah penyebab rambut rapuh dan mudah rontok. Selain itu, untuk kamu yang suka berganti-ganti warna rambut, ketahuilah bahwa bahan kimia pada pewarna rambut juga dapat membuat rambutmu kering dan rapuh.
source: http://www.freshlifestyle.co.uk/news/hairstyle-and-hair-colour-trends-in-2014/

4. Stres

Stres adalah kondisi nomor satu yang harus dihindari oleh setiap wanita yang tidak boleh dikesampingkan. Walaupun ini gangguan mental, namun efek yang ditimbulkan pada keadaan fisik sangat signifikan. Selain berpengaruh pada kecantikan kulit, stres juga dapat menyebabkan rambut rontok.
source: http://humancure.com/causes-for-hair-loss/
Keadaan seseorang ketika mengalami stres mampu mempengaruhi kinerja seluruh organ tubuh, tak terkecuali hormon, misalnya hormon tiroid. Hormon tiroid yang tidak seimbang mampu menjadi penyebab rambut rontok. Oleh sebab itu, jagalah diri agar tidak stres, ya.

5. Penggunaan Hair-dryer

Hindari penggunaan hair dryer terlalu sering karena panas pada hair dryer mampu membuat kulitmu menjadi kering dan rapuh. Gunakan sewajarnya dan usahakan tidak sesering mungkin.
source: http://www.feminiya.com/6-tips-to-follow-for-chemically-treated-hair/

6. Mengikat rambut terlalu ketat

Rambut yang terurai lebih baik daripada rambut yang diikat. Namun, ada beberapa saat tertentu ketika kamu harus mengikat rambutmu sedemikian rupa. Mengikat rambut boleh saja, namun jangan terlalu kencang karena akan menarik rambut terlalu kuat dari akar-akarnya. Rambut yang tertarik ini rentan rapuh sehingga menyebabkan rontok. Selain itu, ikatan yang terlalu kencang membuat rambut susah bernafas sehingga kulit kepala akan kekurangan oksigen. Sebisa mungkin urailah rambutmu jika dalam keadaan santai.
source: http://www.brit.co/hair-accessories/

7. Faktor Keturunan

Ini adalah penyebab rambut rontok yang sulit diatasi. Mungkin jika kamu sudah melakukan yang terbaik untuk rambutmu misalnya memakan makanan yang bergizi, mengistirahatkan rambut, dan sebagainya, namun rambutmu masih tetap rontok, segeralah memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi itu disebabkan karena faktor hereditas.

8. Cara Menyisir yang Salah

Hindari menyisir rambut terlalu kuat karena akan membuat rambut mudah rapuh dan bahkan tercabut dari akarnya. Jika kamu sedang terburu-buru, sebaiknya menyisihkan waktu sebelumnya agar tidak sampai menyisir rambut terlalu kuat. Sisirlah rambut secara perlahan untuk menjaga rambut agar tetap kokoh pada akarnya. Hal ini sama ketika kamu mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar. Maka hindarilah.
source: http://jeffreypaulblog.com/ouch-brushing-hard/