Pori-Pori yang Besar Menyebabkan Jerawat

Pori-pori yang besar pada kulit wajah dapat mengurangi kecantikan kulit wajah. Dengan adanya pori-pori yang lebar, kulit wajah terlihat seperti berlubang. Selain itu, pori-pori wajah yang besar dapat menjadi sarang bakteri dan tempat menempelnya sisa tata rias kamu. Jika bakteri dan zat kimia dari makeup kamu bercampur dengan sebum, maka jerawat bisa muncul. Area kulit wajah yang rawan terjadi pelebaran pori-pori adalah sekitar hidung.
source: http://caratips07.blogspot.co.id/2015/09/cara-mengatasi-pori-pori-wajah-besar-dan-mencegahnya-dengan-alami.html
Namun, tak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali produk kecantikan yang dijual di pasaran yang dapat kamu dapatkan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajahmu. Ada produk lokal maupun produk luar. Apa sajakah itu? Yuk, simak lebih lanjut.

1. Wardah Pore Tightening Toner

Untuk kamu yang lebih suka produk lokal, kamu bisa mencoba salah satu produk Wardah yaitu Wardah Pore Tightening Toner. Tak hanya mengecilkan pori, produk ini diklaim mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Karena merupakan produk lokal, maka harga yang dibanderol pun juga lumayan terjangkau. Cara memakainya juga mudah seperti memakai toner pada umumnya, yaitu lebih baik diaplikasikan setelah memakai cleanser terlebih dahulu.
source: http://www.wardahbeauty.com/idn/products/pore-tightening-toner/show
Membantu meringkas pori dan mengurangi kelebihan minyak wajah. Diformulasikan oil and alcohol free menjadikan wajah terasa segar, lembab, serta nyaman digunakan.
source: http://www.wardahbeauty.com/idn/products/pore-tightening-toner/show

2. The Body Shop Tea Tree Pore Minimizer

Untuk produk Eropa, kamu bisa mencoba The Body Shop Tea Tree Pore Minimizer. Brand ini lumayan populer di Indonesia. The Body Shop Tea Tree Pore Minimizer adalah sejenis krim yang dapat kamu aplikasikan sebelum memakai makeup untuk menyamarkan pori-pori wajah. Karena produk luar, harganya boleh dibilang relatif mahal, yaitu sekitar 200.000 rupiah.
source: https://www.thebodyshop.co.id/SKINCARE/SKIN-NEED/Anti-blemish/TEA-TREE-PORE-MINIMISER/p/39236
Community Fair Trade tea tree oil organik kami berasal dari kaki pegunungan Kenya. Daun-daun tea tree dipetik dengan tangan kemudian disuling untuk menghasilkan minyak.
source: https://www.thebodyshop.co.id/SKINCARE/SKIN-NEED/Anti-blemish/TEA-TREE-PORE-MINIMISER/p/39236
Seperti namanya, produk ini mengandung tea tree oil. Jadi, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mencobanya terlebih dahulu pada kulit tangan sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah. Hal ini dikarenakan kandungan tea tree oil cukup rawan terhadap kulit yang sensitif.

3. Etude House Goodbye Pore-Ever Pore Primer Stick

Nah, untuk produk kecantikan penyamar pori lainnya, kamu bisa mencoba produk keluaran dari Etude House ini. Etude House adalah salah satu produk kosmetik asal Korea yang sudah cukup dikenal di Indonesia.
source: http://arisabl0g.blogspot.co.id/2012/10/review-etude-house-goodbye-pore-ever.html
Produk ini berbentuk seperti stick, jadi cara memakainya hampir sama seperti memakai lipstik, tapi jangan digunakan pada bibir ya, cukup oleskan pada bagian kulit wajah (hidung atau yang lain yang memiliki pori-pori yang besar). Gunakan produk ini sebelum kamu memakai makeup untuk wajahmu.
Goodbye Pore Ever ini berfungsi untuk meminimalkan atau menutup pori-pori dan garis halus pada kulit wajah, enggak hanya itu Pore Primer biasanya dibuat dengan formula bebas minyak. Buat teman-teman yang mempunyai pori-pori besar dan ingin mempunyai makeup yang flawless bisa menggunakan Pore Primer ini sebagai step awal sebelum memakai Foundation atau BB Cream, enggak hanya itu teman-teman yang mempunyai Oily Skin pada daerah T bisa pakai ini juga :)
source: http://www.hellosasyachi.com/2014/03/etude-house-goodbye-pore-ever.html

4. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Satu lagi produk Korea yang dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Sesuai namanya, Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask mengandung abu vulkanik dari Gunung Jeju yang baik untuk kecantikan. Tak hanya mampu menutup pori-pori, produk ini juga mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah, membersihkan wajah, mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan kulit wajah.
source: http://www.innisfreeworld.com/product/productView.do?prdSeq=10046
Pakailah masker ini setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan toner. Lalu diamkan selama 10 menit. Jika sudah, basuh wajah dengan air. Jangan lupa untuk menghindari area mata dan bibir ketika memakai masker ini.
Itulah beberapa produk kecantikan yang dapat kamu coba untuk mengecilkan pori-pori kulit wajahmu. Masing-masing produk tentunya memiliki tingkat kecocokan yang tidak sama terhadap jenis dan kondisi kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, segera hentikan pemakaian jika terjadi perubahan atau iritasi pada kulitmu. Sesuaikan dengan budget dan keperluanmu juga, ya, agar efektif! Selamat mancoba.