Ada banyak manfaat yang didapatkan dari olahraga yoga. Salah satu di antaranya ialah membuat kamu jadi awet muda. Gerakan yoga yang memperlambat proses penuaan ini sudah teruji secara ilmiah dan dipraktikkan oleh sejumlah orang di dunia.
Rutin melakukan yoga dipercaya bisa meningkatkan sistem saraf parasimpatis, menstabilkan tekanan darah, denyut jantung dan gula darah. Yoga juga membuat emosi stabil dan meminimalisir gejala penyakit kronis. Bonus tambahannya, gerakan yoga juga efektif mengurangi kulit keriput. Jadi bagi Anda yan berusia 30-an atau mengalami penuaan dini bisa mencoba olahraga ini untuk mengatasinya.
Bagaimana caranya? Anda bisa mencari tutor yoga yang kini sudah banyak dan mudah ditemukan. Namun Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan melihat video atau artikel tutorial. Idelanya yoga dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Jadwalnya fleksibel menyesuaikan rutinitas Anda.
Begitu juga dengan pilihan gerakan yang tergolong banyak. Pilihlah yang paling sesuai dan lakukan setiap gerakan selama 5 kali pernapasan dalam-dalam. Lebih jelasnya, berikut beberapa gerakan yoga yang ampuh membuat Anda tampil awet muda.
1. Berdiri Tegap Sejajar
Pose ini akan membantu mengembangkan pemahamn dan kesadaran akan postur tubuh sendiri. Jangan memakai alas kaki dan berdirilah tegak di atas lantai atau tikar. Posisi kaki bisa sejajar atau selebar pinggul. Sementara lengan menggantung di masing-masing sisi.
Lalu tanpa mengangkat kaki bergeserlah maju, mundur, ke sisi kanan dan kiri. Kemudian kembali ke posisi awal. Kemudian pindahkan fokus ke tubuh dan tumpukan titi berat ke pinggul. Ini untuk menemukan keseimbangan dengan memakai kekuatan otot Anda bisa melakukan gerakan ini di depan cermin
2. Gerakan Pohon
Gerakan ini sedikit sulit karena memerlukan kontrol keseimbangan. Mulailah dari berdiri tegap lurus dan perlahan geser kaki kiri menempel ke betis kaki kanan. Posisi tangan seperti berdoa dan tempatkan di depan dada. Sementara itu regangkan jari-jari tangan dan kaki.
Seimbangkan posisi tubuh dan aturlah nafas dengan baik. Setelah beberapa kali tarikan nafas, lakukan gerakan yang sama dengan tumpuan kaki yang berbeda.
3. Squat
Pose ini untuk melatih oto paha. Gerakan awal dimuali dari berdiri tegak lurus. Kemudian secara perlahan bergeraklah seolah akan duduk di kursi. Tahan posisi tersebut sambil mensejajarkan kedua tangan ke depan. Jaga keseimbangan dan kembali ke posisi awal setelah beberapa kali tarikan nafas.
4. Downward Dog
Pose ini berguna meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan menjaga kesehatan tulang. Mulailah dari posisi berlutut dan menempelkan telapak tangan ke lantai. Renggangkan jari-jari dan angkat bagian tengah tubuh lebih tinggi. Luruskan lutut dan tanagn sehingga membentuk sudut siku. Tahan pose ini untuk beberapa tarikan nafas.
5. Plank
Posisi ini juga untuk meningkatkan kekuatan yang biasanya terus menurusn seiring usia yang bertambah. Tumpukan berat pada tangan dan lutut. lalu luruskan tangan di bawah bahu. Untuk gerakan pertama lutut masih ditekuk dan menempel ke lantai. Gerakan kedua angkat lutut hingga lurus dengan tubuh.
6. Duduk Memutar
Pose ini bisa merenggangkan otot yang ketat. Awali dengan duduk bersila dan punggung tegak. Ambil satu tarikan nafas kemudian bergeraklah memutar tubuh ke kanan dengan lembut. Begitu juga degan arah hadap kepala. Ketika bergerak letakkan tangan kiri di lutut kanan. Sementara tangan kanan di belakang tubuh.
Kembalilah perlahanke posisi awal untuk mengambil nafas kembali. Kemudian ulangi ke arah sebaliknya. Lakukan beberapa kali hingga otot kembali relaks.
[Writer]
4