Khasiat Brokoli Sebagai Sayuran untuk Diet Sehat

Bagi pecinta sayuran, tak lengkap rasanya jika tidak menyukai brokoli. Sayuran dengan bentuk yang unik ini memiliki warna hijau yang segar dan termasuk ke dalam sayuran untuk diet dengan banyak khasiat dan manfaat. Brokoli merupakan sayuran dengan kandungan serat yang tinggi dan dapat mendukung proses penurunan berat badan sehingga Minasan dapat mewujudkan keinginan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sesuai dengan impian.

Brokoli, Sayuran untuk Diet Paling Baik

Tak hanya baik sebagai sayuran untuk diet, brokoli juga dapat mencegah penyakit jantung karena memiliki kandungan glucoraphanin yang berjumlah lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Mengonsumsi brokoli secara teratur dapat menjaga ketajaman mata seperti ketika memakan wortel, juga mampu menjaga kesehatan kulit karena memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, dan vitamin B kompleks yang baik. Vitamin E juga ada di dalam brokoli yang baik untuk membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit akan tetap awet muda dan cerah.
Pola diet yang baik ialah tetap menjaga metabolisme berjalan dengan baik, dan brokoli merupakan sayuran untuk diet yang bisa melakukannya. Brokoli dapat menjaga sistem pencernaan dengan baik sehingga bisa mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Ada kandungan antioksidan yang baik untuk melakukan detoksifikasi secara alami sehingga racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan baik.

Memasak Brokoli Sebagai Sayuran untuk Diet

Cara memasak brokoli sebagai sayuran untuk diet sangatlah mudah. Minasan bisa langsung merebus atau mengukus brokoli dan menjadikan sayuran tersebut sebagai camilan. Brokoli bisa dimakan langsung karena rasanya manis. Terlebih jika masih segar, maka brokoli memiliki daging yang empuk dengan rasa manis yang khas. Jika ingin dicampurkan dengan bahan makanan yang lain, brokoli bisa dijadikan tumisan bersama wortel, atau dijadikan sup yang dicampur dengan daging, atau kocokan telur.
Selain itu, sayuran untuk diet semacam brokoli bisa dijadikan brownies brokoli dan bolu panggang brokoli. Brokoli bisa diblender terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan adonan kue seperti biasa. Namun, untuk takaran gula dan lainnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Bisa juga dijadikan bolu gluten free menggunakan bahan-bahan organik yang jauh lebih sehat dan lebih aman. Brokoli mengandung vitamin C dan anti oksidan sehingga ketika dijadikan kue atau penganan manis, manfaatnya masih bisa dirasakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Memasak sayuran untuk diet jenis brokoli yang terpenting adalah tidak menghilangkan kandungan yang ada di dalamnya. Akan lebih baik jika brokoli dijadikan sebagai jus saja sehingga banyak kandungan yang masih bisa dikonsumsi ketika brokoli masih mentah karena belum melalui proses digoreng, direbus, atau dipanggang. Jus brokoli termasuk jus sayuran yang enak dengan tampilan hijau yang segar. Tambahkan sedikit air lemon dan es batu maka rasanya akan semakin enak.

Khasiat Asparagus Sebagai Sayuran untuk Diet Sehat

Asparagus memang bukan sayuran yang kerap dikonsumsi di Indonesia, tetapi di daerah Timur Tengah terutama di kawasan Mediterania, asparagus sudah dikenal sebagai sayuran untuk diet yang baik dan memiliki kandungan yang tinggi gizi. Penduduk di kawasan tersebut sejak dahulu sudah mengonsumsi asparagus sebagai makanan diet dan untuk pengobatan karena memiliki sifat anti bakteri dan kaya akan kandungan seperti vitamin K dan asam folat.

Sayuran untuk Diet? Asparagus Andalannya

Asparagus merupakan tanaman sayuran untuk diet dengan umbi yang tertanam di dalam tanah. Asparagus tidak memiliki daun tetapi dapat tumbuh tinggi hingga 25 cm dari tanah dan itu bisa terjadi dalam satu hari.
Sebagai sayuran untuk diet, asparagus memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh sehingga berat badan akan terjaga tetap ideal dan porposional. Asparagus sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet dan ingin memakan sayuran untuk menurunkan berat badan. Selain itu, asparagus pun memiliki kandungan folat tinggi yang baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Kandungan lain yang ada di dalam asparagus seperti potasium pun mampu menjadi diuretik alami yang bisa membuat pembengkakan di daerah tubuh cepat sembuh.
Bagi Minasan yang sedang mangandung, sayuran untuk diet seperti asparagus berguna sekali karena akan menghindarkan cacat lahir pada bayi yang dikandungnya. Ada asupan folat yang mencukupi kebutuhan ibu dan janin di dalam perut, juga membantu sel-sel saraf tumbuh dan berkembang secara maksimal. Asparagus pun dapat membantu mengurangi tingkat keasaman dalam darah sehingga bisa menetralkan racun-racun dan menjadikan ginjal mampu bekerja dengan baik dalam mengeluarkan sisa-sisa eksresi di dalam tubuh.

Mengolah Asparagus Sebagai Sayuran untuk Diet

Asparagus menjadi sayuran untuk diet yang kaya akan serat. Asparagus cocok sekali dijadikan jus karena rasanya yang lumayan enak. Cukup menambahkan madu supaya ada rasa manis yang akan menambah selera makan ketika mengonsumsinya. Asparagus yang diminum sebagai jus setiap hari mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan sebagai antioksidan yang akan membantu mencegah datangnya penyakit kanker.
Ada juga cara lain mengolah asparagus sebagai sayuran untuk diet, yaitu dengan menjadikannya sebagai sup. Jika sup krim pada umumnya adalah sup krim ayam, jamur atau jagung, maka asparagus pun bisa dijadikan bahan utama untuk membuat sup krim. Rasanya yang gurih akan menjadikan sensasi nikmat dan lezat ketika mengonsumsi asparagus. Tetapi hati-hati supaya tidak menambahkan daging dengan kolesterol yang tinggi karena pola diet yang sudah dijalankan otomatis akan gagal karena adanya konsumsi kolesterol dan lemak yang akan mengganggu metabolisme yang sudah dibangun selama ini.
Asparagus adalah sayuran untuk diet yang juga berperan sebagai media detoksifikasi alami. Dengan perannya tersebut, maka semua racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh akan dibantu untuk keluar. Jika tubuh dalam keadaan baik, maka tidak akan ada keluhan medis yang dirasakan, begitu juga perihal kecantikan, tidak akan ditemukan flek hitam atau jerawat pada wajah. Diet menggunakan asparagus akan mendapatkan banyak sekali keuntungan mulai dari kecantikan hingga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Olahan asparagus bisa dikonsumsi sesuai selera dan kreativitas sendiri tetapi jangan sampai kandungan asparagus hilang.
Manfaat asparagus dan brokoli sebagai sayuran sehat untuk diet hampir sama. Oleh sebab itu, Minasan bisa memilih salah satu sesuai yang diinginkan, atau bahkan mengonsumsi keduanya. Selamat mencoba.