Yoga bukan hanya sekedar olahraga untuk melenturkan seluruh tubuhmu, namun juga dapat memperbaiki mood dan membawa ketenangan jiwa. Yoga sangat disarankan untuk Beautynesian yang tak memiliki banyak waktu untuk memanjakan diri sendiri ataupun melakukan olahraga berat. Hanya dengan mempraktekkan gerakan yoga secara rutin, kamu akan merasakan perubahan dalam dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan yoga dapat membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan menyeimbangkan hormon. Berikut ini adalah 5 gerakan yoga yang dapat membuatmu merasa lebih bahagia.

1. Dolphin

Posisikan tubuhmu seperti sedang push up. Posisi tangan di lantai selebar bahu dan regangkan kaki ke belakang. Luruskan tanganmu, angkat pantatmu pelan-pelan hingga membentuk sudut 90 derajat.
source: http://liveanddiet.com/2015/02/7-best-yoga-poses-for-athletes.html
Arahkan tulang ekormu menghadap langit-langit, tundukkan kepalamu hingga hampir menyentuh lantai dan tekuk siku untuk mengistirahatkan leher serta kepalamu. Luruskan dadamu, bernafaslah dalam-dalam dan tenangkan pikiranmu.

2. Pigeon

Posisikan tubuhmu secara tengkurap, angkat tubuhmu perlahan-lahan sambil melipat kaki kanan ke dalam dan letakkan di depan tubuhmu. Rentangkan kaki kiri lurus ke belakang hingga kamu berada dalam posisi setengah duduk.
source: http://www.popsugar.com/fitness/photo-gallery/26817912/image/26817926/Pigeon-Pose
Busungkan dadamu, letakkan tanganmu di tubuhmu dan luruskan tubuhmu. Tarik nafas dalam-dalam selama beberapa saat, kemudian ulangi pose yang sama dengan kaki kirimu.

3. Warrior II

Dari posisi berdiri, letakkan kaki kanan 1 langkah di depan tubuhmu dan tekuk lutut. Tekuk secara perlahan hingga pahamu mendekat ke lantai. Rentangkan kaki kiri lurus ke belakang. Pusatkan tumpuan berat tubuhmu pada kedua kaki.
source: http://www.popsugar.com/fitness/Strike-Yoga-Pose-Warrior-2-2671068
Rentangkan pula tangan kananmu lurus ke depan setinggi mata dan tangan kiri lurus ke belakang. Tahan posisi ini selama 10 tarikan nafas dalam-dalam, ulangi pose yang sama untuk kaki kiri.

4. Warrior III

Masih menitikberatkan tubuh pada kaki seperti pose sebelumnya, mulailah dengan posisi berdiri. Lipat tanganmu dan temukan kedua tanganmu di depan dada. Bungkukkan punggungmu perlahan-lahan hingga membentuk sudut 90 derajat.
source: http://www.fitnessvsweightloss.com/do-at-home-legs-workout-beginner-and-intermediate-level/
Tarik otot perutmu, angkat kaki kirimu perlahan-lahan menjauhi lantai hingga sejajar dengan tubuhmu. Hadapkan pandangan lurus ke depan dan rentangkan tanganmu ke depan hingga membentuk garis lurus dari tangan, punggung hingga kaki kiri. Tahan posisi ini selama 10 tarikan nafas dalam-dalam. Ulangi gerakan yang sama untuk kaki kirimu.

5. Triangle

Dalam posisi berdiri, buka kedua kakimu lebar-lebar. Arahkan pergelangan kaki kanan menghadap ke kanan dan kaki kiri tetap menghadap ke depan. Tekuk pinggangmu sedalam mungkin ke arah kanan secara perlahan hingga terasa tarikan pada punggungmu.
source: http://www.momjunction.com/articles/benefits-of-yoga-for-your-teenager_0094957/
Letakkan tangan kanan pada lututmu dan tarik tangan kirimu hingga lurus ke atas. Kamu juga bisa meletakkan tangan kananmu di lantai sehingga membentuk garis lurus dengan tangan kirimu. Pandangan ke atas untuk merilekskan lehermu. Pose ini akan membuat tubuhmu terlipat seperti bentuk segitiga.
Tidak sulit, kan? Peneliti juga menemukan bahwa orang yang rutin yoga lebih dari 3 kali seminggu dapat merasakan efek positifnya dibandingkan dengan orang yang mempraktikkan yoga 2 kali seminggu. Setelah rutin melakukan yoga 3 kali seminggu selama 3 bulan, orang tersebut dapat tidur lebih baik, merasa lebih tenang, tingkat stres berkurang, dan merasa lebih bahagia. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo masukkan yoga ke dalam daftar rutinitasmu sehari-hari sekarang juga, Beautynesian!