Menyadari Masalah Makan Saat Bosan

Tips diet pertama, yaitu menyadari kalau Minasan memiliki masalah makan saat bosan. Ini penting untuk memberikan pertahanan diri dari rasa ingin mengunyah padahal tidak lapar yang dapat merusak diet. Jadi, perlu untuk mengenali diri sendiri, apa benar Minasan lapar atau hanya bosan? Ketika ada dorongan untuk makan, berhenti sebentar jangan langsung bergegas ke dapur atau ke depan lemari es. Bertanyalah pada diri sendiri apakah benar-benar lapar atau tidak. Ketahui ciri-ciri rasa lapar yang berasal dari perut yang keroncongan dan jika benar-benar lapar akan merasa sedikit mual kemudian merasa sulit konsentrasi, lemas, dan mudah tersinggung. Berbeda dengan pikiran serta keinginan makan saat bosan, lapar adalah hal yang terasa pada fisik. Jika saat melakukan sesuatu Minasan bertanya-tanya dan membayangkan apa yang akan dimakan nanti, Minasan tidak lapar, kemungkinan besar hanya bosan. Memang agak sulit untuk mengandalkan kontrol diri untuk tidak makan saat bosan karena makan diasosiasikan pada berbagai kegiatan, seperti saat menonton film, menonton TV, bahkan saat bekerja. Namun, sadarilah bahwa hal tersebut tidak akan berakhir baik jika terus dilakukan apalagi bagi Minasan yang diet. Lebih baik lakukan sesuatu, misalnya mengubah kegiatan makan sambil menonton TV, menjadi olahraga sambil menonton TV.
source: http://www.thedailymeal.com/healthy-eating/do-you-eat-just-because-youre-bored-heres-how-stop

Ketahui Penyebab Kebosanan Itu Sendiri

Untuk mengatasi makan saat bosan, tips diet selanjutnya, yaitu mengetahui penyebabnya agar lebih efektif dalam pencegahan. Selama beberapa hari atau minggu, buatlah tulisan atau ingat-ingat kapan kemunculan rasa ingin makan saat bosan tersebut. Setelah mengetahui kebiasaan, sebisa mungkin gantilah kebiasaan tersebut dengan kegiatan yang lebih mengasyikan daripada rutinitas yang berpotensi membuat bosan. Jauhkan juga diri dari makanan. Jangan langsung berdiri mencari makanan yang dapat berakhir dengan habisnya satu bungkus makanan ringan yang tidak sehat.

Menemukan Hal Lain untuk Dilakukan

Masih berhubungan dengan tips diet sebelumnya, lebih baik jika rutinitas yang membuat bosan diisi dengan kegiatan lain. Atau, jangan menunda pekerjaan yang membuat Minasan memiliki waktu senggang sehingga mudah bosan. Lakukan kegiatan yang idealnya sulit untuk makan pada waktu yang bersamaan, misalnya olahraga, mengecat kuku, melukis, menggambar, atau mencoba kreasi DIY yang ada di internet. Atau, cobalah mengobrol dengan teman lewat telepon atau chatting. Jauhilah dapur serta kulkas dan tetap aktif agar tidak bosan.

Hindari Makanan Tidak Sehat

Jika Minasan merasa gampang menyerah, tips diet berikutnya, yaitu jangan menyimpan makanan yang dapat mengganggu proses diet Minasan. Cara tersebut tentu akan menurunkan potensi makan saat bosan. Jangan menyediakan makanan tidak sehat di mana-mana karena sama saja menyiksa diri sendiri. Gantilah makanan tersebut dengan camilan yang lebih sehat, seperti buah.
source: http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/am-i-really-hungry

Mungkin Sebenarnya Hanya Haus

Sering kali banyak orang salah mengira lapar padahal sebenarnya hanya haus. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih yang cukup atau dapat meminum teh herbal. Setelah minum, tunggu beberapa menit dan cek apakah masih merasa lapar.

Hindari Makan di Kamar Tidur

Jangan meletakkan makanan ringan di kamar tidur atau di depan TV. Dengan begitu, seketika saat Minasan bosan, makanan tersebutlah yang diraih. Letakkan makanan hanya di meja makan atau kulkas saja. Selain itu, buatlah jadwal ngemil, tentunya camilan yang sehat. Karena camilan sehat juga penting untuk menahan lapar di antara waktu makan utama dan akan membuat Minasan tidak makan terlalu banyak. Cek juga menu yang Minasan makan setiap hari. Jika Minasan mudah lapar, kemungkinan makanan tersebut kurang protein dan serat.
source: http://www.popsugar.com/fitness/How-Stop-Eating-When-Youre-Bored-30646082