Alkaline Diet, Diet Andalan Victoria Beckham

Victoria Beckham mungkin merupakan salah satu seleb wanita yang selalu tampak langsing, atau bahkan super-slim. Victoria memang dikenal sebagai seleb wanita yang sangat memperhatikan tubuhnya dengan menjalani pola hidup sehat.
source: http://www.marieclaire.co.uk/blogs/suzannah-ramsdale/543075/diet-tips-and-secrets-of-the-rich-and-famous.html
Diet Alkali merupakan salah satu metode diet yang ia coba dan sempat menjadi populer setelah ia membuat posting di twitter mengenai buku Honestly Healthy. Buku yang diterbitkan oleh seorang ahli gizi sekaligus chef Natasha Corrett ini berisikan tentang panduan diet alkali beserta dengan ide resep makanan.

Cara Kerja Diet Alkali

Pola makan alkali berakar dari pengobatan tradisional Hindu kuno yang disebut Ayurveda. Pada tahun 1920, Hay Diet menciptakan pola makan yang memisahkan makanan ke dalam tiga grup kelompok, yaitu basa, asam, dan netral. Pada tahun 1980-an pola makan ini dikenal dengan istilah diet food combining.
source: http://weheartit.com/entry/112702701/search?context_type=search&context_user=gastrawnomica&query=alkaline+diet
Prinsip diet alkali berasal dari pola makan tersebut karena tubuh butuh keseimbangan antara asam dan basa. Jika tubuh terlalu asam, maka dapat menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan seperti obesitas, permasalahan kulit, hingga kanker. Tetapi, beberapa makanan, seperti daging, gandum, gula halus, dan makanan olahan, dapat membuat tubuh memproduksi asam, yang dinilai kurang baik bagi tubuh.
Acid foods can cause weight gain, tiredness and other health problems, whereas alkaline foods help you stay in shape and make you feel and look younger. - Vicki Edgson, Ahli Gizi.
source: http://www.reveal.co.uk/lifestyle/news/a454760/victoria-beckhams-alkaline-diet-everything-you-need-to-know.html
Tujuan dari diet alkali adalah untuk menjaga pH tubuh agar tetap berada pada angka ideal, yaitu antara 7.35 dan 7.45. Dengan pemilihan makanan yang tepat, terutama yang bersifat basa, maka dapat membantu menyeimabngkan pH tubuh agar tidak terlalu asam. Hal ini juga dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan sistem pencernaan.
Tak hanya Victoria Beckham, Jennifer Aniston juga merupakan salah satu seleb wanita yang mengikuti pola makan ini. Jenifer meminum alkaline smoothie setiap hari yang dikatakan dapat meningkatkan kesehatan dan energi, serta membantu penurunan berat badan. Para pendukung diet ini berpendapat bahwa sebenarnya tubuh adalah basa secara alami. Tetapi, dengan pemilihan asupan yang salah, maka dapat menghasilkan asam sehingga dapat memperburuk kondisi tubuh serta kenaikan berat badan dan kelelahan.

Mengenal Makanan Alkali (Basa) dan Asam

Agar metode diet ini dapat berjalan dengan mudah dan lancar, maka perlu pengetahuan mengenai makanan basa dan asam. Berikut merupakan beberapa makanan yang termasuk kelompok basa dan asam.
Makanan Basa
Sayuran: brokoli, kembang kol, seledri, mentimun, selada, bawang, buncis, paprika, bayam
Buah: apel, pisang, buni (buah jenis berry), anggur, melon, lemon, jeruk, persik, pir, semangka
Sumber protein: almond, chestnut, tahu
Rempah-rempah: kayu manis, kare, mustard, garam laut.
Makanan Asam
Pemanis buatan, gula, daging, roti, cokelat, es krim, seafood, soft drink, makanan yang digoreng, alkohol, serta minuman berkafein.
Informasi selengkapnya mengenai makanan basa dan asam dapat dilihat di link berikut ini:
http://greenopedia.com/alkaline-acid-food-chart/

Panduan Diet Alkali ala Natasha Corret dalam Buku Honestly Healthy

Honestly Healthy merupakan buku yang dipromosikan Victoria Beckham melalui akun twitter miliknya. Natasha Corret, sang penulis, memberikan beberapa diet plan yang dilengkapi dengan ide masakan bagi mereka yang ingin menjalani diet alkali.
source: http://www.beautyandthedirt.com/batd-tv/honestly-healthy-sugar-alternatives/
Natasha menciptakan empat cleansing plan, dimulai dari #feelgood plan yang membantu mengeluarkan racun (detoksifikasi) secara alami. Kemudian #slimdown plan yang akan membuat tubuh terasa lebih ringan dan bercahaya, #highenergy plan untuk mengencangkan dan pembersihan. Yang keempat adalah #lifechanging plan untuk mengubah gaya hidup agar terasa dan terlihat lebih baik dalam waktu 30 hari.
Berikut merupakan salah satu menu makan siang yang ditampilkan dalam buku Honestly Healthy untuk #slimdown plan, yaitu Cucumber and Tempeh Salad.
source: http://www.hellomagazine.com/cuisine/2015063025986/honestly-healthy-1-day-cleanse-taster/
This nutritious dish is one of my favourite Asian-flavoured salads. As tempeh is a great source of protein, you can add a handful to any salad you like for a fantastic post-workout protein kick. - Natasha Corret
source: http://www.hellomagazine.com/cuisine/2015063025986/honestly-healthy-1-day-cleanse-taster/
Selain dari buku tersebut, ulasan lengkap mengenai ide masakan untuk diet alkali dapat dilihat dalam website berikut ini:
http://www.honestlyhealthyfood.com/
Bagaimana, tertarik mencoba diet alkali?