Setelah berkativitas seharian, baik itu di dalam maupun di luar ruangan, kotoran-kotoran tak kasat mata pasti akan menempel di kulit kita. Selain itu, kondisi cuaca di Indonesia juga dapat menjadi penyebab terbentuknya kulit kering, kusam, dan pecah-pecah. Untuk membersihkannya, kita harus mandi. Namun, tak selamanya mandi ini menyehatkan kulitmu, loh. Penggunaan sabun mandi yang tidak cocok justru akan berdampak pada kesehatan kulitmu. Adanya bahan kimia tertentu yang terkandung pada sabun justru mampu menghilangkan kelembaban alami kulit sehingga menyebabkan kulit kering dan kusam bahkan setelah mandi.
source: http://www.teruskan.com/4051/piiih-mandi-air-dingin-atau-air-hangat.html
Agar kulitmu tetap terjaga kelembapannya, perhatikan betul sabun yang kamu pakai. Berikut beberapa sabun mandi untuk badan yang dapat kamu jadikan pilihan untuk mandi sehatmu. Sabun-sabun berikut mengandung zat-zat yang mampu membersihkan kulit dengan tetap menjaga kelembaban alami kulit. Yuk, simak.

The Body Shop Honeymania Soap

Produk yang pertama adalah keluaran dari The Body Shop. Nama brand ini cukup akrab dikenal di kalangan pecinta produk skincare. Seperti namanya, body soap ini mengandung madu. Madu adalah bahan alami yang mampu memberikan kelembaban pada kulit dan juga memiliki sifat anti bakteri. Bentuknya juga menarik, bukan? Berbentuk segi enam dengan motif sarang lebah dan lebah di tengahnya. Lucu, bukan? Untuk mendapatkan sabun ini kamu bisa memesannya secara online atau membelinya di gerai The Body Shop terdekat. Harganya sekitar 50.000 rupiah. Sabun ini cocok untuk kulitmu yang cenderung kering.
source: https://www.thebodyshop.co.id/BATH-%26-BODY-CARE/BATH-%26-SHOWER/Soaps/HONEYMANIA-SOAP-100G/p/54256
Salah satu rangkaian koleksi dari honeymania dengan tekstur mewah yang diperkaya dengan Community Fair Trade Honey Wildflower dari Ethiopia yang menjadikan kulit halus, lembut dan memberikan kelembapan yang mewah pada kulit.
source: https://www.thebodyshop.co.id/BATH-%26-BODY-CARE/BATH-%26-SHOWER/Soaps/HONEYMANIA-SOAP-100G/p/54256

Redwin Sorbolene Body Wash

Ini adalah salah satu produk dari Australia. Tidak seperti sabun mandi biasa pada umumnya yang mampu menggerus kelembaban alami kulit sehingga kulit menjadi kasar, Redwin Sorbolene Body Wash mampu menjaga kelembaban kulitmu sehingga kulit akan tetap halus dan lembut. Redwin Sorbolene Body Wash ini juga dapat digunakan untuk kulit sensitif. Redwin Sorbolene Body Wash bekerja dengan mengunci kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terhidrasi secara alami dengan baik.
source: http://health365.com.au/shop/redwin-sorbolene-body-wash-with-vitamin-e-1-litre
Body soap ini juga diperkaya dengan vitamin E sehingga mampu berfungsi sebagai antioksidan untuk kulitmu. Harganya berkisar antara 170.000 hingga 180.000 rupiah untuk ukuran 1 liter dan tersedia juga dalam kemasan 500ml. Oh, ya, produk ini juga bebas paraben, pewarna dan pewangi buatan, loh! Jadi, kamu tidak perlu khawatir, ya.

Cottage Extra Nourishing Precious Oil Shower

Produk ini berbentuk seperti gel yang mengandung argan oil. Argan oil adalah minyak alami yang mampu berfungsi sebagai anti penuaan dan juga dapat mengatasi kulit kering sehingga cocok digunakan ketika mandi. Karena mengandung minyak alami, maka Cottage Extra Nourishing Precious Oil Shower mampu meresap sempurna ke dalam kulit. Jadi, untuk kamu yang memiliki kulit kering, kusam, dan bersisik, tidak ada salahnya jika kamu mencoba produk ini.
source: http://www.cottage.tm.fr/en/product-fragrance.php?product=oil-shower-98-ingredients-of-natural-origin&fragrance=argan-oil
Produk ini memiliki pH netral, jadi aman untuk kulitmu. Aroma argan yang khas sangat cocok untuk memberikan sensasi rileks bagi kulitmu. Cottage Extra Nourishing Precious Oil Shower tersedia dalam kemasan 250 ml yang dijual dengan harga 70.000 rupiah. Meskipun mengandung minyak argan, namun kandungan asam lemak alami dan vitamin E nya mampu melembabkan kulit tanpa menyebabkan kulit berminyak.
Itulah tadi beberapa sabun mandi yang dapat kamu gunakan untuk merawat kulitmu agar tetap cantik dan ternutrisi tanpa harus kehilangan kelembapan alaminya. Memang harga yang ditawarkan relatif lebih mahal daripada sabun mandi biasa yang banyak beredar di pasaran, namun itu semua adalah pengorbanan untuk mendapatkan kulit yang cantik, bukan? Selamat mencoba.