1. Rasa Tidak Nyaman dan Nyeri di Bagian Dada

Rasa nyeri di bagian dada merupakan salah satu gejala serangan jantung yang paling umum dirasakan. Jika pembuluh arteri tersumbat atau terkena serangan jantung, maka kamu akan merasakan sakit, sesak, atau tertekan di dada. Namun mungkin beberapa wanita mungkin mengalami rasa nyeri yang berbeda dibandingkan pria. Mungkin akan terasa seperti diremas atau bahkan tertindih oleh sesuatu yang berat. Rasa sakit juga dapat terasa di bagian mana saja, tidak hanya bagian dada sebelah kiri.

2. Terasa Pusing atau Berkunang-kunang

source: http://fustany.com/en/beauty/health--fitness/seven-foods-to-eat-when-youre-feeling-dizzy
Banyak hal yang menjadi penyebab mengapa kamu kehilangan keseimbangan atau merasa berkunang-kunang. Mungkin kamu kurang makan atau minum, atau mungkin berdiri terlalu cepat. Tetapi, jika tiba-tiba kamu merasa pusing atau kehilangan keseimbangan, dan juga merasakan adanya ketidaknyamanan pada bagian dada atau sesak napas, sebaiknya segera hubungi dokter. Hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya tekanan darah karena jantung tidak dapat memompa darah sebagaimana mestinya.

3. Terasa Nyeri Pada Lengan, Punggung, Leher, atau Rahang

Gejala ini lebih sering dialami oleh para wanita dibandingkan pria. Hal ini mungkin akan membingungkan para wanita, karena pada umumnya rasa sakit hanya muncul di bagian dada, bukan pada bagian punggung atau rahang. Rasa sakit dapat muncul secara bertahap atau seketika, dan mungkin pada awalnya tidak terlalu terasa sebelum akhirnya menjadi lebih intens. Rasa sakit ini juga mungkin akan membangunkan Minasan ketika tidur. Oleh karena itu, pastikan kamu menginformasikan segala bentuk gejala yang muncul, khususnya badan bagian tubuh dari pinggang ke atas, pada saat melakukan pemeriksaan.

4. Keringat Dingin

source: http://www.lifemartini.com/6-best-natural-remedies-for-sweaty-palms/
Keringat dingin adalah gejala umum yang dialami para wanita yang mengalami serangan jantung. Hal ini mungkin akan terasa seperti berkeringat yang disebabkan oleh gugup atau stres daripada berkeringat yang disebabkan oleh melakukan kegiatan di hawa panas atau seusai berolahraga. Jika gejala keringat dingin muncul tanpa alasan yang tidak jelas, sebaiknya hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Sakit Perut

Sakit perut yang biasanya terkait dengan sakit maag juga bisa menjadi gejala serangan jantung. Terkadang orang salah mengira sehingga tidak dapat mendeteksi bahwa sakit perut yang dirasakan adalah gejala serangan jantung. Di sebuah kasus, seorang wanita merasakan tekanan yang sangat parah di bagian perut. Rasa sakitnya digambarkan seperti seekor gajah duduk di perut.

6. Mengalami Pembengkakan pada Kaki

Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa jantung tidak dapat memompa darah secara efektif. Ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan cepat, darah akan kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. Gagal jantung juga dapat menghambat kerja ginjal untuk menghilangkan kelebihan air dan natrium di dalam tubuh, sehingga mengalami pembengkakan.

7. Mudah Merasa Lelah

source: http://dailyburn.com/life/lifestyle/exhausted-symptoms-find-relief/
Jika kamu tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang biasanya tidak terlalu berat, maka ada baiknya jika periksakan ke dokter. Perubahan yang signifikan seperti ini sangat penting untuk diperhatikan dibandingkan rasa sakit atau nyeri yang terkadang dirasakan. Kelelahan ekstrim atau tanpa sebab, bahkan terkadang dalam waktu beberapa hari, bisa menjadi gejala serangan jantung.
Pastikan untuk kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika gejala yang muncul terasa sangat mengganggu. Penanganan yang cepat akan menghindarkan kamu dari risiko yang lebih besar.