Kondisi gigi sehat dan putih bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Maka tak sedikit orang yang berusaha memiliki gigi yang sehat dan putih. Nah, untuk membuat gigi semakin putih dan sehat sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Di bawah ini adalah sepuluh tips yang bisa dicoba untuk memiliki gigi putih dan sehat.
Diet Gigi
Maksudnya adalah menghindari makanan atau minuman yang selama ini menyebabkan gangguan noda atau plak pada gigi. Hindarilah sejumlah minuman seperti anggur atau teh hitam yang sebenarnya bisa menodai gigi. Berhentilah merokok jika selama ini semakin banyak noda bekas tembakau atau nikotin. Cara aman dan sehat untuk membersihkan gigi adalah dengan menyantap apel setiap hari.
Mengganti Sikat Gigi
Jika sikat gigi yang biasa dipakai sudah terlalu lama, maka bisa menyebabkan gangguan noda. Idealnya, kita harus mengganti sikat gigi setiap dua atau tiga bulan. Bahkan, kalau memungkinkan bisa diganti setiap bulannya.
Membersihkan Gigi
Gigi kusam dan bernoda bisa saja disebabkan oleh lidah. Lidah yang jarang dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri atau tumpukan kotoran. Nah, bersihkanlah dengan menggunakan sikat gigi khusus atau alat yang memang dikhususkan untuk membersihkan lidah.
Menyantap Makanan Pembersih
Salah satu contohnya sudah disebutkan di atas, yaitu buah apel. Nah, ada banyak jenis makanan cemilan yang bisa difungsikan untuk membersihkan gigi, seperti popcorn, seledri, dan wortel.
Berkumur Dengan Sari Apel
Manfaatnya sangat bagus untuk kesegaran dan kebersihan gigi. Setelah berkumur dengan sari apel, kamu bisa melanjutkan dengan menggosok gigi.
Menggosok Gigi Dengan Baking Soda
Lakukanlah cara ini setiap minggu sekali. Baking soda akan membantu membersihkan noda dan memutihkan gigi. Gunakanlah seperti memakai pasta gigi, atau bisa juga menggantinya dengan garam.
Penyegar Mulut
Maksudnya bukan pewangi mulut yang disemprotkan, melainkan cairan yang khusus untuk berkumur. Hindari obat berkumur yang mengandung alkohol.
Membersihkan Gigi Dengan Benang
Membersihkan gigi dengan benang ternyata sangat efektif untuk memutihkan gigi dan membersihkan kotoran-kotoran yang terselip. Kamu bisa melakukannya di waktu senggang, atau sebelum tidur. Cara ini terbukti lebih mampu membersihkan setiap noda yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi.
Waktu Membersihkan Gigi
Menurut pakar kesehatan gigi di Ochsner Health Center, New Orleans, Kathleen W. Wilson, M.D, ada dua waktu krusial bagi yang ingin memutihkan gigi. Yaitu saat malam hari dan pagi hari. Di malam hari, air lidah akan mengering. Cairan lidah kerap menyebabkan plak atau karang gigi. Jadi, dengan menggosok gigi dan berkumur di malam hari akan mengurang risiko tersebut. Sementara itu, di pagi hari, gosoklah gigi untuk membersihkan plak dan bakteri yang menumpuk selama tidur di malam hari.
Menyesuaikan Warna Lipstik
Teknik ini khusus untuk para wanita yang ingin tampil cantik dan berseri dengan senyum yang menyegarkan. Deretan gigi akan terlihat lebih putih jika menggunakan lipstik berwarna merah menyala. Teknik ini terbukti sangat berhasil bagi para wanita yang ingin menonjolkan gigi yang terlihat lebih putih saat tersenyum.
Selain sepuluh cara di atas, terapkan juga gaya hidup sehat misalnya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat berlebihan. Batasilah konsumsi makanan atau minuman yang sering menyebabkan gangguan noda atau plak pada gigi. Selain itu, asupan vitamin C secara teratur akan membantu memutihkan gigi secara alami. Nah, demikianlah beberapa hal yang bisa dicoba untuk memutihkan gigi.
[Writer]
3
3