Pembersihan kulit dengan chemical peel merupakan salah satu metode perawatan yang populer untuk mencerahkan kulit secara signifikan dalam waktu yang singkat. Perawatan ini menggunakan larutan kimia seperti asam glikolat, asam salisila atau TCA (asam trikloroasetat) untuk menghilangkan lapisan kulit yang telah rusak, pigmentasi kulit mati untuk mencerahkan, dan kulit sehat dari dalam.
source: http://www.charmedmedispa.com/which-chemical-peel-is-right-for-you/
Jenis dan konsentrasi asam yang digunakan menentukan seberapa banyak lapisan kulit dan seberapa lama akan menembus kulit untuk penyembuhan. Beberapa peeling dapat dilakukan sendiri di rumah, namun yang paling baik adalah dilakukan oleh tenaga ahli spa atau dermatologist. Pembersihan kulit dengan chemical peel tidak terbatas hanya pada area muka, tetapi dapat dilakukan di bagian lainnya seperi tangan, kaki, atau leher.

Manfaat Chemical Peel Berdasarkan Jenisnya

Metode chemical peel dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit. Terdapat beberapa jenis chemical peel yang digunakan, tergantung dari permasalah kulit yang diderita. Berikut 3 jenis chemical peel jika dilihat dari tingkat kedalamannya.
1. Light Chemical Peel
Jenis yang paling ringan yang berfungsi untuk menghilangkan lapisan kulit luar (epidermis). Light Chemical Peel dapat digunakan untuk mengatasi kerutan, jerawat, warna kulit yang tidak merata, bahkan kulit kering. Jenis perawatan ini dapat dilakukan selama seminggu sekali selama enam minggu, tergantung pada hasil yang diinginkan.
2. Medium Chemical Peel
Chemical peel jenis ini berfungsi untu menghilangkan sel-sel kulit dari epidermis dan sebagian dari bagian atas lapisan kulit tengah (dermis). Medium Chemical Peel dapat mengatasi kerutan, bekas jerawat dan warna kulit yang tidak merata. Disaranakan untuk melakukan perawatan ini kembali setelah 12 bulan agar dapat mempertahankan hasil.
3. Deep Chemical Peel
Deep chemical peel menghilangkan sel kulit dari epidermis dan bagian pertengahan hingga lapisan paling bawah dermis. Dokter akan menyarankan untuk melakukan deep chemical peel jika kamu memiliki kerutan atau bekas luka yang mendalam.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Menjalani Chemical Peeling

Ada beberapa chemical peeling atau skin lightening kit yang dapat digunakan di rumah. Paket perawatan ini biasanya hanya menembus lapisan kulit bagian atas. Oleh karena itu, jika kamu memerlukan penetrasi lebih dalam dan hasil yang lebih cepat, lebih baik kunjugi spa atau klinik kecantikan terdekat.
source: http://sonalparlour.com/chemical-peeling/
Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mencoba menjalani metode perawatan kulit wajah dengan chemical peel:
Pilihlah Tempat yang Terpercaya
Sebaiknya, pilihlah spa atau klinik kecantikan yang memang sudah berpengalaman dengan metode chemical peeling. Setelah itu, konsultasikanlah kepada tenaga ahli atau dermatologist tentang tingkat pencerahan kulit yang kamu inginkan. Dermatologist juga akan menentukan apakah kamu dapat melakukan perawatan berupa chemical peeling untuk mencerahkan kulit.
Tentukan Jenis Chemical Peel
Diskusikan berbagai jenis peeling dengan tenaga ahli atau dermatologist. Light Peel biasanya sesuai untuk semua jenis kulit, dan bekerja pada lapisan kulit bagian atas. Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa Light Peel. Medium Peel untuk menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, dan hal ini dapat menyebabkan second-degree burn (luka bakar tingkat dua). Jenis perawatan dengan penetrasi terdalam adalah Deep Peel, yang bekerja pada beberapa lapisan kulit dan juga menyebabkan second-degree burn. Masa penyembuhan untuk Deep Peel biasanya berlangsung hingga dua minggu. Ahli kulit atau dermatologist dapat menentukan jenis peeling apa yang paling sesuai dengan keinginan kamu untuk memutihkan kulit.
Persiapan Sebelum Chemical Peel
Sebelum melakukan chemical peel, biasanya pasien disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari. Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari dan selalu aplikasikan tabir surya dengan SPF yang cukup. Hindari penggunaan self-tanning lotion beberapa minggu sebelum perawatan, bleaching atau waxing di area yang akan diberikan perawatan chemical peel. Disarankan juga untuk menghindari facial scrub seminggu sebelum dilakukan treatment.
Efek Samping Setelah Perawatan
Selama melakukan perawatan, kamu mungkin akan merasakan sensasi terbakar di area wajah. Dokter mungkin akan menyediakan kipas angin untuk mendinginkan sensasi terbakar tersebut. Beberapa hari setelah menjalani treatment, kulit kamu mungkin akan mengalami kemerahan. Kamu mungkin akan mengalami pembengkakan atau pengelupasan.
Perawatan Selama Masa Penyembuhan
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menjalani chemical peel. Dokter biasanya menyarankan untuk menghindari penggunaan masker atau scrub selama beberapa minggu. Beberapa dermatologist juga menyarankan untuk melakukan kunjungan kembali untuk memantau kondisi kulit. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari. Selalu gunakan perlindungan untuk kulit wajah dengan penggunaan tabir surya dengan SPF yang cukup.
Selamat mencoba chemical peeling treatment, ya!