Kolagen merupakan senyawa protein yang terdapat pada tendon, otot, dan kulit. Kolagen berperan penting dalam menjaga kecantikan kulit terutama menjaga elastisitas dan kebersihan kulit. Tubuh manusia dapat memproduksi kolagen sendiri, namun terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan maupun kolagen untuk menjaga keindahan kulit.

Apa Itu Minuman Kolagen?

Memang kolagen bisa didadapatkan dari makanan yang tinggi antioksidan seperti buah buni dan tinggi protein seperti kulit ikan, dan tulang ayam. Namun belum tentu kolagen yang terdapat dalam makanan dapat memenuhi jumlah kebutuhan kolagen harian. Jika kebutuhan kolagen tak terpenuhi maka kulit akan lebih mudah terlihat kusam, kendur, dan bahkan keriput.
source: http://www.akuremaja.com/2015/01/makanan-yang-mengandung-kolagen.html
Untuk itulah diciptakan terobosan baru, yaitu suplemen kecantikan berupa minuman yang mengandung kolagen aktif. Jumlah kolagen yang terkandung dapat mencukupi kebutuhan kolagen harian dan membantu merawat kulit dari dalam tubuh. Hingga saat ini telah banyak produk-produk minuman kolagen yang telah beredar, baik dari luar maupun dalam negeri. Berikut di antaranya:

1. Kinohimitsu J'pan Beauty Drink Collagen

Kandungan kolagennya diambil dari ekstrak ikan dan diperkaya dengan ekstrak Perilla Seed. Kolagen aktif di dalamnya berperan untuk meningkatkan kemampuan regenerasi sel dalam tubuh dan membuat kulit lebih kencang. Minuman untuk kecantikan biasanya diracik dengan berbagai macam bahan sehingga rasanya kurang enak, tapi minuman kecantikan dari brand ternama Jepang yang satu ini memiliki rasa buah-buahan yang enak.
source: http://www.street-love.net/2013/06/review-kinohimitsu-jpan-dtox-juice-6-day-program-jpan-beauty-drink-collagen/

2. Meiji Amino Collagen Powder

Berbeda lagi terobosan dari Meiji. Brand asal Jepang yang juga memproduksi berbagai macam snack ini menggabungkan kolagen dengan hyaluronic acid, vitamin C, maupun coenzyme Q10. Semua bahan-bahan tersebut berperan penting dalam mengurangi keriput, mengatasi masalah kulit kering, menjaga elastisitas kulit, hingga menjaga kelembapan kulit. Karena berbentuk bubuk, Minasan bisa mencampurnya dengan minuman favoritmu seperti jus buah, teh, maupun kopi. Jika dikonsumsi secara teratur dapat membuat kulit Minasan semakin bercahaya dari dalam.
source: http://www.hellocrissey.com/post/57425438929/meiji-amino-collagen-premium-product-review

3. Shiseido The Collagen Powder High Beauty Powder V Premium

Siapa yang tak kenal Shiseido? Brand ternama asal Jepang yang bergerak dalam bidang kecantikan ini juga memproduksi minuman kolagen sendiri yang terbuat dari kolagen ikan. Selain kolagen, terdapat kandungan lainnya untuk mendukung keefektifan produk seperti emblic mycrobalan dan ekstrak jeruk yuzu Jepang. Produk ini juga diolah dengan teknologi khusus sehingga rasa dan bau khas kolagen yang biasanya cenderung tidak enak sudah dihilangkan. Karena tidak amis, Minasan juga bisa mencampurkannya dengan berbagai macam minuman.
source: http://cosmebeautyshop.tumblr.com/

4. Diva Collagen Drink

Bukan hanya Jepang saja yang piawai mengeluarkan produk minuman kolagen, Indonesia juga punya minuman kolagen produksi dalam negeri, lho! Keistimewaan produk yang satu ini adalah penggunakan jenis kolagen aktif yang sama dengan yang ada pada kulit. Tidak tanggung-tanggung, kandungan kolagen ini diekstrak dari kulit ikan terbaik di Perancis sehingga mudah diserap oleh tubuh. Selain itu juga dikombinasikan dengan ekstrak dari buah-buahan seperti pomegranate, acai, acerola dan biji anggur yang tinggi akan antioksidan. Cukup minum 2 botol sehari dan dapatkan kulit cantik!
source: http://www.onestopwonder.com/diva-beauty-drink/
Harap diperhatikan bahwa produk minuman di atas biasanya harus dikonsumsi secara teratur selama periode tertentu, bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tergantung petunjuk penggunaan produk. Hal ini dikarenakan kandungan kolagen dari masing-masing minuman dan daya serap pada tubuh orang berbeda-beda. Konsumsi minuman kolagen secara teratur juga bisa berfungsi menjadi suplemen untuk mencegah kerusakan kolagen yang bisanya terjadi pada wanita berusia lanjut. Jangan lupa, lakukan pula perawatan kulit secara rutin dengan scrubbing seminggu sekali, memakai pelembap dan sunblock sehari-hari untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet. Semoga berhasil!