Gula dan karbohidrat adalah makanan pantangan bagi penderita diabetes. Penderita biasanya disarankan untuk mengontrol diri mengkonsumsi keduanya. Hal ini penting dilakukan karena belum ada obat penyakit diabetes. Dokter ahli hanya bisa membantu mengontrol kadar gula berlebih di dalam tubuh. Caranya lewat pola makan, kebiasaan dan pemeriksaan intensif.
Terkait pola makan, penderita diabetes harus paham betul apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Namun kendala terberat yang sering dialami ialah ketika harus mengontrol karbohidrat. Terlebih untuk orang Indonesia yang terbiasa mengkonsumsi nasi untuk penambah energi. Jika kekurangan karbohidrat tentu tubuh jadi lemas dan mudah lapar. Sementara penderita diabetes juga banyak yang memiliki aktivitas padat sehari-hari.
Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu tahu terlebih dahulu tentang jenis karbohidrat. Yang perlu dihindari penderita diabetes ialah karbohidrat sederhana. Contohnya nasi dan roti. Tapi kamu juga bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang kaya serat, mengenyangkan dan baik diserap tubuh.
Karbohidrat kompleks cenderung menghambat pelepasan gula ke aliran darah. Jadi tidak akan terjadi lonjakan kadar gula yang cepat dan tiba-tiba. Nah, karbohidrat kompleks itu ada pada makanan sehat seperti di bawah ini:
Nasi Merah
Makanan karbo ini sangat baik untuk penderita diabetes dan paling populer. Nasi dari beras merah kaya karbohidrat kompleks dan serat yang berguna menjaga gula darah tetap stabil. Selain itu, nasi merah juga mengandung protein tinggi dan vitamin B.
Beras Hitam
Mungkin varian beras ini sedikit asing di telinga masyarakat umum. Tapi makanan karbo ini bisa jadi alternatif pilihan untuk menambah energi. Rasa dari beras hitam sama dengan beras putih biasa. Perbedaannya adalah pada proses pengolahannya.
Beras putih butuh proses yang panjang dan berkali-kali saat digiling. Sehingga banyak nutrisi dalam beras yang berkurang. Sementara beras hitam tidak perlu digiling berkali-kali. Kandungan nutrisi masih tinggi dan bisa menjaga gula darah tetap stabil.
Beras hitam beda dengan ketan hitam. Ketan hitam itu lengket setelah dimasak. Sedangkan beras hitam tidak dan bentuk serta rasanya seperti nasi biasa.
Beras Coklat
Satu lagi varian beras yang bisa dijadikan pengganti nasi putih. Tapi jenis beras ini memang ada dan sama dengan beras hitam atau putih. Bedanya hanya pada warna dan kandungan gizi. Selain itu beras coklat juga tidak melalui proses penggilingan. Sejumlah masyarakat menyebutnya dengan beras pecah kulit karena berwarna coklat.
Kandungan nutrisi beras coklat sangat tinggi dan kompleks. Kamu yang mengkonsumsi beras ini akan menghasilkan energi cukup dan menghambat lonjakan gula darah.
Gandum dan Olahannya
Selain beras, gandum adalah makanan karbo yang baik untuk penderita diabetes. Orang Indonesia mungkin kurang cocok mengkonsumsi makanan ini karena rasanya yang hambar. Namun untuk kesehatan dan pengganti nasi, kamu perlu mencoba karbohidrat kompleks dari gandum.
Gandum juga kaya serat dan protein nabati. Protein tersebut bisa jadi pengganti protein hewani yang sedikit berisiko kurang sehat. Seperti kita tahu, protein hewani biasanya mengandung lemak berlebih yang buruk buat kesehatan. Lemak berlebih bisa merusak keseimbangan hormon dan memperburuk kondisi penderita diabetes.
Kamu bisa membiasakan diri mengkonsumsi roti gandum atau olahan lainnya berbahan dasar gandum. Jangan khawatir soal rasa, karena gandum bisa dikombinasikan dengan makanan sehat lain untuk menu sehari-hari.
Jika ingin varian lain untuk makanan karbo juga bisa mencoba oatmeal. Makanan ini juga terkenal akan karbohidrat kompleks, serat dan protein tinggi. Jadi, tidak ada alasan sulitnya mengontrol karbohidrat. Banyak makanan alternatif yang tak kalah lezat, mengenyangkan dan bergizi.
[Writer]
4