Sinar ultraviolet matahari dapat merusak jaringan kulit manusia. Oleh sebab itu, jika kulit kita terlalu sering terpapar sinar matahari, maka dapat timbul bintik-bintik kecoklatan atau flek hitam. Flek hitam ini disebabkan oleh adanya pembentukan melanin pada kulit karena terpapar sinar matahari. Adapun pembentukan melanin tersebut merupakan proses reaksi tubuh untuk melindungi jaringan kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan kulit.
source: http://www.parkwayhealth.cn/newsletter/1305/watch-out-for-heatstroke.php
Untuk melindungi kulitmu dari pengaruh buruk sinar ultraviolet matahari, kamu bisa menggunakan tabir surya yang sudah banyak dijual di pasaran. Kandungan SPF pada tiap tabir surya juga berbeda-beda, mulai dari SPF 15 hingga SPF 50. Semakin besar nilai SPF nya maka semakin lama pula tabir surya tersebut mampu melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari.
Produk tabir surya yang dijual di pasaran ada yang yang dari produsen lokal dan ada yang merek luar. Produk-produk tabir surya berikut ini dijamin Animal Cruelty Free, lho. Jadi untuk kamu yang lebih suka kosmetik Animel Cruelty Free tidak perlu khawatir memilih tabir surya, karena kamu bisa mencoba beberapa tabir surya berikut.

1. Wardah Sunscreen Gel

Yang pertama adalah tabir surya merek lokal. Pasti sudah tahu merek yang satu ini, bukan? Produk lokal ini sudah jelas terjamin kehalalannya karena free animal tested. Wardah Sunscreen Gel mengandung ekstrak lidah buaya yang mampu melembabkan kulit dan juga vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Wardah Sunscreen Gel dilengkapi dengan SPF 30 yang mampu melindungi kulitmu dari pengaruh buruk sinar matahari, yaitu sinar UVA dan sinar UVB.
source: http://www.wardahbeauty.com/en/products/sunscreen-gel/show
Walaupun namanya gel, namun tekstur Wardah Sunscreen Gel agak creamy dan sedikit encer dengan warnanya yang putih. Wardah Sunscreen Gel mampu terserap dengan baik di kulitmu dan melembapkannya. Wardah Sunscreen Gel bersifat non-commedogenic atau tidak menimbulkan komedo. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, ya. Karena merek lokal, harganya cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar 30.000 rupiah untuk kemasan 20ml.

2. The Body Shop Vitamin E Spf15 Moisture Lotion

Merek skincare dari Eropa yang satu ini pasti sudah dikenal oleh pecinta skincare di Indonesia. Gerainya pun sudah banyak tersedia di mall-mall terdekat. Walaupun harganya relatif lebih mahal dari merek lokal, namun The Body Shop adalah salah satu produsen skincare luar negeri yang Animal Cruelty Free. Vitamin E Spf15 Moisture Lotion tak hanya mampu melembabkan kulitmu, namun kandungan SPF 15 nya mampu melindungi kulitmu dari dampak buruk pengaruh sinar ultraviolet matahari, yaitu sinar UVA dan juga sinar UVB.
source: http://www.thebodyshop.co.uk/shop-by-range/vitamin-e/vitamin-e-spf15-moisture-lotion.aspx
Teksturnya ringan dan mudah diserap kulit sehingga kulitmu akan tetap lembut dan juga terlindungi dari matahari. Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan tabir surya sebelumnya, yaitu sekitar 200.000 rupiah untuk kemasan 50ml.

3. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++

Wah, pasti sudah akrab dengan merek dari Jepang yang satu ini, bukan? Tak hanya sabun mandi, ternyata Biore juga mengeluarkan produk tabir surya. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++ dilengkapi dengan SPF 50 dan juga PA+++ yang mampu melindungi kulit tak hanya dari sinar UVB, namun juga UVA. Memiliki kandungan Aqua Micro Capsule yang mampu memberikan sensasi dingin pada kulitmu. Teksturnya ringan hampir menyerupai air sehingga mampu menyerap secara merata di kulitmu serta tidak lengket di kulit. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++ juga mengandung Hyaluronic Acid & Citrus Essence yang mampu menjaga kelembaban kulitmu.
source: http://www.indonesiabiore.com/women/product/facial-uv-care
Karena produk ini sifatnya water-based, jadi aman untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Harga yang dibanderol sekitar 80.000-100.000 rupiah untuk ukuran 50gr.