Konsumsi Daun Kemangi untuk Mencegah Bau Badan

Masalah bau badan dapat menjadi hal yang besar karena dapat menghambat dalam kehidupan sosial. Hal ini dapat dipicu oleh keringat berlebih yang bercampur bakteri atau karena jenis makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari. Walaupun deodoran dapat membantu, tetapi hal ini sering tak bertahan lama sehingga menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Untuk mencegah bau badan Minasan bisa melakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi daun kemangi. Walaupun selain daun kemangi, mengonsumsi lebih banyak sayuran dalam menu hidangan harian Minasan juga akan membantu membuat aroma tubuh tak terlalu menyengat.
Sayuran yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Kemangi sering menjadi lalapan bersama mentimun dan kubis sebagai teman makan ayam panggang, pecel lele, tempe penyet atau kuliner khas Indonesia lainnya. Cita rasa sayuran yang satu ini memang sedikit pahit dan getir sehingga tak banyak orang menyukainya. Tetapi sesungguhnya mengonsumsi kemangi akan membantu Minasan untuk mencegah bau badan. Jadi mulai sekarang, jangan singkirkan daun kemangi dari lalapan teman makan nasi Minasan, ya.
Kemangi berkhasiat sebagai bahan untuk mencegah bau badan dikarenakan sayuran ini mengandung minyak atsiri yang merupakan bahan dasar dari wewangian, minyak aroma terapi, atau minyak urut untuk memijat badan. Minyak atsiri yang terkandung pada kemangi mudah menguap dan meninggalkan aroma yang khas. Kandungan minyak atsiri ini adpat didapatkan melalui proses penylingan. Selain itu, kemangi juga mengandung senyawa eugenol yang dapat membasmi jamur dan bakteri. Antiseptik yang terkandung dalam kemangi juga efektif untuk membasmi kuman penyebab bau badan.
Minasan bisa langsung mengonsumsi sayuran segar ini sebagai lalapan teman mengonsumsi aneka jenis hidangan atau mengolahnya menjadi jus untuk membantu mencegah bau badan. Untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal daun kemangi memang disarankan dikonsumsi dalam keadaan segar. Berikut ini adalah resep membuat jus cokelat kemangi yang lezat dan berkhasiat membuat tubuh Minasan menjadi wangi.

Resep Cokelat Kemangi untuk Mengatasi Bau Badan

Bahan-bahan yang harus Minasan siapkan adalah, 7 tangkai kemangi yang telah dicuci hingga bersih, 30 gram cokelat bubuk, 2 gelas air matang atau mineral, dan sedikit gula pasir. Pertama, lumatkan kemangi menggunakan juicer dengan 2 gelas air. Setelah itu masukkan cokelat bubuk dan gula sesuai selera lalu aduk hingga merata. Agar lebih cepat larut Minasan bisa mencairkan gula pasir terlebih dahulu. Ramuan juice cokelat yang wangi ini siap dinikmati. Selain rasanya lezat, Minasan juga bisa memperoleh manfaat tambahan untuk mencegah bau badan.
Sebagai perawatan dari luar untuk menghilangkan atau mencegah bau badan Minasan harus menjaga kebersihan dengan rajin mandi paling sedikit 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Gunakan sabun yang mengandung antiseptik atau campurkan larutan antiseptik yang dapat dibeli secara bebas pada air mandi Minasan. Selain larutan antiseptik, untuk menghilangkan bau badan Minasan juga dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada air mandi Minasan. Konsentrasikan untuk membersihkan tubuh dengan lebih intensif pada area kulit yang sering berkeringat. Hal ini akan membantu membasmi bakteri pemicu bau badan.

Khasiat Peterseli untuk Mencegah Bau Badan

Selain daun kemangi, peterseli juga dipercaya sebagai salah satu bahan makanan yang dapat membantu mencegah bau badan. Bentuk daunnya yang cantik memang membuat sayuran peterseli banyak dijadikan garnish atau dekorasi hidangan dan seringkali terbuang tanpa turut dikonsumsi bersama hidangan utamanya. Tetapi sesungguhnya, daun peterseli termasuk tumbuhan herbal yang memiliki khasiat obat termasuk untuk mencegah bau badan yang banyak menjadi biang keladi ketidakpercayaan diri seseorang.
Tahukah Minasan bahwa badan yang beraroma menyengat atau napas yang berbau bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang kurang beres pada sistem metabolisme tubuh Minasan? Hal itu adalah masalah pada detoksifikasi atau pembuangan racun keluar dari tubuh Minasan. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat yang bisa diperoleh dari buah-buahan atau sayuran segar. Tetapi jangan khawatir, jus peterseli, seduhan daun peterseli, atau mengonsumsi peterseli segar dapat menjadi jalan keluar atas masalah ini.
Daun peterseli dapat menjadi agen pembersih yang baik pada proses metabolisme tubuh Minasan sehingga bagian tubuh yang mengandung sisa metabolisme yang tak dapat dikeluarkan menjadi murni kembali. Daun peterseli ternyata juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan berperan untuk mencegah pembentukan peroksida pemicu kerusakan biologis untuk sel akibat radikal bebas. Kandungan nutrisi lain dalam daun berbentuk gelombang ini adalah kalsium, asam folat, protein, betakaroten, vitamin A, B, C, dan B12.
Selain kaya nutrisi, daun peterseli juga memiliki kandungan zinc, anti bakteri, dan klorofil yang tinggi. Ketiga senyawa tersebut yang berperan dalam mencegah bau badan. Antibakteri akan bekerja membasmi bakteri termasuk yang memicu bau badan, sementara kandungan klorofil dengan konsentrasi tinggi pada sayuran ini berkhasiat untuk menetralkan aroma tubuh kita atau sebagai deodoran alami. Selain fungsi tersebut, kandungan klorofil juga mampu menjadi pembersih darah yang baik sehingga peredaran darah akan semakin lancar. Teratur mengonsumsi jus peterseli atau memakannya secara langsung dalam kondisi segar akan menjadi obat anemia alami karena mampu memperbanyak jumlah kadar hemoglobin dalam darah.
Untuk mendapatkan manfaat daun peterseli sebagai bahan untuk mencegah bau badan dan memperoleh manfaat kesehatan yang lain, tentu tak akan berhasil bila hanya mengonsumsi satu atau dua tangkai saja. Dosis terbaik yang disarankan bagi Minasan adalah 1 atau 2 ons per hari yang dilakukan secara berkala. Tetapi ingat agar jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran yang satu ini. Apa pun yang terlalu berlebihan pasti akan mendatangkan efek samping yang tak diinginkan bagi tubuh kita. Daun peterseli yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan keracunan karena kandungan minyaknya yang bersifat toksin. Ibu hamil dan menyusui sebaiknya juga tak mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Olahan Daun Peterseli yang Dapat Membantu Mencegah Bau Badan

Siapkan 1/4 cangkir daun peterseli, dan 1 cangkir air mendidih. Seduh daun peterseli sebagaimana Minasan membuat teh. Diamkan selama 5 menit, lalu saring dan beri sedikit gula bila suka. Minumlah ramuan ini secara teratur untuk membantu mencegah bau badan sekaligus untuk mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Sementara itu bagi Minasan yang ingin menghilangkan bau mulut setelah mengonsumsi makanan-makanan beraroma kuat seperti jengkol, petai, bawang merah, atau bawang putih, kunyahlah daun peterseli segar untuk menetralkan aroma makanan-makanan tersebut.
Jika ingin menyimpan daun peterseli untuk digunakan sewaktu-waktu, caranya adalah membekukannya. Cuci daun peterseli hingga benar-benar bersih, rajang hingga halus, lalu simpan di dalam lemari es.
Daun kemangi dan peterseli, keduanya memang dipercaya ampuh dalam mencegah bau badan. Selamat mencoba!