Masalah bibir pecah-pecah banyak dialami wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh udara, maupun pemilihin lipstik yang digunakan. Untuk merawatnya, pemakaian lipgloss memang akan membantu menciptakan efek bibir yang selalu lembab. Namun pada dasarnya, persoalan bibir kering itu sendiri belum teratasi. Oleh sebab itu, wajib diketahui apa saja penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah itu supaya bisa segera menyembuhkan dan mengatasi risiko kambuhnya.
Umumnya, penyebab bibir kering dan pecah-pecah dipahami akibat faktor panas matahari, angin, atau suhu. Namun bukan faktor-faktor itu semata yang harus dikhawatirkan. Berikut adalah 5 penyebab yang harus dihindari:
Dehidrasi
Bibir berbeda dari kulit wajah dan tubuh yang mengandung kelenjar minyak. Jadi, permukaan bibir akan sangat mudah kering dan mengelupas dalam suhu tertentu. Namun, bibir kering juga menjadi salah satu gejala dari dehidrasi. Normalnya, tubuh membutuhkan asupan air yang mencukupi. Kebutuhan setiap orang pun berbeda-beda, sehingga takaran normal yang rata-rata delapan gelas per hari bisa saja tak mencukupi. Contoh paling mudah untuk mengidentifikasinya ialah jika kita tak minum air yang cukup dalam sehari, maka bibir akan terasa sangat kering dan pecah-pecah.
Tidak Merawat & Melindunginya dengan Baik
Pemakaian lipgloss masih tetap disarankan untuk melindungi bibir dari risiko kering dan pecah-pecah. Nah, bisa jadi persoalannya terletak pada jenis lipgloss yang biasa digunakan. Sebaiknya kamu menggunakan lipgloss dengan perlindungan yang lebih ekstra dan kuat. Penyebab lainnya adalah waktu pemakaian lipgloss. Jangan hanya menggunakan lipgloss saat ingin tampil di depan publik. Justru pemakaiannya harus dijadikan sebagai perawatan rutin untuk beberapa kondisi misalnya cuaca yang sangat dingin, panas, sedang berangin, atau pada tempat-tempat dengan suhu-suhu tersebut.
Menjilat Bibir
Menjilati bagian bibir yang kering dan pecah-pecah memang kerap dianggap sebagai cara termudah. Namun tepat setelah menjilatinya, bibir justru terasa lebih kering dari sebelumnya. Sebabnya karena air liur yang membahasi bibir akan menguap dan menyebabkan permukaan bibir semakin kering. Hentikanlah kebiasaan tersebut jika tak ingin bibir yang kering semakin parah. Lebih baik menggunakan lipgloss dengan cara dan waktu yang tepat.
Udara dari Mulut/Alergi
Penyebab yang satu ini kurang disadari. Padahal, udara dan bau dari mulut keluar masuk dari bibir. Alergi juga menjadi masalah yang menyebabkan gangguan pada bibir pecah-pecah atau kering. Orang-orang yang sering mendengkur saat tidur juga biasanya bermasalah pada bibir mereka. Solusinya dengan menggunakan pelembab bibir, atau berkonsultasi langsung pada dokter untuk mengatasi penyebab dengkuran atau alergi yang bisa saja dialami.
Pasta Gigi
Rata-rata produk pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate yang bisa memicu iritasi. Jika selama ini mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah, cobalah untuk mengganti pasta gigi. Dalam hal ini, kamu memang harus mengecek secara teliti kandungan bahan-bahan dalam produk pasta gigi tersebut. Meskipun sudah merasa nyaman, namun jika ada bahan yang menyebabkan bibir kering atau pecah-pecah tetaplah menyebabkan masalah tersendiri. Namun bisa juga ada penyebab selain pasta gigi. Misalnya tipe lipstik atau produk-produk minuman beralkohol yang dikonsumsi. Beberapa kasus juga disebabkan oleh kebiasaan merokok.
Kenalilah penyebab-penyebab dari bibir kering dan pecah-pecah supaya bisa segera mengatasinya. Selain dari lima penyebab di atas, ada beberapa indikasi lain seperti kekurangan asupan vitamin C, atau kelebihan vitamin A. Tipe makanan seperti buah atau saus juga bisa memicu bibir kering dan pecah-pecah.
[Writer]
3