Pilihan Detoksifikasi untuk Mencegah Bau Badan

Salah satu penyebab yang memicu aroma keringat menyengat adalah kesehatan pencernaan yang kurang terjaga. Usus adalah organ tubuh yang dapat menjadi pemicu timbulnya bau badan, karena harus bekerja keras memproses berbagai jenis makanan yang sulit dicerna. Pada proses ini akan dilepaskan gas metil dan hidrogen sulfida yang menyebabkan aroma tak sedap pada tubuh kita. Selain itu kurangnya konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayuran segar juga akan memperburuk masalah karena mempersulit proses detoksifikasi pada saat metabolisme tubuh berlangsung. Untuk mencegah bau badan yang terjadi karena masalah pencernaan, cara yang harus dilakukan adalah detoksifikasi. Berikut ini adalah langkah mudah yang dapat segera Minasan coba.
Untuk melakukan detoksifikasi demi membuang racun keluar dari tubuh kita sesungguhnya tak harus dengan mengunjungi klinik perawatan diet atau yang sejenisnya. Berikut ini adalah beberapa metode sederhana untuk dicoba di rumah:

1. Air Hangat

Rajin minum air hangat akan membantu untuk memurnikan kelenjar getah bening, membuat jaringan dalam tubuh lebih stabil, dan merangsang pengeluaran toksin keluar tubuh secara alami. Sesuai dengan prinsip pola makan food combining, Minasan dapat mengonsumsi air hangat dicampur perasan air jeruk lemon atau nipis setiap pagi setelah bangun tidur saat perut masih dalam kondisi kosong. Selain dapat melancarkan proses detoksifikasi, metode ini juga akan dapat menyehatkan liver, mengaktifkan enzim tubuh, dan membasuh lendir sisa metabolisme tadi malam saat Minasan tengah tertidur lelap.

2. Sayuran

Konsumsi sayuran hijau segar dapat mempermudah proses detoksifikasi tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu sayuran juga mengandung klorofil dalam konsentrasi tinggi yang berperan dalam mencegah bau badan. Sayuran juga merupakan bahan makanan alami dengan kandungan kadar kolin yang rendah sehingga dapat menetralkan bau keringat. Kolin adalah zat yang dapat memicu bau tajam pada keringat Minasan dan lebih banyak terdapat pada daging.

3. Kopi

Agar proses detoks Minasan sukses, kurangi atau hindari kopi sama sekali karena minuman berkafein yang banyak digemari ini berkontribusi untuk menambah jumlah racun dalam tubuh Minasan. Sebagai gantinya Minasan bisa mengonsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus mencegah bau badan.

4. Buah

Beberapa buah dikenal mampu meningkatkan kinerja hati yang berperan dalam pembuangan toksin keluar tubuh. Dengan demikian konsumsi buah-buahan juga membantu untuk mencegah bau badan. Jenis buah yang disarankan untuk dimakan lebih banyak saat proses detoksifikasi adalah jeruk.

5. Tidur dan Olahraga

Metabolisme tubuh yang lancar dan tubuh yang sehat dapat diketahui dengan kualitas tidur yang baik. Untuk itu usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sehari untuk menjaga tubuh Minasan tetap bugar. Agar kualitas tidur meningkat, rutinlah berolahraga sehingga Minasan cukup lelah dan dapat tidur lebih baik pada malam harinya.
Selain proses detoksifikasi sederhana untuk mencegah bau badan sebagaimana langkah-langkah yang telah diulas di atas Minasan juga bisa mencoba metode detoks buah atau hanya mengonsumsi buah-buahan dan air tanpa makanan tambahan lain. Sebaiknya pilihlah waktu yang tepat misalnya saat liburan untuk melakukan detoks seperti ini karena Minasan tak disarankan melakukan aktivitas berat atau berpanas-panasan.
Dengan melakukan puasa, Minasan juga dapat melakukan proses detoks pada tubuh Minasan sekaligus menyehatkan badan. Mengosongkan perut selama sekitar 12 jam akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh sekaligus meningkatkan kinerja organ tubuh kita. Metode ini juga efektif untuk mencegah bau badan akibat melemahnya proses metabolisme tubuh.

Peran Sayuran Dalam Membantu Mencegah Bau Badan

Selain memiliki wajah yang cantik, kulit yang mulus, dan tubuh yang ramping ideal, satu lagi kunci yang dapat menyempunakan penampilan terutama bagi wanita adalah aroma tubuh yang segar. Walaupun memiliki berbagai kelebihan di atas, tetapi bila mempunyai aroma tubuh yang menyengat, sulit bagi kita untuk bisa tampil percaya diri dan sukses dalam pergaulan atau kehidupan sosial. Permasalahan bau badan memang hal yang tak mudah untuk diatasi terutama aroma tubuh menyengat yang disebabkan oleh genetik. Parfum, deodoran, dan bedak mungkin dapat membantu mencegah bau badan tetapi sifatnya hanya sementara. Bila ingin masalah ini selesai dengan tuntas, Minasan harus melakukan perawatan dari dalam, salah satunya dengan sayuran segar.
Bila ingin masalah bau badan Minasan teratasi secara efektif, salah satu alternatif yang dapat Minasan coba adalah mengonsumsi lebih banyak sayuran dalam menu makanan Minasan sehari-hari. Memang ada beberapa jenis sayuran yang dapat menghilangkan atau mencegah bau badan karena memiliki kandungan zat tertentu, tetapi secara umum sayuran memiliki kandungan klorofil tinggi yang efektif untuk menetralkan aroma tubuh. Sayuran segar juga kaya akan serat dan enzim-enzim yang dibutuhkan tubuh, sementara serat akan membantu melancarkan metabolisme tubuh termasuk dalam proses detoksifikasi. Hal ini akan membantu untuk mengatasi masalah bau badan Minasan.
Riset ilmiah menemukan bahwa bau badan yang menyengat bisa terjadi karena konsumsi makanan yang mengandung tingkat kolin tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya Minasan lebih banyak mengonsumsi sayuran segar karena termasuk bahan makanan yang rendah kolin. Jenis-jenis sayuran yang memiliki tingkat kolin paling rendah adalah kangkung, tomat, labu, mentimun, wortel, selada, kol, dan lobak. Selain jenis sayuran tersebut, beberapa macam sayuran berikut juga akan membantu untuk mencegah bau badan dan mengatasi masalah bau badan.

1. Daun Beluntas

Daun beluntas mempunyai kandungan antiseptik dan alkali yang berguna untuk mencegah bau badan. Minasan bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai lalapan atau dikukus terlebih dahulu untuk diolah menjadi urap. Selain dapat menghilangkan bau badan, daun beluntas juga dapat menyembuhkan halitosis atau bau mulut dan menurunkan suhu tubuh.

2. Daun Kemangi

Sama seperti daun beluntas, daun kemangi juga memiliki kandungan antiseptik yang dapat membantu menghilangkan bau badan yang menyengat. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada daun kemangi akan membantu Minasan mendapatkan aroma tubuh yang lebih segar. Pada kondisi menstruasi, beberapa wanita merasa bau keringatnya menjadi lebih keras, dan hal itu dapat diatasi dengan mengonsumsi daun kemangi mentah sebanyak 1 genggam setiap pagi dan sore hari.

3. Bunga Kecombrang

Jenis sayuran yang satu ini mungkin tak terlalu banyak dikenal, namun sebenarnya bunga kecombrang sangat efektif dalam mencegah bau badan. Kandungan nutrisi sayuran berwarna merah pucat ini adalah saponin, polifenol, dan flavonoid. Pada umumnya daun kecombrang diolah menjadi sayur lodeh atau pecel.

4. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang dapat digunakan sebagai perawatan luar untuk mencegah bau badan. Cara menggunakannya sangat mudah, Minasan tinggal menggosokkan mentimun muda yang telah dicuci bersih dan dikupas kulitnya pada bagian tubuh yang sering berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap seperti misalnya ketiak atau telapak kaki. Sebaiknya perawatan ini dilakukan sehabis mandi.
Cara alami untuk mengatasi atau mencegah bau badan memang selalu lebih disarankan daripada penggunaan bahan-bahan kimia karena lebih minim efek samping. Detoksifikasi, selain dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, juga dapat menjadi solusi bagi permasahalan bau badan. Selamat mencoba!