Bagian tubuh wanita yang rawan menjadi tempat penumpukan lemak tubuh salah satunya adalah perut. Tak jarang, meskipun saat seorang wanita melakukan diet ketat pun, ketika lengah sedikit saja maka lemak yang ada di tubuh akan mulai menumpuk, salah satunya di perut. Untuk mengatasinya, perlu melakukan olahraga yang mampu membakar lemak di perut. Namun, tak harus olahraga berat, mengecilkan perut yang buncit juga dapat dilakukan melalui senam kebugaran.
source: http://www.prevention.com/fitness/pilates-workout-6-moves-flat-belly
Saat ini banyak sekali sanggar senam kebugaran yang dapat kamu kunjungi untuk mewujudkan perut yang rata. Selain itu, jika kamu tidak memiliki cukup waktu, kamu juga bisa melakan gerakan senam kebugaran sendiri di rumah. Salah satunya yang cukup dikenal saat ini adalah senam Pilates. Pilates merupakan cabang senam kebugaran yang memerlukan konsentrasi tinggi ketika melakukan gerakan-gerakan. Metode senam kebugaran ini pertama kali dikembangkan oleh seorang fisikawan asal Jerman, Joseph Pilates pada awal abad ke 20. Gerakan-gerakan pada pilates ada yang berupa mat-based, yaitu tanpa memerlukan alat karena hanya cukup dilakukan di atas lantai, dan equipment-based yang mengharuskanmu menggunakan peralatan senam tertentu agar mencapai hasil yang maksimal. Berikut beberapa gerakan mat-based Pilates yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan perut yang rata.

1. Leg circle

Yang pertama dari gerakan Pilates untuk mengecilkan perut adalah leg circle. Gerakan ini cukup sederhana untuk dilakukan. Pertama-tama, berbaringlah telentang di atas matras dengan posisi tangan lurus dengan tubuh. Angkat kaki kiri secara lurus hingga membentuk sudut 90 derajat dengan pangkal paha. Kaki kanan tetap lurus di lantai. Jika kamu merasa kesulitan dengan posisi ini, kamu bisa menekuk kaki kananmu, namun telapak kaki harus lurus menghadap ke lantai.
source: http://news.health.com/2014/05/01/7-pilates-moves-for-a-beach-body/
Masih dalam posisi terangkat, gerakan kaki kiri memutar searah jarum jam sebanyak 6 kali. Lalu ulangi gerakan yang sama dengan arah yang berlawanan sebanyak 6 kali juga. Jangan sampai tubuhmu ikut bergoyang. Usahakan agar bagian tubuh lainnya tetap diam dengan menggunakan perut sebagai tumpuan. Jika sudah, lakukan sekali lagi pada sisi yang berlawanan (kaki kanan).

2. Back Extension With Rotation

Gerakan ini cukup sulit. Ambil posisi tengkurap dengan dahi menghadap ke punggung tangan. Telapak tangan menghadap ke lantai. Masih dalam keadaan lurus, buka kaki selebar bahu. Angkat kepala, bahu, dan dada. Putar bagian atas tubuh ke arah samping lalu kembali lagi ke tengah. Putar ke arah yang lain dan kembali lagi ke tengah. Lakukan masing-masing sebanyak 6 gerakan rotasi.
source: http://www.pilatestv.com.au/home.php?section_a=all_about_pilates&section_b=pilates_poses_and_sequences&section_c=pose_19

3. Toe Dip

Berbaring di atas matras dengan posisi kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Tangan lurus di samping badan. Turunkan kaki kiri namun jangan sampai menyentuh lantai, dengan posisi telapak kaki lurus menghadap ke lantai. Lakukan gerakan tersebut dalam dua hitungan sambil menarik nafas. Hembuskan napas. Angkat kembali ke posisi semula dalam dua hitungan sambil menarik napas. Hembuskan napas. Lakukan gerakan yang sama pada sisi yang satunya hingaa 12 kali.
source: http://www.prevention.com/fitness/strength-training/ab-workouts-targeted-toning-ab-exercises-flat-belly

4. Side Bend

Gerakan yang terakhir ini relatif mudah. Duduklah di atas paha kiri dengan kaki kiri ditekuk ke arah dalam. Gunakan tangan kiri sebagai tumpuan dan dalam posisi lurus. Tekuk kaki sebelah kanan ke arah atas dan telapak kaki tetap lurus menghadap ke lantai sehingga posisi lututmu menghadap ke arah atas. Bentangkan tangan kananmu lurus di atas lutut kaki kanan. Tarik perutmu ke dalam dengan bertumpu pada tangan kiri dan angkat paha kirimu. Luruskan kaki kananmu dan bentangkan tangan kananmu ke atas kepala. Tahan selama 20 detik. Ulangi gerakan pada sisi yang lainnya.
source: http://www.centraldopilates.com.br/chega-de-desculpas-5-exercicios-de-pilates-para-fazer-em-casa/