Masalah kulit kering atau disebut juga xerosis sebagian besar disebabkan oleh lingkungan. Namun, kulit kering juga bisa menjadi tanda dari jenis penyakit tertentu, lho. Nah, berikut ini adalah 5 penyebab kulit kering yang perlu kamu tahu:
Cuaca Dingin
Pada umumnya kulit akan menjadi kering saat udara dingin. Hal ini terjadi lantaran suhu dan tingkat kelembaban lingkungan menurun. Namun demikian, jika kamu tinggal di daerah kering dengan suhu tinggi, kamu juga masih bisa berisiko menderita kulit kering, lho. Hal ini disebabkan oleh kelembaban yang rendah.
Solusi mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memiliki humidifier untuk menjaga kelembaban di rumah. Humidfier dapat menjaga kelembaban sekitar 45%-55% dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Selain itu, kamu juga harus memilih pakaian yang menutupi bagian kulit yang terpapar udara dingin. Jangan lupa kenakan pelembab pada kulit wajah dan gunakan lip balm untuk mencegah bibir kering.
Mandi Air Panas
Mandi dan berendam di dalam air panas memang dapat menenangkan tubuh. Sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan ringan. Namun, kenikmatan tersebut nyatanya tidak berlaku untuk kulit kamu. Terlalu lama berendam atau mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya kegiatan mandi air panas dapat mengeringkan sebum atau minyak alami pada kulit lebih cepat.
Kalau kamu memang ingin sedikit relaksasi dengan mandi air panas, maka pastikan air mandi tidak terlalu panas. Atur waktu selama 5-10 menit saja untuk tetap menjaga kelembapan kulit. Setelah masuk kamar mandi segera bersihkan tubuh dan saat selesai tidak perlu menggosokkan handuk terlalu berlebihan.
Sabun Keras & Deterjen
Beberapa produk sabun keras dan deterjen ternyata dapat mengikis kelembaban kulit. Salah satu contohnya yaitu sabun antibakteri yang diyakini memiliki dampak merusak paling parah. Terlalu sering menggunakan sabun pun akan melunturkan kelembaban alami kulit kamu.
Solusinya adalah dengan memilih sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit kering. Pilihlah sabun yang bebas pewangi tambahan dan tidak membuat kulit kering. Kamu bisa memilih sabun cair maupun sabun batangan, hanya ingat untuk pilih yang lembab di kulit.
Paparan Sinar Matahari
Penyebab kulit kering berikutnya yaitu paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet atau radiasi sinar UV dapat menembus lapisan kulit atas. Akibatnya, paparan sinar matahari tersebut dapat merusak kulit dan membuatnya kering. Paparan sinar matahari ini pun bisa jadi salah satu penyebab munculnya garis halus, kerutan, dan kulit kendur.
Kalau kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, gunakan selalu sunscreen untuk menjaga kulit dari sinar matahari lansung. Gunakan pula pakaian yang bisa melindungi kulit terutama dengan warna-warna cerah agar tidak menyarp sinar matahari. Sinar matahari yang berdampak buruk pada kulit adalah pada pukul 10 pagi sampai 3 sore. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sinar matahari pada jam-jam tersebut.
Kondisi Kulit Lainnya
Kulit kering tak hanya dipengaruhi oleh lingkunga, namun juga bisa dipengaruhi oleh kesehatan kulit. Salah satunya adalah dermatitis atopik atau yang lebih dikenal sebagai eksim. Kondisi kulit ini ditandai dengan kulit kering dan terasa kasar. Adanya sel kulit mati yang menumpuk dan berbentuk seperti sisik tebal atau psoriasis juga berisiko pada kulit kering.
[Writer] 002