Pentingnya Sayuran untuk Diet Sehat dan Cepat

Sayuran merupakan sumber makanan yang mengandung banyak sekali vitamin, mineral, dan serat. Kandungan tersebut berguna dan memiliki peran masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran pun bermanfaat bagi yang sedang menjalani diet. Sayuran untuk diet memberikan peluang supaya bisa melancarkan metabolisme dan membantu tubuh menyerap lebih banyak vitamin dan protein dibandingkan karbohidrat.

Kandungan Sayuran untuk Diet

Sayuran terdiri dari berbagai macam jenis. Dibedakan dari segi warna, sayuran terdiri dari yang berwarna gelap dan berwarna cerah. Brokoli termasuk contoh sayuran yang berwarna gelap sedangkan kembang kol dan wortel termasuk sayuran yang berwarna cerah. Kedua sayuran untuk diet ini bisa dikonsumsi keduanya baik yang berwarna gelap maupun yang berwarna cerah. Sayuran pun dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu sayuran daun dan sayuran biji serta umbi. Bayam dan kangkung adalah sayuran daun sedangkan kentang dan wortel termasuk golongan sayuran umbi.
Sayuran untuk diet tidak dibatasi pada sayuran tertentu saja. Hampir semua sayuran bisa tetap dimakan selama proses diet terutama untuk sayuran yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Direkomendasikan untuk mengonsumsi sayuran setiap hari dan berbeda-beda supaya asupan nutrisinya pun bervariasi. Selain itu, mengonsumsi sayuran yang berbeda akan mengurangi rasa bosan akan menu-menu yang monoton.

Mengonsumsi Sayuran untuk Diet Dengan Tepat

Agar proses diet bisa dilakukan dengan menyenangkan, maka diperlukan aturan tertentu yang bisa mengatur menu-menu yang akan dikonsumsi selama menjalani diet. Sayuran untuk diet pun akan menjadi menu yang enak sekaligus menyehatkan karena bisa dibuat berbagai jenis makanan dan berbagai jenis olahan yang penuh gizi yang cukup memenuhi asupan nutrisi setiap hari.
Karena diet tidak selalu menyenangkan, maka bisa dipilih makanan mana saja yang masih bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat termasuk sayuran untuk diet yang bisa memberikan semangat dan motivasi untuk tetap menjalani diet. Menu setiap harinya diusahakan berbeda meskipun bahan makanan atau sayurnya sama setidaknya cara pengolahannya yang berbeda.
Berbagai sayuran untuk diet dapat diolah dengan berbagai cara, misalnya untuk sarapan pagi bisa mengonsumsi sayuran yang direbus atau sayur yang dicampurkan dengan roti dan sandwich. Beberapa sayur bisa juga dibuat jus atau smoothie sehingga tampilannya lebih berbeda dibandingkan dengan tampilan sayur pada umumnya. Beberapa sayur yang bisa dibuat jus atau smoothies seperti wortel, bayam, pok choy, tomat, dan lain lain. Bisa ditambahkan lemon atau nanas supaya rasanya lebih enak atau bisa juga menggunakan madu sebagai pemanis alami. Berbagai jenis sayuran sebenarnya sudah memiliki rasa masing-masing dan jika sudah terbiasa mengonsumsinya maka akan terasa enak.
Kini sayuran pun bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kue seperti kue wortel, kue bit, dan berbagai jenis makanan lainnya yang diolah dengan cara dipanggang. Dengan begitu, makan acara makan sayur pun akan lebih variatif dan lebih baik dari sebelumnya.
Cara lainnya supaya sayuran untuk diet menjadi berbeda ialah dengan menjadikan sayur sebagai salad, tumis, dan sayur panggang yang ditambahkan beberapa protein dari ikan atau telur. Diet yang sehat harus mencukupi semua kebutuhan tubuh sehari-hari dari mulai karbohidrat, protein, vitamin, dan serat. Semuanya dikonsumsi dengan takaran tertentu sesuai dengan angka kebutuhan gizi setiap orang yang berbeda-beda. Konsultasikan bersama dengan ahli gizi supaya menemukan pola diet yang sehat.

3 Pilihan Jus Sayuran untuk Diet Sehat

Jus merupakan minuman yang enak, segar dan terkadang membuat kenyang. Apalagi jika buah yang dijadikan jus merupakan buah yang memiliki daging yang tebal seperti mangga, alpukat, dan tomat. Jus buah memiliki khasiat dan rasa yang baik untuk kesehatan sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari. Lalu, bagaimana dengan jus sayuran untuk diet? Karena kandungan yang baik dimiliki oleh setiap sayuran, maka jus sayuran pun akan memiliki manfaat yang sama yang diperlukan oleh tubuh sehari-hari.

Jenis Sayuran untuk Diet yang Bisa Dibuat Jus

Ada banyak jenis sayuran untuk diet yang bisa dijadikan sebagai menu jus sehari-hari. Minasan bisa membuat jus dari 1 jenis sayuran atau mengkombinasikan beberapa jenis campuran jus sayuran dan buah untuk rasa yang lebih enak sekaligus mendapatkan manfaat baiknya. Jus menjadi solusi karena bentuknya sudah berbeda dari sayuran pada umumnya bahkan memiliki rasa yang jauh lebih enak dibandingkan dengan mengonsumsi sayuran tersebut secara langsung.
Contoh sayuran untuk diet yang bisa dijadikan sebagai jus ialah wortel, mentimun, bit, daun seledri, tomat, pok choy, brokoli, kembang kol, kailan, daun bayam, dll. Masing masing sayuran bisa dicampur satu sama lain dan ditambahkan air lemon atau nanas supaya rasanya lebih segar. Bisa juga menambahkan madu atau sedikit gula sehingga ada sari manis yang akan menguatkan selera untuk menghabiskan jus hingga tetes terakhir.
Cara Membuat Jus Sayuran untuk Diet
Ada beberapa jus sayuran untuk diet yang bisa dibuat sendiri dengan mudah dan dengan waktu yang cukup singkat. Yang perlu dipersiapkan adalah jenis sayuran yang akan dibuat jus, blender, pisau untuk memotong sayuran atau bahan yang lain, dan tempat seperti gelas untuk menyajikan jus sayuran ketika selesai dibuat.
Cara membuat jus sayuran untuk diet yang enak misalnya mencampurkan wortel dengan apel. Siapkan wortel dan apel yang masih segar, lalu mentimun, buah bit, dan seledri. Bersihkan semuanya dan potong kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam blender. Tunggu hingga semua bahan halus lalu tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan es batu sesuai selera agar terasa lebih segar.
Selain jus campuran tersebut, bisa juga membuat jus sayuran untuk diet dari tomat dan mentimun. Siapkan mentimun, tomat, dan satu batang seledri. Masukkan ke dalam blender lalu tambahkan lada merah, lada hitam, dan sedikit garam. Blender hingga halus dan tercampur rata lalu nikmati jus selagi masih segar. Rasakan rasa yang berbeda dan unik dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Sayuran jenis bayam pun bisa dijadikan sebagai jus. Tambahkan bayam bersama dengan apel dan perasan jeruk lemon. Blender semuanya hingga halus lalu sajikan. Jus campuran bayam dan apel ini bisa juga ditambahkan madu untuk mendapatkan rasa manis yang enak dan sehat.
Supaya rasa sayuran untuk diet menjadi enak dan tidak aneh saat dikonsumsi dalam bentuk jus, tambahkan sedikit madu atau gula seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, ada baiknya untuk tidak menambahkan terlalu banyak karena akan membuat rasa manis semakin tinggi dan memicu terjadinya kelebihan gula yang akan mengakibatkan beberapa penyakit lainnya muncul.