Produk skincare sekarang ini menjadi benda yang wajib kamu bawa kemana pun, tidak terkecuali saat traveling menikmati musim panas. Tidak sedikit wanita yang mengeluhan warna kulit yang jadi gelap atau menjadi kering setelah menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari. Namun, apalah artinya liburan musim panas tanpa bermain di pantai dan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari? Nah, berikut ini tips agar kulit kamu tetap cerah meski banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari:
Rawat Kulitmu Sebelum Berlibur
Beberapa hari sebelum pergi berlibur, pastikan menghindari produk kecantikan yang membuat kulit kering dan cenderung sensitif terhadap sinar matahari, misalnya retinoid. Sebelum pergi, jangan lupa aplikasikan pelembab yang cukup pada bagian wajah. Kalau kamu pergi berlibur naik pesawat, gunakan pelembab lebih tebal untuk bantu menjaga kelembaban kulit. Perlu kamu ketahui, bahwa di pesawat kulit dapat terkena efek dehidrasi dari tekanan kabin pesawat.
Jangan Tinggalkan Produk Skincare di Rumah
Sebelum berlibur, selain menyiapkan pakaian dan makeup, produk skincare nggak boleh kamu tinggalkan. Ingat selalu untuk membawa sunscreen, pembersih wajah, body lotion, lips balm, exofiliant, obat tetes mata, dan lainnya. Saat berada di luar ruangan atau terpapar matahari, pastikan untuk memoles sunscreen di seluruh permukaan kulit yang terpapar sinar matahari.
Jangan Terburu-buru Menuju Pantai
Hal paling menarik setibanya di destinasi wisata adalah melompat dan berenang di pantai. Namun, tunggu dulu. Jangan terburu-buru menuju ke pantai. Karena perjalanan panjang dapat membuat kulit kering, sehingga lebih berisiko pada paparan sinar matahari. Untuk itu, luangkan waktu sejenak sebelum keluar bermain di pantai. Pastikan pula kamu sudah mengaplikasikan tabir surya dengan whitening pada kulit.
Poles Sedikit Makeup
Saat berlibur, tatanan makeup minimalis adalah yang terbaik. Dengan riasan minimalis wajah kamu akan terlihat lebih alami dan santai, jadi hindari makeup berlebihan. Jika kamu menggunakan kacamata hitam UV, tetap lapisi kulit di sekitar area mata dengan tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau yang lebih tinggi.
Minum Banyak Air
Jangan lupa membawa bekal banyak air minum. Karena saat berlibur Anda juga perlu minum banyak air. Baik waktu duduk santai di tepi pantai, kolam renang, atau lainnya. Pelembab dan produk skincare yang Anda oleskan merupakan perlindungan kulit dari luar. Sementara air minum membantu melembabkan kulit dari dalam agar Anda terhindar dari dehidrasi dan kulit kering.
Memoles Ulang Sunscreen
Meskipun sebelumnya kamu sudah memoles sunscreen, krim mata, dan lainnya sebelum keluar ruangan, ingat selalu untuk memoles ulang. Alasannya karena sunscreen yang sudah kamu gunakan sebelumnya tidak bisa bertahan seharian. Oleh karena itu, pastikan selalu membawa sunsreen di dalam tas. Aplikasikan sunscreen berulang paling tidak setiap 2 jam sekali.
Perawatan Kulit Harian
Walau sedang berlibur pastikan kamu tidak melewatkan perawatan kulit harian, baik treatment whitening atau perawatan lainnya. Meski tengah berlibur, perawatan kulit adalah harus dan tidak ada hari libur untuk menjaga kesehatannya. Ini juga akan membuat wajahmu bebas dari komedo dan jerawat yang menyerang usai liburan berakhir.
[Writer] 002