Karena popularitasnya yang tinggi, tidak heran jika ada sebuah stigma bahwa liburan ke Lombok pasti bakal menguras kantong. Biaya makan, transportasi, serta hotel di Lombok kerap menjadi faktor utama yang membuat wisatawan domestik berbujet minim ragu untuk datang.
 
Padahal, dengan beberapa cara-cara khusus, Anda bisa menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan di pulau ini meskipun bujet yang dimiliki sangat terbatas. Inilah 5 cara yang bisa Anda coba:
 
Tidak Membeli Oleh-Oleh
Sebenarnya berlibur di Lombok selama beberapa hari tidak membutuhkan banyak biaya. Akan tetapi, wisatawan domestik kerap menghabiskan banyak uang untuk membeli oleh-oleh mulai dari baju, gantungan kunci, hingga kerajinan tangan.

Jika ingin berhemat, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli oleh-oleh. Membawa pulang buah tangan adalah hal opsional yang bisa Anda lakukan ketika memiliki bujet lebih untuk berlibur.
 
Memesan Akomodasi Melalui Airy
Kemudahan pemesanan kamar hotel melalui Airy akan memberikan akses yang lebih leluasa untuk menemukan akomodasi menginap yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Asyiknya, tiap-tiap kamar di Airy juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas menarik untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik saat menginap.
 
Supaya harga yang diberikan bisa lebih murah, Anda bisa memanfaatkan beragam promo Airy terbaru setiap harinya. Bukalah situs dan aplikasi mobile Airy secara rutin agar Anda tidak ketinggalan promo baru menuju Pulau Lombok. Selain di Lombok, Anda pun bisa mencari hotel dan penginapan murah di Bali melalui situs atau aplikasi mobile Airy.
 
Datang dengan Rencana yang Jelas
Untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, Anda harus membuat rencana liburan yang jelas saat hendak melancong ke Pulau Lombok.
 
Pastikan destinasi apa saja yang hendak Anda kunjungi, berapa lama Anda menginap, dan berapa jumlah batas anggaran yang dapat Anda keluarkan setiap harinya. Dengan rencana yang jelas, pengeluaran Anda saat berlibur tidak akan membebani kantong.
 
Menekan Anggaran Makan
Percaya atau tidak, meski telah diniatkan untuk hemat, saat Anda berlibur Anda cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk makan daripada hal-hal lainnya seperti transportasi dan tiket. Padahal, menekan anggaran makan dapat mempengaruhi total biaya liburan Anda secara signifikan.
 
Anda perlu membatasi anggaran makan harian ketika liburan supaya bujet tetap aman. Selain bisa berhemat, hal ini juga bisa “memaksa” Anda untuk melakukan diet dan hidup lebih sehat di waktu liburan.
 
Menyewa Kendaraan
Transportasi di Pulau Lombok sangat terbatas, bahkan untuk menuju ke objek wisata yang terkenal. Sarana transportasi yang paling dominan adalah taksi. Tarifnya yang cukup tinggi bisa membuat kantong jebol apabila Anda menggunakan transportasi tersebut berkali-kali.
 
Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menyewa kendaraan sendiri saat berlibur ke Lombok. Jika datang sendiri atau berdua, Anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga yang cukup murah, sementara jika Anda datang bersama keluarga atau beramai-ramai, menyewa mobil adalah piihan yang paling pas.
 
Itulah 5 cara berlibur ke Lombok dengan bujet minimal. Sebagai penutup, meski datang dengan bujet minimal, Anda sebaiknya tetap menyediakan sejumlah dana cadangan saat hendak berlibur ke Lombok. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat menjelajahi keindahan alam di Pulau Seribu Masjid itu.