Bertambah usia adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Namun, apa jadinya jika tanda-tanda penuaan muncul sebelum waktunya? Istilah ini disebut sebagai tanda penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini muncul bukan hanya karena faktor usia saja, namun juga dipengaruhi oleh faktor dari luar. Penuaan dini bisa dipicu akibat adanya radikal bebas, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, sinar matahari, stres, dan bahkan masalah sepele misalnya seperti kurangnya waktu tidur.
source: http://okipos.com/index.php/2015/07/29/ingin-awet-muda-konsumsi-11-makanan-dan-minuman-ini/caramencegahpenuaandini/
Tanda-tanda tersebut dapat berupa munculnya garis-garis halus di sekitar mata, kulit kendur, bahkan menyerupai keriput, munculnya kantung hitam di bawah mata, hingga perubahan warna kulit. Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini yang bisa kamu lakukan adaah dengan mengonsumsi suplemen anti aging. Berikut beberapa suplemen anti aging yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga kulitmu tetap cantik dan sehat.

1. Suplemen Vitamin E

Sudah merupakan rahasia umum bahwa vitamin E memiliki efek yang sangat signifikan terhadap kecantikan kulit. Vitamin E mampu meremajakan sel-sel kulit sehingga akan membuatnya tampak kenyal dan berseri. Vitamin E juga mengandung antioksidan yang mampu melawan efek radikal bebas pada kulit. Radikal bebas misalnya dapat berupa polusi udara dan zat lain yang dapat menimbulkan kulit kering dan kusam.
source: http://vitamin.healthfoodxdrinks.com/health-benefits-vitamin-e/
Selain itu, vitamin E juga mampu melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari. Dalam satu hari, dosis vitamin E yang diperlukan seseorang adalah sebanyak 200 IU. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dari Natur-E, Ever-E, dan sebagainya.

2. Vitamin C

Vitamin C terbukti secara klinis mampu menekan tingkat oksidasi sel-sel kulit sehingga menurunkan tingkat stres pada kulit. Oleh sebab itu, vitamin C mampu mendukung kulit untuk tumbuh secara normal. Sama seperti vitamin E, vitamin C juga membantu proses regenerasi sel-sel, sehingga akan dapat mengurangi kerutan-kerutan halus di wajah dan membuat kulit tampak kencang.
source: https://www.inlifehealthcare.com/blog/benefits-of-vitamin-c-and-antioxidants/
Karena vitamin C mampu mendukung terbentuknya kolagen di dalam tubuh, maka vitamin C juga mampu membuat kulitmu tampak muda dan kenyal. Dosis yang direkomendasikan adalah 100 mg setiap harinya. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C misalnya dari Vitacimin, UC1000, dan lainnya.

3. Polypodium Leucotomos Extract (PLE)

Tabir surya dalam pil? Wah, terdengar praktis, bukan? Polypodium leucotomos adalah sejenis tanaman pakis yang berasal dari Amerika Tengah. Tak hanya mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk radiasi sinar matahari, antioksidan yang terkandung dalam tanaman ini juga mampu mengatasi masalah kulit lainnya seperti vitiligo, psoriasis, hingga mengurangi risiko kanker kulit.
source: http://www.nutrabusiness.com/our-products/polypodium-leucotomos-ple/
Kamu bisa memanfaatkannya dalam bentuk ekstrak berupa pil. Konsumsi sebanyak 500 mg ekstrak Polypodium leucotomos sebelum kamu pergi ke luar untuk melindungimu dari paparan sinar matahari.
In 2004, Harvard researchers conducted a study in which healthy volunteers were tested to see whether Polypodium leucotomos would protect fair to light-skinned individuals from sun damage. Some subjects were given oral doses of PL extract, and some were not. All were exposed to varying doses of ultraviolet radiation, and after 24 hours the researchers took skin biopsies to measure the amount of skin redness due to erythema (inflammation caused by ultraviolet radiation, i.e. sunburn). The results demonstrated a remarkable decrease in UV-induced skin damage in those who had taken the PL extract. Those taking the PL extract had significantly fewer sunburned cells (a sign of tissue damage) and less cyclobutane pyrimidine dimers (a marker of DNA damage).
source: http://www.sunsaferx.com/health-tips/polypodium-leucotomos/

4. Coenzyme-Q10

Sama halnya seperti vitamin E dan vitamin C, Coenzyme-Q10 juga merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan, namun nutrisi ini dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Biasanya, pada penderita diabetes, gangguan hati, dan kanker, jumlah counzyme-Q10 yang ada di tubuh mereka lebih rendah sehingga mampu mempengaruhi kondisi kulit. Di Jepang, mereka yang mengonsumsi counzyme-Q10 mampu mengalami penurunan volume dan area kerutan pada kulit dalam dua minggu.
source: http://kiosvitamin.com/healthy-care-coenzyme-q10-150mg-100-kapsul.html
Gunakan suplemen jika memang diperlukan karena akan jauh lebih baik jika kamu mengonsumsi langsung dari sumbernya misalnya buah-buahan yang mengandung vitamin E dan vitamin C, karena bebas pengawet dan tentunya lebih sehat. Buah yang mengandung vitamin C misalnya jeruk, sedangkan vitamin E dapat kamu dapatkan dari minyak zaitun. Kecuali untuk PLE, karena tanaman ini hanya terdapat di Amerika, kamu hanya bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak.