Mencegah Bau Badan Dengan Minyak Atsiri

Selain karena penampilan, beberapa orang juga mengasosiasikan kecantikan dengan aroma tubuh yang segar dan harum. Hal ini sulit dicapai bila hingga saat ini bau badan masih menjadi masalah yang belum bisa dipecahkan. Bau badan yang tidak sedap kerapkali menimbulkan masalah karena dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mencegah bau badan tentu adalah menjaga kebersihan badan dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun antiseptik. Langkah kedua, sebagai alternatif solusi, Minasan bisa mencoba minyak atsiri atau yang dikenal juga dengan istilah essential oil sebagai deodoran alami.
Minyak atsiri sering juga disebut sebagai minyak eteris, minyak esensial, atau minyak aromatik karena memiliki aroma khas yang sering juga digunakan sebagai bahan aroma terapi untuk mengendurkan urat syaraf dan meminimalkan rasa stres atau ketegangan. Minyak atsiri adalah ekstrak minyak nabati yang disuling dari tumbuh-tumbuhan beraroma harum yang dapat diambil dari daun, bunga, batang, biji, buah, kulit, atau akar tanaman tersebut.
Minyak alami ini berguna sebagai bahan dasar parfum atau minyak pijat. Tanah air kita cukup kaya dengan tumbuhan yang dapat diolah menjadi minyak atsiri, yaitu lebih dari 40 jenis tanaman. Selain diolah menjadi parfum, minyak urut, dan minyak aroma terapi, Minasan bisa menggunakan minyak atsiri lavender, sage, dan cengkeh sebagai deodoran alami untuk mencegah bau badan.

Minyak Lavender

Minyak esensial lavender diperoleh dari ektrak buah lavender dengan karakteristik kecil, tumbuh bergerombol, berwarna ungu yang cantik, dan beraroma harum. Tak salah jika nama bunga ini diambil dari kata lavare yang berarti menyegarkan, karena aroma harumnya yang sangat cocok untuk membuat kita menjadi rileks dan dapat tidur dengan nyenyak. Ekstrak bunga lavender sering dijadikan bahan campuran sebagai parfum, minyak gosok, ramuan mandi rempah dan lotion anti nyamuk karena serangga tak tahan dengan keharuman bunga ini. Bila Minasan ingin menggunakan minyak atsiri ini sebagai deodoran alami untuk mencegah bau badan, cukup oleskan 3 tetes minyak lavender pada area ketiak Minasan.

Minyak Sage

Alternatif kedua minyak atsiri yang juga berkhasiat untuk mencegah bau badan adalah sage, yang berasal dari tanaman alang-alang. Tumbuhan ini mempunyai kandungan zat antibakteri yang disebut asam fenolik yang berkhasiat untuk menetralkan bau keringat tak sedap dari ketiak. Sebaiknya Minasan tak berlebihan menggunakan minyak sage pada area bawah lengan, karena kandungan zat thujon dapat menyebabkan seseorang tak sadarkan diri. Penggunaan minyak ini juga dilarang bagi ibu hamil dan menyusui.

Minyak Cengkeh

Rempah-rempah yang satu ini tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Cengkeh juga mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk menghilangkan bau badan atau mencegah bau badan dengan cara mengaplikasikannya langsung pada area ketiak Minasan. Sebagai pengobatan dari dalam, Minasan dapat mengambil beberapa tangkai buah cengkeh yang direndam sampai mengembang dan dikonsumsi airnya. Metode ini akan mengurangi aroma menyengat dari keringat Minasan.
Selain 3 jenis minyak atisiri yang telah diulas di atas, minyak esensial lain yang bisa Minasan manfaatkan untuk mencegah bau badan adalah tea tree oil, minyak lemon, dan jojoba oil. Selain digunakan secara langsung sebagai deodoran, minyak esensial juga dapat dicampurkan dengan baking soda untuk memperoleh hasil yang lebih optimal.

Tea Tree Oil utuk Mencegah Bau Badan

Walaupun penggunaan deodoran dapat dikatakan efektif dalam waktu singkat, tetapi beberapa orang tak setuju karena bahan-bahan kimia yang terkandung dalam deodoran dikatakan dapat memicu terjadinya kanker terutama kanker payudara pada wanita. Salah satu selebriti yang menolak pemakaian bahan kimia penghilang bau badan ini adalah Julia Roberts. Bila Minasan setuju dengan bintang cantik ini, Minasan dapat mencoba mencegah bau badan dengan menggunakan bahan lain yaitu minyak atsiri. Beberapa minyak atsiri yang direkomendasikan untuk mencegah bau badan telah dijelaskan sebelumnya. Selain ketiga essential oil tersebut, tea tree oil juga sangat dianjurkan untuk mengatasi permasalahan ini. Bahan yang banyak digunakan dalam produk obat dan perawatan kecantikan ini memiliki kandungan antibakteri yang berkhasiat membasmi bakteri dan jamur, termasuk bakteri pemicu bau badan.
Selain itu, Minasan juga dapat memperoleh manfaat lain dari penggunakan bahan alami ini, yaitu memutihkan area di bawah lengan dan melembabkannya. Penggunaan tea tree oil secara teratur untuk mencegah bau badan juga akan membantu mengurangi produksi keringat. Minyak ekstrak ini memiliki aroma harum yang tak terlalu menyengat sehingga akan membantu Minasan merasa lebih segar. Tetapi jangan menggunakan bahan ini secara langsung pada kulit untuk menghindari efek samping berupa iritasi. Cara menggunakannya, campurkan beberapa tetes minyak tea tree pada secangkir air mineral kemudian gunakan kapas untuk mengoleskan ramuan ini pada area tubuh yang mudah berkeringat seperti ketiak atau kaki.
Selain melakukan perawatan dari luar untuk mencegah bau badan menggunakan tea tree oil, sebaiknya lakukan juga perawatan dari dalam dengan mengontrol pola makan Minasan. Klorofil yang terkandung pada sayuran hijau diketahui dapat berlaku sebagai deodoran alami yang dapat menetralkan aroma keringat. Untuk itu sebaiknya tambahkan lebih banyak porsi sayuran segar pada menu makanan Minasan sehari-hari. Beberapa jenis sayuran juga dipercaya dapat menghilangkan bau badan karena mengandung minyak atsiri seperti misalnya daun kemangi.
Jangan lupakan buah segar dan konsumsi air putih dalam jumlah yang dianjurkan agar tubuh Minasan cukup terhidrasi. Hal ini akan membantu membuat aroma tubuh lebih netral. Bila aroma tubuh Minasan cukup menyengat sebaiknya hindari beberapa jenis makanan yang dapat memperparah kondisi tersebut. Jenis-jenis bahan makanan berprotein tinggi seperti daging merah, telur, atau daging unggas sebaiknya tak dikonsumsi secara berlebihan. Hindari juga konsumsi bawang termasuk bawang merah. Sementara, untuk mencegah bau badan sebaiknya hindari minuman berkafein.
Sebagai langkah antisipasi, mulai saat ini perhatikan pakaian yang Minasan kenakan. Beberapa bahan yang tak menyerap keringat akan memicu bau badan terutama bila cuaca sangat panas dan Minasan harus beraktivitas di luar ruangan. Untuk mencegah bau badan bahan pakaian yang cocok bagi Minasan adalah kain katun yang akan terasa sejuk pada kulit sekaligus dapat menyerap keringat.
Demikianlah ulasan mengenai minyak atsiri atau essential oil yang dapat membantu mencegah bau badan. Minyak atsiri mana yang menjadi pilihan Minasan?