1. Cerahkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

source: http://mintmag.ie/6-ways-to-make-your-eyes-look-bigger/
Lingkaran hitam dapat membuat mata terlihat lebih kecil. Oleh karena itu, diperlukan concealer yang tepat untuk bekerja ekstra menyamarkan area gelap di sekitar mata. Concealer dapat menyamarkan area mata dan menonjolkan bulu mata yang hitam. Gunakan warna yang lebih terang dari foundation yang kamu gunakan agar area yang gelap dapat terlihat lebih cerah.

2. Lentikkan Bulu Mata

source: http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/tips/g8030/how-to-make-your-eyes-look-bigger/?slide=8
Ada banyak tips makeup yang turut membahas tentang bulu mata. Maskara mungkin menjadi alat yang Minasan andalkan untuk bulu mata. Tetapi sebelum itu, jangan lupa untuk melentikkan bulu mata terlebih dahulu menggunakan eyelashes curler. Melentikkan bulu mata dapat membantu tampilan mata lebih besar. Kamu juga dapat menggunakan bulu mata palsu jika merasa nyaman.

3. Buatlah Garis di Sepanjang Kelopak Mata

source: http://www.allure.com/makeup-looks/2014/how-to-make-your-eyes-look-bigger?slide=2#slide=5
Untuk memaksimalkan tampilan bulu mata serta membingkai mata, buatlah garis dengan liquid liner di sepanjang ujung kelopak mata. Aplikasikan eyeliner secara satu arah, dari bagian dalam hingga bagian luar mata. Garis hitam di sekitar bulu mata bagian atas akan mempertegas mata sehingga tampak lebih lebar.

4. Rapikan dan Bentuk Alis

source: http://www.beautynerdbynight.com/2014/09/tips-to-make-your-eyes-look-bigger.html
Tampilan alis yang tebal dan tegas memang menjadi tren yang disukai sebagian wanita saat ini. Bagi kamu yang sudah memiliki alis tebal secara alami, kamu hanya perlu sedikit perawatan. Pastikan alis terawat dan terbentuk dengan indah. Alis dapat mempengaruhi tampilan secara keseluruhan, bahkan membuat mata terlihat kecil ataupun besar. Oleh karena itu, pastikan untuk membentuk alis yang dapat memaksimalkan atau menonjolkan area mata.

5. Mempertegas Lipatan Kelopak Mata

source: http://www.allure.com/makeup-looks/2014/how-to-make-your-eyes-look-bigger?slide=2#slide=9
Sama seperti contouring di bagian pipi yang bertujuan untuk mempertegas bentuk wajah, countouring pada bagian kelopak mata juga dapat diaplikasikan untuk mempertegas bentuknya, sehingga mata dapat terlihat lebih lebar. Usapkan eyeshadow dengan warna yang sedikit lebih gelap dari skin tone untuk mempertegas lipatan pada kelopak mata.

6. Berikan Highlight

source: http://www.elle.com/beauty/makeup-skin-care/tips/g8030/how-to-make-your-eyes-look-bigger/?slide=12
Mengaplikasikan eyeshadow bewarna putih atau highlighter pada bagian tengah kelopak mata, di bagian bawah tulang alis, serta di bagian sudut mata dapat memberikan efek mata yang terlihat lebih terangkat dan lebar. Pilihlah warna rosy cream yang hangat jika kamu memiliki undertone pink. Sedangkan warna emas dapat membantu kamu yang memiliki undertone kuning atau buah zaitun.

7. Cerahkan Bagian Bawah Kelopak Mata

source: http://alexandriastylebook.com/use-brightening-pencil/
Penggunaan black liner pada bagian bawah kelopak mata, atau yang bisa disebut juga dengan istilah waterline, dapat membuat efek mata terlihat lebih kecil. Oleh karena itu gunakan warna cerah agar membuat mata terlihat lebih lebar dan menonjol. Tidak harus menggunakan warna putih, kamu bisa menggunakan warna krem untuk waterline.

8. Kombinasikan Beberapa Warna Eyeshadow

source: http://www.maybelline.com/products/eye-makeup/eye-shadow/eyestudio-color-tattoo-leather.aspx
Menggunakan dua warna eyeshadow yang berbeda dapat memberikan efek mata yang terlihat lebih menonjol. Tetapi, usahakan untuk memilih warna yang cerah. Pastikan warna yang dipilih sesuai dengan warna kulit hingga rambut.

9. Pilih Warna Biru

source: http://makeup.allwomenstalk.com/clever-makeup-tips-on-how-to-make-your-eyes-look-bigger-instantly/9/
Warna dingin, seperti warna biru dikatakan dapat memberikan efek bagian putih pada mata terlihat lebih terang sehingga membuat mata terlihat lebih besar. Jangan takut untuk ganti eyeliner warna hitam dengan eyeliner berwarna biru. Warna hitam cenderung akan membuat tampilan mata terlihat lebih kecil, sedangkan warna biru dapat membuat mata terlihat lebih besar.

10. Pilih Lipstick Warna Cerah

source: http://makeup.allwomenstalk.com/clever-makeup-tips-on-how-to-make-your-eyes-look-bigger-instantly/7/
Salah satu cara yang disarankan untuk membuat mata terlihat lebih besar adalah mengabaikannya sama sekali. Gunakan lipstick atau lipgloss berwarna cerah tanpa menggunakan riasan pada mata. Tanpa eyeshadow, tanpa mascara, tanpa eyeliner. Trik ini dikatakan benar-benar ampuh untuk membuat mata terlihat lebih besar. Tetapi, pastikan untuk memilih warna lipstick yang sesuai dengan skin tone.