Kendalikan Stres Dengan Yoga Dapat Membantu Mencegah Bau Badan

Tahukah Minasan bahwa orang yang tengah mengalami stres atau tekanan lebih sering mempunyai aroma tubuh yang lebih menyengat jika dibandingkan dengan orang lain yang kondisi mentalnya normal? Stres secara tidak langsung memang berdampak pada bau keringat yang semakin tajam karena saat stres, keringat yang keluar dari kulit kita diproduksi oleh kelenjar yang berbeda dengan kelenjar keringat yang mengeluarkan keringat saat kita bekerja atau berolahraga. Itulah sebabnya bau keringat orang yang sedang marah, stres, atau tertekan akan lebih tajam. Bila Minasan termasuk orang yang mengalami permasalahan keringat yang bau akibat stres, cara untuk mengatasinya tentu adalah mencegah bau badan dengan mengendalikan stres tersebut.
Secara ilmiah, bila seseorang merasa cemas, marah, atau sedang berada dalam tekanan, kelenjar keringat pada ketiak, kulit kepala, telapak kaki dan tangan, juga selangkangan, memproduksi keringat yang mengandung lemak yang disukai bakteri. Kelenjar keringat tersebut berbeda dengan kelenjar yang memproduksi keringat untuk menurunkan suhu tubuh kita. Lemak yang terkandung dalam keringat stres akan menjadi makanan bakteri yang berada pada pakaian dan kulit kita sehingga terjadi pembusukan dan timbulah bau yang menyengat. Jadi, semakin sering Minasan mengalami stres akan lebih tajam aroma keringat Minasan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, bukan?
Bila Minasan sudah mengetahui bahwa pemicu timbulnya aroma tajam pada tubuh Minasan adalah stres, langkah mudah yang bisa mulai Minasan lakukan adalah lebih santai dalam beraktivitas. Selain itu, usahakan untuk meminimalisir perkembangan bakteri pada tubuh dengan mandi 2 kali sehari menggunakan sabun antiseptik dan selalu mengenakan pakaian bersih. Selain itu Minasan juga dapat mencoba mengaplikasikan deodoran alami seperti baking soda, cuka, tawas, atau mengoleskan minyak esensial pada area di bawah lengan. Untuk mengendalikan stres, cobalah yoga atau meditasi yang dapat membuat pikiran lebih rileks.
Yoga dapat menjadi sarana mencegah bau badan karena dapat membuat stres yang sering Minasan alami menjadi lebih terkendali. Secara umum, latihan yoga berkonsentrasi pada meditasi dengan teknik pernapasan tertentu, juga gerakan tubuh, dan membuat pikiran kita terfokus. Agar yoga atau meditasi benar-benar membawa manfaat bagi kesehatan mental Minasan, berikut ini adalah tipsnya.
1. Waktu terbaik untuk bermeditasi atau berlatih yoga adalah di pagi hari karena akan membantu Minasan untuk tetap tenang dan rileks sepanjang hari. Metode ini akan efektif untuk mencegah bau badan.
2. Awali latihan Minasan dengan berkonsentrasi pada cara pernapasan yang benar. Bernapaslah dengan lambat, tarik napas pelan-pelan, dan hembuskan perlahan. Tanamkan pikiran positif bahwa Minasan siap menjalani aktivitas tanpa rasa takut, khawatir, atau tertekan. Tanpa stres, Minasan juga akan dapat mencegah bau badan yang menyengat.
3. Jangan lupakan peregangan agar proses meditasi berjalan lebih lancar, tetapi jangan sampai berlebihan sehingga Minasan menjadi kelelahan.
4. Saat tengah bermeditasi, fokuskan pikiran untuk mencapai tujuan, misalnya ingin lebih tenang, mengurangi rasa marah, menekan rasa khawatir atau cemas, dan sebagainya. Dengan demikian Minasan akan menjadi rileks dan sanggup mencegah bau badan selama aktivitas Minasan pada hari itu.
5. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, Minasan harus disiplin tetapi tanpa menganggap kegiatan ini sebagai beban. Sebaiknya, gunakan sarana meditasi ini sebagai kegiatan rekreatif atau relaksasi setelah seharian berkutat dengan kesibukan.
Benarkah Rutin Sauna Dapat Mencegah Bau Badan?
Sebenarnya sejak dahulu masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan aktivitas sauna yang sering disebut dengan istilah ratus, mandi rempah, atau mandi uap walaupun masih dilakukan dengan cara yang tradisional. Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan sauna ini menjaga gaya hidup yang dilakukan secara teratur oleh masyarakat perkotaan yang seringkali merasa penat baik secara fisik maupun mental karena aktivitas harian yang menggunung. Mandi sauna juga sering menjadi bagian dari perawatan spa yang meliputi pijat, lulur, bodymask, atau perawatan yang lain. Sauna mempunyai berbagai dampak positif bagi kesehatan dan kecantikan kita termasuk untuk mencegah bau badan dan menghilangkannya.
Manfaat Sauna untuk Mencegah Bau Badan
Mandi sauna akan membuat seseorang mengeluarkan banyak keringat yang bercampur dengan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Proses ini dapat menjadi salah satu sarana detoksifikasi yang berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi dan mencegah bau badan akibat proses metabolisme yang kurang lancar. Selain itu mandi uap ini juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa pegal, mengharumkan badan, menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk dapat melakukan sauna sendiri di rumah, berikut ini adalah cara dan jenis rempah-rempah yang sebaiknya digunakan untuk mencegah bau badan.

Alat-Alat Sauna Tradisional

Alat-alat yang harus disiapkan untuk melakukan sauna di rumah adalah, 1 tikar pandan, 1 helai kain batik, arang, korek api, kursi yang memiliki lubang-lubang kecil, anglo berukuran sedang, dan periuk tanah liat atau panci. Buatlah tempat sauna dengan melingkarkan tikar pandan dan meletakkan kursi di tengahnya. Pada bagian bawah kursi, letakkan anglo dengan arang yang telah dinyalakan dan siap digunakan, dan letakkan juga periuk di atas anglo. Tutup bagian atas tikar pandan dengan kain batik agar uap tidak keluar.

Rempah-Rempah

Bila sauna yang Minasan lakukan bertujuan untuk mencegah bau badan atau agar kulit beraroma wangi, rempah-rempah yang harus disiapkan adalah 2 buah majakani, akar wangi, ratus wangi, 7 lembar daun nilam, 7 lembar daun sereh wangi, 7 kuntum bunga melati, 2 kuntum bunga mawar atau 1 sendok air mawar, 1 genggam rajangan daun pandan, dan 2 gram kacang hijau. Bahan-bahan ini sebagian besar mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk mencegah bau badan dan membuat tubuh menjadi segar.

Cara Menyiapkan Sauna Tradisional

Didihkan 700 ml air panas dan tuangkan ke dalam periuk lalu masukkan bahan-bahan rempah di atas secara berurutan. Minasan juga boleh menambahkan essential oil bila tersedia di rumah. Didihkan ramuan selama lebih kurang 5 menit hingga uap memenuhi tikar pandan. Bila dirasa sudah cukup duduklah di kursi selama 15-20 menit hingga tubuh banyak berkeringat. Keluarlah dari tikar dan matikan arang pada anglo. Bila dilakukan secara teratur, ramuan rempah-rempah tersebut dapat mencegah bau badan dan membuat aroma tubuh lebih harum.
Istirahatlah sejenak setelah melakukan sauna karena tubuh perlu menyesuaikan diri setelah pembuluh darah melebar karena proses pemanasan. Segera mandi setelah sauna juga tak disarankan karena dapat membahayakan kesehatan jantung. Penderita hipertensi tak disarankan menggunakan alternatif mencegah bau badan dengan sauna karena berisiko pingsan akibat peredaran darah menuju otak yang kurang lancar. Segera keluar dari tempat sauna bila Minasan merasa pusing atau lelah karena dehidrasi. Sebaiknya perawatan sauna dilakukan oleh orang dengan kesehatan tubuh yang prima.
Jadi, metode mana yang akan Minasan pilih, yoga atau sauna?