1. Selalu Gunakan Sunscreen

Kulit di sekitar daerah mata lebih tipis dibandingkan kulit bagian tubuh lainnya sehingga lebih besar resikonya mengalami hiperpigmentasi dan kanker kulit. Pastikan sunscreen yang kamu gunakan tidak sampai masuk ke mata agar tidak iritasi. Memakai sunscreen secara teratur dapat menjadi langkah pencegahan agar lingkaran hitam di bawah matamu tidak semakin bertambah.

2. Memakai Retinoid

Retinoid adalah vitamin A derivatif yang dapat menyamarkan garis-garis halus dan meningkatkan produksi kolagen agar kulit terlihat lebih cerah. Minasan bisa menggunakan eyecream yang mengandung retinoid untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Tapi jangan terlalu berlebihan saat memakainya, ya. Pemakaian retinoid secara berlebihan bisa membuat kulit di sekitar mata menjadi iritasi.
source: http://www.twotwentyone.net/im-lovin/

3. Pilih Makeup Remover Dengan Cermat

Saat menghapus makeup, biasanya orang-orang cenderung menggosok-gosok daerah mata secara berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan peradangan dan menyebabkan kerusakan pada jaringan kapiler yang juga berkontribusi menambah lingkaran hitam pada mata. Oleh karena itu pilihlah makeup remover dengan bahan yang lembut dan dapat meminimalisir usapan pada mata agar lingkaran hitam tak semakin parah.

4. Hindari Cuci Muka Dengan Air yang Terlalu Hangat

Mencuci muka dengan air yang terlalu hangat cenderung panas dapat memperburuk mata bengkak dan sembab. Selain itu juga dapat membuat lingkaran hitam semakin terlihat menonjol. Pastikan kamu mencuci muka dengan air hangat (gunakan ujung kuku untung mengukur kehangatannya) dan ditutup dengan air dingin.
source: http://www.popsugar.com/beauty/How-Choose-Face-Wash-29206394

5. Gunakan Produk Perawatan Dengan Kandungan Memutihkan

Arbutin, kojic acid, licorice, vitamin C dan ekstrak bunga daisy adalah bahan-bahan yang dapat mengganggu produksi melamin pada kulit, sehingga kulit tak semakin menghitam. Bahan-bahan ini juga tidak membuat kulit iritasi. Carilah produk perawatan kulit khususnya untuk wajah yang mengandung bahan-bahan ini untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

6. Suntik Hyaluronic Acid Filler

Cara ini mungkin merupakan cara paling instan untuk menghilangkan lingkaran hitam. Minasan mungkin familiar dengan suntik putih yang umumnya mengandung bahan-bahan seperti vitamin C dan hyaluronic acid filler. Minasan juga bisa menyuntikkan zat ini ke dalam kantung mata agar terlihat lebih tipis dan tidak menghitam. Namun sebaiknya konsultasi pada dokter kecantikan terlebih dulu sebelum mempraktekkan cara ini, ya.

7. Gunakan Concealer Padat yang Creamy

Menggunakan makeup juga bisa menjadi cara mudah untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, walaupun memang tidak menghilangkannya secara permanen. Tapi Minasan perlu memilih jenis concealer yang tepat agar dapat terlihat lebih muda dan bukan terlihat seperti orang yang kurang tidur. Concealer yang padat dengan formula yang tetap creamy dikatakan lebih baik karena coverage-nya lebih bagus dibandingkan yang cair dan tidak mudah luntur.

8. Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna concealer yang tepat juga penting untuk dapat mengurangi efek mata panda akibat lingkaran hitam. Pilihlah concealer dengan undertone warna peach untuk menetralisir warna biru samar pada lingkaran hitam. Hindari memakai concealer dengan warna kuning karena justru akan membuat daerah yang diolesi menjadi terlalu terang dan mencolok.
source: http://www.shemazing.net/our-pick-of-the-best-under-eye-concealers/

9. Pakai Concealer Secara Tipis-Tipis

Pakai concealer dengan membentuk titik-titik pada bagian bawah matamu dengan jari secara tipis-tipis. Mulailah dengan area yang paling gelap, dan ratakan hingga ke bagian luar agar nampak natural. Tapi jangan mengoleskan concealer lebih jauh dari batas kelopak mata bagian bawah karena beberapa wanita di usia 20-an juga memiliki garis-garis halus. Jika Minasan mengoleskan concealer pada bagian ini justru akan memperjelas garis-garis halus tersebut.

10. Jangan Sampai Ada yang Tertinggal

Oleskan juga concealer di bagian dalam ujung matamu (persis di sebelah lipatan mata), ratakan hingga ke samping hidung agar tidak ada bagian yang nampak hitam. Banyak wanita melewatkan bagian ini saat memakai makeup sehingga terlihat aneh karena kulit berwarna belang.
source: http://www.allure.com/skin-care/2014/how-to-get-rid-of-dark-circles-for-good#slide=13

11. Lakukan Preconcealing Sebelum Memakai Concealer

Jika mata kamu masih terlihat seperti orang yang begadang semalaman walaupun sudah memakai concealer, berarti perlu melakukan preconcealing. Oleskan cream base berwarna peach yang disebut corrector pada lingkaran hitam. Aplikasikan corrector dengan spons makeup yang sudah dibasahi untuk hasil yang halus. Kemudian baru gunakan concealer pilihanmu di atasnya.

12. Gunakan Penjepit Bulu Mata

Bulu mata yang lentik ke atas tidak akan menimbulkan bayangan di bawah mata yang membuat lingkaran hitam di bawah mata semakin menghitam. Usahakan untuk selalu menggulung bulu mata dengan penjepit bulu mata saat akan menggunakan makeup agar mata terlihat lebih indah, fresh, dan lebih cerah.

13. Pakai Underliner Berwarna Pucat

Ingin tips supaya perhatian tidak tertuju pada lingkaran hitam di bawah mata? Gunakan unedrliner berwarna pucat atau lebih terang dari kulitmu. Teknik ini juga bisa membuat keseluruhan matamu terlihat lebih cerah dan perhatian orang akan teralihkan dari lingkaran hitam.
source: http://www.arizonafoothillsmagazine.com/valleygirlblog/shopping/five-beauty-secrets-week/

14. Pilih Eye Shadow yang Tepat

Banyak teknik makeup yang bisa digunakan untuk mencerahkan daerah sekitar mata, salah satunya mengaplikasikan powder shadow dengan glitter yang berwarna nude. Pastikan warna yang dipilih merupakan warna yang lebih gelap dibandingkan kulitmu agar tetap terlihat natural.

15. Laser Treatment

Cara ini merupakan opsi terakhir yang mungkin bisa menghilangkan lingkaran hitam secara permanen. Jika lingkaran hitam di bawah matamu disebabkan oleh pembuluh darah yang timbul, kamu bisa mengatasinya dengan laser treatment. Biasanya hal ini dialami oleh orang-orang dengan kulit wajah yang tipis.