Rambut panjang hitam berkilau sering didambakan oleh kebanyakan wanita. Nah, untuk membuat rambut terlihat berkilau, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan tanpa harus pergi ke salon. Langkah-langkah tersebut menggunakan metode alami yang juga bisa dilakukan di rumah.
Normalnya, rata-rata rambut tumbuh sekitar setengah inchi setiap bulannya. Namun hasilnya masih tergantung pada tipe perawatannya. Oleh karena itu, ada sejumlah tips untuk menghasilkan rambut panjang hitam berkilau yang alami dan sehat seperti di bawah ini:
Pemotongan Rutin
Disarankan untuk memotong ujung-ujung rambut secara rutin setiap bulannya. Tidak perlu panjang-panjang, sekiranya setengah atau seperempat inchi. Tujuannya untuk mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus mengecek jika ada ujung rambut yang rusak atau bercabang.
Pemakaian Pelembab
Gunakanlah pelembab secara rutin jika menginginkan rambut hitam berkilau. Namun sesuaikan dulu dengan tipe rambut yang kamu miliki. Setiap perempuan dengan rambut panjang bisa mengubahnya menjadi lebih berkilau alami jika melakukan perawatan secara tepat, khususnya pemakaian pelembab.
Hindari Panas
Selalu lindungi rambut dari cuaca panas yang berlebihan. Suhu panas yang ekstrim bisa mengganggu kesuburan rambut dan menyebabkan gangguan pada ujung-ujungnya. Dengan kata lain, kamu juga harus menghindari pemakaian alat pengeriting rambut atau pemanas yang bertujuan mengeringkan rambut. Alih-alih menggunakan hairdryer secara berlebihan, lebih baik mengeringkan rambut dengan metode alami. Memang akan lebih menyita waktu, namun kamu bisa memanfaatkan momen di kala senggang.
Perawatan Rutin
Metode perawatannya sebenarnya tidaklah rumit. Asalkan rutin dan diterapkan secara teratur, niscaya rambut akan tumbuh lebih panjang, hitam dan berkilau. Kamu juga tak perlu repot-repot ke salon karena ada berbagai metode alami untuk merawat rambut supaya lebih hitam dan berkilau. Misalnya dengan menggunakan minyak almond yang digunakan sebagai cairan pemijat kulit kepala. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa yang dihangatkan untuk olesan pemijatan.
Perlakukan Dengan Lembut
Tanpa sadar, kamu seringkali memperlakukan rambut secara kasar. Contohnya ada banyak sekali, misalnya terlalu sering mengikat rambut atau menggunakan penjepit dalam waktu lama. Rambut akan tetap lurus dan tak rusak jika diperlakukan secara lembut. Bukan dalam artian berlebihan, namun sewajarnya saja. Mulailah dari hal-hal sepele dalam hal memperlakukan rambut supaya hasilnya terlihat lebih maksimal dan alami.
Cara menyisir juga sangat berpengaruh dalam membentuk rambut alami. Jika terlalu sering memaksakan untuk menyisir dalam kondisi setengah basah atau kering, maka rambut akan cepat rusak. Jangan terlalu sering menyisir rambut karena bisa menyebabkan kerontokan. Lakukanlah secara teratur supaya kualitas rambut tetap terjaga dengan baik.
Gaya Alami
Rambut hitam berkilau adalah gaya alami yang memikat. Artinya, hasil semacam itu cuma bisa ditempuh dengan metode yang juga alami dan gaya hidup tidak berlebihan. Perlakukanlah rambut hitam secara wajar dalam artian tidak memberikan banyak aksesoris atau hiasan yang tak penting. Hindari pemakaian topi atau bando jika ternyata sering mengganggu dan menyebabkan rasa tak nyaman.
Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat juga sangat penting dalam menentukan kualitas rambut hitam berkilau. Kaitannya dengan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, termasuk juga kebiasaan keseharian. Nah, mulai sekarang, terapkanlah gaya hidup sehat jika ingin memiliki rambut hitam yang berkilau alami dan tumbuh secara wajar. Demikianlah beberapa tips untuk memiliki rambut hitam berkilau.
[Writer]
3