Manfaat Baking Soda untuk Mencegah Bau Badan

Bau badan memang dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan sosial Minasan. Banyak orang mengkaitkan bau badan dengan kurangnya kebbersihan seseorang padahal sebenarnya tak selalu demikian. Bau badan bisa terjadi karena faktor genetik yang disebabkan produksi keringat berlebih atau mengeluarkan aroma keringat yang menyengat. Terjadinya bau badan tak sedap bisa juga dikarenakan jenis makanan yang dikonsumsi dan dapat memicu timbulnya aroma tubuh yang lebih tajam. Untuk mencegah bau badan Minasan bisa menggunakan cara yang aman dan alami yaitu menggunakan baking soda.

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Mencegah Bau Badan

Tak hanya berfungsi sebagai pengembang kue, bahan alami yang satu ini memiliki beragam manfaat bagi kita dan mudah didapatkan. Tak hanya berlaku untuk kulkas atau perkakas dapur lainnya, baking soda dapat menjadi pembersih dan penetral bau yang dapat mencegah bau badan pada tubuh kita. Tak hanya itu, baking soda juga berkhasiat untuk mengurangi timbulnya keringat. Berikut merupakan beberapa cara memanfaatkan baking soda.

Cara 1

Setelah selesai mandi, keringkan tubuh Minasan dengan handuk hingga benar-benar kering, terutama pada area di bawah lengan. Setelah itu gunakan spon atau kapas tipis, oleskan pada sejumput baking soda dan gunakan untuk menyeka area ketiak ini. Agar hasilnya efektif dan benar-benar dapat mencegah bau badan, tunggu hingga ketiak benar-benar kering sebelum mengenakan pakaian. Hal ini juga penting untuk mencegah pakaian bernoda putih akibat baking soda yang bercampur dengan bekas air mandi atau keringat.

Cara 2

Beberapa orang mempunyai jenis kulit yang cukup sensitif bila langsung bersentuhan dengan baking soda. Untuk menghindari ruam, campurkan baking soda dengan bedak bayi atau tepung maizena (tepung jagung) sebelum digunakan. Untuk mencegah bau badan selama seharian, gunakan ramuan ini sebagai deodoran alami sehabis mandi. Untuk kulit yang berjenis sensitif, disarankan perbandingan 1:6 untuk membuat ramuan ini, yaitu 1 bagian baking soda untuk dicampurkan dengan 6 bagian tepung maizena.

Cara 3

Resep ketiga untuk mencegah bau badan, Minasan membutuhkan tepung maizena, baking soda, dan minyak kelapa dengan perbandingan takaran yang sama. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata lalu simpanlah dalam lemari es. Ramuan siap digunakan sebagai deodoran, kapanpun Minasan membutuhkannya.

Cara 4

Untuk membuat resep mencegah bau badan yang keempat, bahan-bahan yang Minasan perlukan adalah baking soda, tepung kanji, tepung jagung, dan minyak esensial dengan aroma favorit Minasan. Campur ketiga bahan di atas dengan perbandingan 1:1:1 lalu aduk hingga merata. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial antibakteri seperti tea tree oil, lavender, sage, lemon, atau yang lainnya. Deodoran alami ini dikatakan mampu mengurangi aroma menyengat dari keringat.
Selain mengaplikasikan deodoran alami dari baking soda, untuk memperoleh hasil yang optimal dalam mencegah bau badan, sebaiknya Minasan juga melakukan perawatan dari dalam dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang disarankan akan membantu menetralisir bau badan dan selain itu, perbanyak pula konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Kedua bahan makanan alami tersebut sangat tinggi serat yang dapat membantu memperlancar proses metabolisme tubuh termasuk dalam proses pembuangan racun keluar dari tubuh. Dengan demikian tubuh akan menjadi lebih sehat dan efek positifnya bagi Minasan adalah berkurangnya aroma menyengat dari keringat.

Manfaat Cuka untuk Mencegah Bau Badan

Tak semua orang dapat menggunakan deodoran untuk mencegah bau badan karena beberapa orang memiliki kulit yang sensitif sehingga dapat timbul reaksi berupa alergi, iritasi kulit, atau gatal. Selain itu banyak pula yang meyakini bahwa penggunaan deodoran bisa memicu efek jangka panjang berupa penyakit kanker karena akumulasi zat-zat kimia yang terserap ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sebagai alternatif Minasan dapat manfaatkan baking soda untuk mencegah bau badan. Selain itu, cuka juga dipercaya dapat membantu mengatasi permasalahan bau badan.

Cara Menggunakan Cuka untuk Mencegah Bau Badan

Kandungan cuka terdiri dari asam asetat, asam amino, asam organik, saccharides, dan beberapa jenis vitamin B. Selain fungsi utamanya sebagai campuran dalam masakan, cuka juga dapat membasmi bakteri, kuman, dan agen pembersih dan penghilang bau yang efektif. Cuka juga dapat menghilangkan bau amis dalam waktu singkat dibandingkan pembersih yang lain. Penggunaan cuka dalam mencegah bau badan diharapkan akan meminimalkan efek samping karena merupakan bahan alami.
Berikut ini adalah cara menggunakan cuka sebagai deodoran untuk mencegah bau badan:

Cara 1

Campurkan beberapa tetes cuka pada secangkir air lalu gunakan cotton bud atau kapas wajah untuk mengolesi area di bawah lengan dengan ramuan buatan Minasan sendiri tersebut. Diamkan hingga ramuan mengering sebelum mengenakan pakaian Minasan. Sebaiknya pengaplikasian deodoran ini dilakukan setelah mandi. Tetapi metode ini sebaiknya dihindari bila area ketiak Minasan tengah teriritasi, misalnya karena proses pencukuran, digigit serangga, atau yang lainnya.

Cara 2

Cara kedua untuk mencegah bau badan adalah dengan mengoleskan ramuan cuka pada pakaian Minasan. Teteskan sedikit cuka pada bagian ketiak pakaian Minasan lalu diamkan hingga kering baru kenakan pakaian tersebut. Cara ini akan membantu mengurangi bau keringat yang tajam pada pakaian Minasan.

Cara 3

Selain cuka masak biasa, Minasan juga dapat menggunakan cuka apel sebagai deodoran alami untuk mencegah bau badan. Buatlah larutan deodoran dengan air mineral ditambah sedikit cuka apel. Setelah selesai mandi, oleskan ramuan ini pada bagian ketiak layaknya deodoran. Diamkan hingga ramuan mengering baru kenakan pakaian Minasan.
Cuka juga dapat digunakan sebagai bahan penghilang bau keringat yang menempel pada pakaian. Caranya, cuci pakaian Minasan seperti biasa lalu bilas hingga sisa sabun benar-benar bersih. Bubuhkan sedikit cuka pada area ketiak pakaian, diamkan sebentar, lalu bilas kembali pakaian Minasan hingga benar-benar bersih. Dengan demikian pakaian Minasan akan menjadi lebih segar dan bebas bau keringat setelah dijemur.
Deodoran alami lain yang dapat Minasan gunakan untuk mencegah bau badan selain cuka dan baking soda adalah mentimun, beberapa minyak atsiri seperti minyak lavender atau sage, tawas, dan cengkeh. Selain mudah diperoleh, bahan-bahan di atas juga cukup murah sehingga Minasan dapat mengatasi masalah bau badan ini dengan ekonomis. Nah, selamat tampil percaya diri dengan solusi alami ini.