Gel Aloe Vera

Gel dari Lidah Buaya merupakan salah satu dari bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam. Aloe Vera mengandung antioksidan, Vitamin A, C, dan E yang mampu membantu mengurangi bintik-bintik hitam atau kecokelatan di wajah, Ladies. Selain itu, Aloe Vera dapat meratakan warna kulit kamu agar tidak belang, mencerahkan kulit, dan memperbarui lapisan epidermis.

Ladies, dapat membeli gel Aloe vera dengan kandungan 100% di toko kecantikan atau lebih baik lagi jika membuat sendiri. Caranya cukup mudah, Ladies dapat mengambil satu potong daun Lidah Buaya secukupnya saja, belah jadi dua dan keluarkan isinya dari kulit. Oleskan Gel Lidah Buaya ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit sampai benar-benar meresap di kulit, lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya telah digunakan selama lebih dari ribuan tahun oleh nenek moyang kita lho, maka dari itu, bahan ini dinilai sangat efektif untuk merawat kulit terutama menghilangkan flek hitam.

source: https://id.pinterest.com

Lemon

Lemon mengandung asam yang dapat memutihkan dan membantu mengurangi flek hitam pada kulit kamu. Kandungan asam sitrat dan vitamin C pada air lemon juga berfungsi untuk mencerahkan kulit kamu. Cara untuk mengaplikasikan lemon sebagai masker cukup mudah, berikut ini bahan beserta cara yang dapat kamu contoh di rumah.

Bahan:

  • 1 Lemon
  • Air bersih
  • Kapas

Cara Mengaplikasikan:

  1. Peras Lemon ke dalam mangkok kecil, tambahkan sedikit air bersih secukupnya saja
  2. Gunakan kapas dan tempelkan pada wajah yang terdapat flek hitam
  3. Biarkan kapas lemon tersebut menempel hingga 20 menit
  4. Basuh wajah dengan air bersih dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal
Namun jika Ladies baru pertama kali ingin mencoba masker Lemon, sebelumnya lakukan uji coba terlebih dahulu di area kecil wajahmu dan lihat reaksi yang kamu dapatkan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, cara mengakalinya encerkan lemon dengan tambahkan sedikit air. Sebaiknya penggunaan masker Lemon kamu lakukan di area wajah yang tidak terdapat luka ya, karena kandungan asam pada Lemon akan membuat lukamu makin perih.
source: https://id.pinterest.com
baca juga

Kunyit

Salah satu bumbu rempah-rempah yang sering ladies temukan di dapur ini, rupanya tidak hanya berguna untuk jadi bumbu makanan, tetapi juga berguna untuk menghilangkan flek hitam. Kunyit mengandung curcumin dan antioksidan yang kuat melawan radikal bebas, membantu menghilangkan flek hitam di wajah, dan mencerahkan warna kulit. Berikut ini cara membuat masker kunyit.

Bahan:

  • 1/2 sdm kunyit
  • 1 sdm jus lemon
  • 2 sdm susu murni

Cara Mengaplikasikan:

  1. Tumbuk kunyit hingga halus
  2. Campurkan kunyit, jus lemon, dan susu murni di dalam mangkok kecil sampai membentuk pasta
  3. Oleskan masker ke wajah dengan memijat pelan
  4. Diamkan selama 10-15 menit saja
  5. Lalu bilas dengan air sampai bersih
Perlu Ladies ketahui, jangan biarkan masker kunyit di wajah lebih dari 15 menit karena akan memakan waktu beberapa hari untuk menghilangkan pigmen kuning di wajah kamu dan pastikan mencuci masker sampai bersih dan tidak bersisa. Selain itu, pastikan keesokan harinya kamu tidak pergi ke sebuah acara atau kamu berada di rumah saja, karena setelah menggunakan masker ini, biasanya wajah jadi berwarna kuning untuk beberapa saat.
source: https://id.pinterest.com

Buttermilk

Buttermilk mengandung asam alfa hidroksil yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta mencerahkan wajah dari flek hitam. Namun perlu Ladies ketahui, sebelum menggunakan masker buttermilk, jangan oleskan masker ini di daerah sensitif wajah kamu seperti di bawah mata karena asam laktat pada buttermilk akan menimbulkan iritasi. Berikut ini cara mengolah buttermilk menjadi masker.

Bahan:

  • 4 sdt buttermilk
  • 2 sdt jus tomat segar

Cara mengaplikasikan:

  1. Campurkan kedua bahan di dalam mangkok kecil
  2. Oleskanpada area wajah yang terdapat flek hitam
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Bilas dengan air bersih
source: https://id.pinterest.com
baca juga

Kentang

Kentang selain dimakan ternyata juga berguna untuk dijadikan masker kecantikan, lho! Kentang mengandung vitamin B6, C, Kalium, Seng, dan Fosfor mineral yang membantu produksi kolagen untuk meremajakan kulit. Adapun kentang dapat memberikan manfaat pada kulit seperti menghilangkan sel kulit mati, mempercerpat regenerasi kulit, dan menghilangkan flek hitam. Berikut ini cara mengolah kentang menjadi masker.

Bahan:

  • 1 buah kentang
  • Pisau bersih

Cara mengaplikasikan:

  1. Potong tipis-tipis kentang
  2. Berikan sedikit air pada kentang agar membuat kentang jadi basah dan dapat menempel maksimal di wajah
  3. Taruh irisan kentang di area wajah yang terdapat flek hitam
  4. Diamkan selama 10-15 menit
  5. Bilas dengan air bersih
Jika Ladies mengalami iritasi kemerah setelah menggunakan masker kentang, segera hentikan pemakaian dan bilas dengan air bersih.
source: https://www.pexels.com

Ladies, setiap orang memiliki tingkat sesitifitasnya masing-masing maka dari itu apabila tidak pernah menggunakan masker tersebut alangkah lebih baik jika Ladies mencoba terlebih dahulu untuk menerapkannya di sebagian kecil area area wajah, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.