Penyebab Kulit Belang Pada Wajah

Kulit wajah belang dapat disebabkan karena beberapa hal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena paparan sinar matahari, yaitu sinar ultraviolet. Ada 2 tipe sinar ultraviolet, yaitu ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit belang adalah sinar UVA. Sinar UVA berpotensi merusak jaringan kulit, sehingga untuk mengatasi hal ini, sel-sel kulit membentuk melanin sebagai respon untuk melindungi tubuh dari radiasi sinar matahari.
source: http://www.newgenskin.ie/blog/?p=194
Hal ini berwujud pada pigmentasi atau penggelapan warna kulit sehingga warna kulit yang mengalami pigmentasi akan berwarna lebih gelap daripada warna kulit di area yang lain. Jika sudah begini, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara, misalnya dengan menggunakan bahan alami.

Memanfaatkan Bahan Dapur untuk Mengurangi Belang Pada Kulit

Alam menyediakan berbagai macam bahan yang baik untuk masalah kecantikan kulitmu, tidak terkecuali untuk mengatasi kulit belang. Berikut dua bahan yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kulit belang pada wajah.
source: http://www.natural-homeremedies-for-life.com/oatmeal-mask.html
1. Oatmeal
Selain enak untuk sarapan, ternyata oatmeal juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulit belangmu. Oatmeal mampu bertindak sebagai eksfoliator kulit yang alami. Kamu bisa memadukan oatmeal dengan jus tomat atau jus lemon untuk skin whitening. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga sekitar 15-20 menit hingga kering. Bilas dengan air sambil melakukan scrub ringan pada kulit wajahmu.
2. Baking Soda
Baking soda dikenal sebagai bahan yang mampu memutihkan gigi. Hal ini juga berlaku pada kulit wajah sehingga dapat digunakan untuk skin whitening. Baking soda mampu berperan sebagai eksfoliator alami tanpa merusak kulit seperti bahan kimia lainnya. Baking soda dapat mengangkat sel-sel kulit mati akibat bekas luka atau pun proses tanning sehingga mampu menjadikan warna kulit merata kembali.
source: http://www.foodnetwork.com/how-to/articles/surprising-uses-for-baking-soda-in-the-kitchen.html
Caranya, campurkan satu sendok teh baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Gosok-gosok kulit wajah secara halus lalu bilas hingga bersih.

Tips Lainnya

Selain menggunakan bahan alami, kamu juga bisa melakukan pengobatan dengan krim-krim pemutih atau metode laser, namun harga yang ditawarkan lumayan mahal untuk metode yang satu ini. Hasil yang didapatkan dari menggunakan bahan alami memang tak secepat hasil yang didapatkan ketika kamu memakai pengobatan secara kimia (menggunakan krim) atau metode laser sehingga harus dilakukan secara berulang-ulang. Namun, metode alami ini tentunya lebih aman dan tanpa efek samping. Jika timbul alergi pada kulit sensitif, maka segera hentikan pemakaian. Karena merupakan bahan alami, jika ada efek sampingnya pun juga akan sembuh dalam waktu cepat.
source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/g2504/how-to-brighten-your-skin-tone/?slide=2
Selain melakukan pengobatan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar tidak memperburuk kondisi kulit belang yang sudah ada. Sebisa mungkin hindari berada di bawah sinar matahari secara langsung, carilah tempat yang teduh jika ingin berjalan-jalan. Atau, gunakan baju dengan lengan panjang dan payung. Selain itu, sangat dianjurkan untuk memakai sunscreen dengan SPF minimal 15 jika kamu hendak pergi ke luar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Semakin banyak nilai SPF-nya, maka semakin lama sunscreen tersebut mampu bertahan untuk melindungi kulitmu.
Untuk menjaga penampilan wajah sehari-hari dengan makeup, kamu bisa memakai foundation yang memiliki formula untuk mencerahkan dan meratakan kulit guna menyamarkan kulit belangmu. Semoga bermanfaat!