Alam bawah laut perairan di sekitar Kepulauan Derawan memang terkenal begitu kaya. Ada banyak hewan eksotis yang bisa ditemukan di sini. Nah, keberadaan hiu paus menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Anda pun dapat mengajak anak untuk melihat lebih dekat dan bahkan berenang dengan hiu paus yang ada di perairan sekitar Derawan.
 
Meski dikenal sebagai satwa liar, hiu paus bukan merupakan jenis ikan yang berbahaya bagi manusia. Hewan yang satu ini ini merupakan jenis ikan yang hanya mengonsumsi plankton serta ikan-ikan kecil. Selain itu, ikan hiu paus ini memiliki kebiasaan berenang yang cukup lambat. Tak jarang, hiu ini juga bisa ditemui di permukaan laut yang dangkal.
 
Karena kecepatan berenangnya yang tak terlalu cepat, Anda dan si kecil tidak akan kesulitan untuk mengamati satwa liar yang satu ini. Di waktu yang sama, Anda juga tidak perlu khawatir adanya risiko hiu paus yang tiba-tiba menyerang.
 
Hal yang Perlu Diperhatikan saat Berenang dengan Hiu Paus di Derawan
Berenang bersama dengan hiu paus di perairan Kepulauan Derawan memang aman. Namun, Anda juga perlu memperhatikan bahwa satwa liar yang satu ini merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, para wisatawan tidak boleh secara sembarangan berinteraksi dengan hiu paus.
 
Ketika mengajak si kecil untuk berenang melihat hiu paus, pastikan untuk tetap menjaga jarak. Jangan sampai Anda ataupun si kecil menyentuh dan bahkan menunggangi hiu paus. Interaksi semacam itu, merupakan tindakan yang melanggar aturan seperti yang tercantum pada Keputusan Menteri (Kepmen) nomor 18 Tahun 2013 tentang Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus (Rhincodon typus).
 
Sebagai gantinya, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang di dekat hiu paus tanpa harus menganggunya. Anda pun dapat mengajak si kecil untuk berfoto dengan latar belakang hiu paus. Aktivitas ini pun tidak kalah asyiknya dibandingkan dengan berpose dengan menunggangi hiu paus.
 
Tips Liburan Murah di Derawan
Kalau Anda ingin mencoba aktivitas seru mengajak anak berenang dengan hiu paus di Derawan, bisa datang langsung ke area Talisayan. Wilayah ini dikenal sebagai lokasi tempat berenang para hiu paus yang berasal dari Kabupaten Berau.
 
Nah, menariknya lagi, perjalanan liburan keluarga ke Kepulauan Derawan yang menjadi bagian dari wilayah Provinsi Kalimantan Timur ini dapat dilakukan dengan biaya minim. Apalagi, saat ini tersedia sarana pemesanan tiket pesawat online yang murah meriah dari Airy.
 
Cara pemesanan tiket murah juga dapat dilakukan dengan gampang. Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat ditemukan di App Store ataupun Google Play Store. Selanjutnya, tinggal memilih maskapai yang digunakan. Anda dapat menjumpai opsi maskapai ekonomis seperti tiket Citilink, Sriwijaya Air, ataupun Lion Air.
 
Selain itu, Anda juga tak hanya bisa memesan tiket pesawat murah ke Berau lewat aplikasi ini. Ada pula pilihan untuk memesan tiket murah ke berbagai kota besar di Indonesia. Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga memberi sarana cepat dan ringkas untuk memesan penginapan murah yang ramah keluarga. Komplet deh pokoknya, dan tidak perlu takut, karena transaksi di Airy bebas dari penipuan.