Angka dan Hari Pasaran Jawa

Menurut kepercayaan orang Jawa, kecocokan pasangan dapat diramal menurut weton Jawa jodoh dari calon pasangan laki-laki dan pasangan perempuan, berikut cara perhitungannya:

SENIN        = 4

SELASA     = 3

RABU         = 7

KAMIS        = 8

JUM’AT       = 6

SABTU        = 9

MINGGU     = 5

LEGI           = 5

PAHING      = 9

P0N             = 7

WAGE         = 4

KLIW0N      = 8

source: https://www.jegulo.com/cara-mengetahui-kecocokan-pernikahan/

Berikut ini penjelasan menurut hasil dari penjumlahan weton tersebut:

1.

Contoh kasus:

Misalnya pasangan laki-laki lahir pada Minggu Legi (Minggu = 5 + Legi = 5 =>> 10). Sedangkan pasangan perempuan lahir pada hari Selasa Wage (Selasa = 3 + Wage = 4 =>> 7). Berarti 10 + 7 = 17 atau tiba PEGAT

Hitungan Weton Jawa untuk Pernikahan

source: https://maumenikah.com/cara-menghitung-hari-pernikahan-berdasarkan-weton/

PEGAT

Jika hasilnya tiba pada PEGAT, maka kemungkinan pasangan tersebut akan sering menemukan masalah di kemudian hari, bisa itu dari masalah ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan yang bisa menyebabkan pasangan tersebut bercerai atau pegatan.

2. RATU

Jika hasilnya tiba pada RATU, bisa dikatakan pasangan tersebut memang sudah jodohnya. Dihargai dan disegani oleh tetangga maupun lingkungan sekitar. Bahkan banyak orang yang iri akan keharmonisannya dalam membina rumah tangga.

3. JODOH

Jika hasilnya tiba pada JODOH, berarti pasangan tersebut memang beneran cocok dan berjodoh. Bisa saling menerima segala kelebihan dan kekurangannya. Rumah tangga bisa rukun sampai tua.

baca juga

4. TOPO

Jika hasilnya tiba pada TOPO, dalam membina rumah tangga akan sering mengalami kesusahan di awal-awal namun akan bahagia pada akhirnya. Masalah tersebut bisa saja soal ekonomi dan lain sebagainya. Namun pada saat sudah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, akhirnya akan hidup sukses dan bahagia.

source: https://www.freepik.com

5. TINARI

Jika hasilnya tiba pada TINARI, itu berarti akan menemukan kebehagaiaan. Gampang dalam mencari rezeki dan tidak sampai hidup kekurangan. Hidupnya juga sering mendapat keberuntungan.

6. PADU

Jika hasilnya tiba pada PADU, berarti dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran. Namun meskipun sering bertengkar, tidak sampai membawa ke dalam perceraian. Masalah pertengkaran tersebut bahkan bisa dipicu dari hal-hal yang sifatnya cukup sepele.

source: https://www.freepik.com

7. SUJANAN

Jika hasilnya tiba pada SUJANAN, maka dalam berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran dan masalah perselingkuhan. Bisa itu dari pihak laki-laki maupun perempuan yang memulai perselingkuhan.

8. PESTHI

Jika hasilnya tiba pada PESTHI, berarti dalam berumah tangga akan rukun, tenteram, adem ayem sampai tua. Meskipun ada masalah apapun tidak akan sampai merusak keharmonisan keluarga.

baca juga

Weton Jawa

source: https://maumenikah.com/cara-menghitung-hari-pernikahan-berdasarkan-weton/

Kita boleh tidak percaya pada hitungan jawa dalam menetapkan hari pernikahan berdasarkan weton. Tapi bagi mereka yang percaya, sulit untuk tidak bertindak berdasarkan kepercayaan ini. Jadi ada baiknya, bagi kita yang masih tersangkut paut dengan kebudayaan dan kepercayaan jawa soal hitungan pernikahan berdasarkan hari lahir, belajarlah mengenalnya.