Manfaat Jahe untuk Program Diet

Selama ini, mungkin kita hanya mengenal jahe sebagai rempah-rempah atau digunakan sebagai penyedap masakan. Selain itu, jahe juga bisa bermanfat sebagai tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala penyakit tertentu misalnya seperti batuk dan pilek, karena fungsinya sebagai ekspektoran alami. Satu lagi fungsi jahe yang sering kita jumpai, yaitu sebagai penghangat badan yang alami. Masyarakat biasa mengolah jahe dalam bentuk minuman hangat atau wedang untuk dinikmati ketika udara sedang dingin.
source: http://www.healthrecoverytips.com/health-benefits-ginger-men-women-weight-loss/
Namun tahukah kamu bahwa jahe juga dapat digunakan sebagai bahan makanan sehat untuk dietmu? Untuk kamu yang sedang melakukan diet, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi jahe. Sebagai bahan makanan sehat yang dapat dimanfaatkan untuk program diet, jahe memiliki 2 manfaat sebagai berikut:
1. Melancarkan Pencernaan
Salah satu penyebab perut buncit adalah karena sistem pencernaan yang tidak sehat. Jahe mengandung serat sehingga dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat dapat menjadikan perutmu bebas buncit karena sisa-sisa pencernaan yang menumpuk akan segera dikeluarkan melalui usus besar. Ketika perutmu bersih, maka ia akan kembali ke ukuran normal serta berat badan akan terjaga.
source: http://diet.lovetoknow.com/wiki/Garcinia_Cambogia_Appetite_Suppressant
Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan laju metabolisme sehingga mampu membantu membakar lemak yang tersimpan di tubuh. Inilah mengapa setiap meminum ramuan atau wedang jahe, tubuh akan merasa hangat dan bahkan berkeringat karena telah terjadi proses pembakaran lemak.
2. Menunda Rasa Lapar
Mungkin manfaat yang satu ini masih belum banyak yang mengetahuinya. Jahe dapat menunda rasa lapar karena dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga akan menghindarkanmu dari mengonsumsi makanan secara terus-menerus. Walaupun berfungsi sebagai penekan nafsu makan, jahe tetap aman dikonsumsi tanpa ada efek samping. Namun dengan catatan, gunakan sewajarnya, ya. Kandungan kalori pada jahe hampir tidak ada, sehingga sangat cocok sekali untuk kamu yang sedang melaksanakan program diet.
source: http://greencoffeeextract.co.uk/safety-with-appetite-suppressants-has-to-be-understood/

Cara Memanfaatkan Jahe

Guna mendapatkan manfaat jahe untuk program dietmu, kamu bisa mengonsumsi jahe melalui beberapa cara, yaitu sebagai berikut:

1. Ramuan atau Wedang Jahe
Cara yang satu ini lumayan sederhana. Kupas jahe lalu cuti bersih. Iris sebagian lalu digeprek hingga gepeng. Masukkan ke dalam cangkir dan seduh dengan air panas. Aduk hingga rata. Jika kamu suka yang agak manis, tambahkan sedikit gula namun jangan terlalu banyak karena akan dapat merusak program dietmu. Wedang jahe siap dinikmati.
source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141125153012-262-13743/manfaat-wedang-jahe-tak-sekadar-penghangat-tubuh/
2. Campurkan Dengan Teh
Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya, seduh teh terlebih dahulu, lalu masukkan beberapa potongan jahe yang telah digeprek. Lalu aduk hingga merata. Teh jahe siap dinikmati. Kamu juga bisa mendapatkan teh jahe dalam bentuk instan yang dijual di toko-toko terdekat. Namun jika dapat membuatnya secara alami, akan lebih sehat dan aman.
3. Larutan Jahe dan Lemon
Lemon mampu berfungsi sebagai detoks alami bagi tubuh. Campuran jahe dan air perasan jeruk lemon dapat kamu manfaatkan selain untuk meningkatkan laju metabolisme, juga berfungsi ganda untuk membuang racun pada tubuhmu. Minuman ini cocok diminum di pagi hari. Karena lemon bersifat asam, kombinasi minuman ini kurang cocok untuk kamu yang memiliki masalah perut seperti sakit maag.
source: http://www.situspanda.com/tips/cara-mengecilkan-perut-agar-tidak-buncit-dengan-ramuan-minuman-segar
4. Salad dressing Jika kamu biasa mengonsumsi salad, buatlah salad dressing sendiri dengan mencampurkan kecap, jahe, minyak zaitun, dan bawang.
5. Lain-lain
Kamu bisa mengonsumsi kue jahe atau membuatnya sendiri di rumah dengan melihat berbagai macam resep yang tersedia di internet. Dengan mengonsumsi kue jahe sebagai camilan sehatmu, kamu bisa kenyang lebih lama. Namun ingat, jangan mengonsumsi kue jahe yang terlalu manis, ya.
source: https://dobetter.wordpress.com/2009/11/23/gingerbread-skillet-cake/
Selamat mencoba!