Untuk tampil cantik, sebagian besar wanita menggunakan produk perawatan kulit atau skin care. Produk skin care ini sangat bermacam-macam karena selain banyak jenisnya. Setiap produsen produk skin care menawarkan keunggulan yang berbeda-beda dari produknya. Alhasil, tak sedikit wanita yang tergoda untuk membeli produk skin care baru dengan iming-iming ini dan itu.

Semakin mahal produk skin care, bukan patokan bahwa itu semakin baik untuk kulitmu, lho. Jika salah dalam memilih produk skin care, bukan kulit yang cantik yang akan kamu dapatkan, namun justru masalah kulit yang lainnya.0

Selain itu, Wardah menjadi salah satu skincare populer. Namun, mungkin tak semua wanita cocok menggunakannya. Berikut 5 tanda tanda tidak cocok menggunakan wardah


 

1. Gatal-Gatal di Permukaan Kulit

 Tanda tanda tidak cocok menggunakan Wardah pertama yaitu kamu harus berhenti menggunakan produk skin care ketika permukaan kulitmu terasa gatal. Misalnya ketika kamu mencoba menggunakan krim baru untuk lehermu, namun beberapa lama setelah kamu mengoleskan krim tersebut lehermu merasa sedikit gatal.

Jika sudah begini, kamu sebaiknya menghentikan pemakaian produk tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kandungan yang tidak bersahabat untuk kondisi kulitmu sehingga memunculkan reaksi alergi berupa gatal di kulit.
source: http://www.kesekolah.com


 

<baca juga>

2. Timbul Jerawat

Pernahkah kamu mencoba produk skin care untuk wajah namun justru kamu mendapati munculnya beberapa jerawat di wajah yang sebelumnya normal? Ini juga bisa menjadi indikasi bahwa kondisi kulit kamu tidak cocok dengan produk skincare tersebut. Adanya ketidakcocokan terhadap produk skin care bisa diakibatkan karena kandungan bahan yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulitmu.
source: http://www.penyebabjerawat.com/
Hal ini juga sering dialami oleh mereka yang memiliki wajah berjerawat dan ingin mengatasinya dengan produk skin care tertentu, namun yang timbul justru jerawat yang lebih banyak. Misalnya saja ketika kamu salah menggunakan cleanser yang oil-based untuk wajah berjerawatmu, yang mana seharusnya kamu memilih yang water-based.

 

3. Timbul Kemerahan pada Kulit

Reaksi lain yang timbul bisa berupa kemerah-merahan pada kulit. Jika dibiarkan terus-menerus, biasanya reaksi kemerahan ini juga disertai dengan rasa gatal sehingga ketika digaruk, justru akan menimbulkan iritasi kulit.

Jadi, segera hentikan pemakaian produk skin care jika kulitmu mulai timbul kemerah-merahan sebelum menjadi gatal. Biasanya ini disebabkan oleh produk lotion yang tidak cocok dengan kulit yang sensitif. Selain itu, reaksi ini juga bisa disebabkan oleh produk kosmetik yang mengandung pewangi berlebih.
source: http://skin.co.id/fakta-tentang-kemerahan-di-kulit/


 

<baca juga>

4. Kulit Menjadi Kering dan Kusam

Beberapa produk skincare seperti body lotion menawarkan manfaat seperti melembapkan kulit. Namun tak jarang, kulit justru menjadi kering dan kusam setelah memakai produk ini. Tak hanya body lotion, produk yang rawan membuat kulit menjadi kering dan kusam adalah sabun mandi.
source: http://www.cantikalamiku.com
Sabun mandi yang mengandung sodium hidroksida dapat menghilangkan kelembapan alami kulitmu sehingga akan membuat kulitmu menjadi kering dan kusam. Jadi, segera hentikan pemakaian sabun atau lotion yang justru mampu menghilangkan kelembapan kulitmu.

 

5. Kulit Menjadi Lebih Sensitif

Kulit dapat menjadi lebih sensitif dari sebelumnya setelah pemakaian produk skin care tertentu. Misalnya, jika biasanya dapat bertahan beberapa menit di bawah sinar matahari tanpa timbul gejala yang berarti, setelah memakai produk skin care tertentu kulit menjadi lebih sensitif seketika terkena paparan sinar matahari.

Ini menunjukkan bahwa kamu sebaiknya menghentikan penggunaan produk tersebut untuk sementara waktu. Biasanya, produk yang membuat kulit menjadi sensitif adalah produk yang mengandung retinoid acid.
source: http://www.smh.com.au
Itulah tadi beberapa tanda atau gejala yang ditimbulkan jika kamu tidak cocok dengan produk skin care tertentu. Jika salah satu tanda muncul, maka segera hentikan pemakaian sebelum berubah menjadi masalah yang serius.

Segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik jika keadaan kulit yang ditimbulkan sudah semakin parah. Semoga bermanfaat, ya!