Jika kamu sedang menjalankan program diet, coba pilih minuman yang rendah kalori atau dapat bekerja membakar lemak agar dietmu jauh lebih efektif. Berikut ini 6 jenis minuman yang baik dikonsumsi saat diet dan cara minum yang efektif untuk dietmu.

Air Hangat

Air hangat tidak mengandung kalori dan baik untuk menghangatkan tubuhmu sehingga metabolisme tubuh pun meningkat dan pembakaran lemak menjadi lebih mudah. Jika tubuh dalam keadaan hangat, maka kinerja tubuh bagian dalam juga akan mengalami peningkatan. Saat suhu tubuh bagian dalam meningkat 1 derajat, pada dasarnya metabolisme tubuh akan meningkat sebesar 10~20%.
source: http://vurbmag.com/5-natural-constipation-moves/
Jika tubuh dan organ dalam tubuhmu menghangat, maka aliran darah secara keseluruhan akan membaik, dan keringat akan mudah keluar sebagai reaksi pembuangan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Sebaliknya, jika tubuhmu dingin, metabolisme tubuh akan memburuk sehingga keringat sulit keluar.
source: http://www.medicaldaily.com/health-benefits-warm-water-6-ways-drinking-warm-water-can-heal-your-body-282218
1) Minum 1 gelas air hangat saat bangun tidur di pagi hari dan setiap kali makan. Minum segelas air hangat saat bangun tidur akan membantu mempersiapkan lambungmu untuk bekerja. Usahakan tidak minum sekaligus tapi minumlah perlahan agar tidak terlalu membebani lambungmu.
2) Batasi minum air hangat hanya 1 liter per harinya. Air hangat bisa berfungsi sebagai detoks dan membuang zat tidak berguna keluar tubuh. Jika kamu minum air hangat terlalu banyak, bisa-bisa nutrisi yang seharusnya diserap tubuh juga ikut larut.
3) Rebus air lalu biarkan hingga suhunya turun sampai pada batas di mana kamu bisa meminumnya. Usahakan jangan sampai airnya menjadi terlalu dingin agar khasiatnya tidak berkurang.

Air Soda

Air soda atau air karbonasi tanpa gula tidak mengandung kalori, bermanfaat menekan nafsu makan, dan membantumu terbebas dari masalah sembelit. Gas dalam air soda akan mengembang di dalam perut dan membuatmu merasa kenyang. Tekanan dari air soda di dalam lambung akan mendorong kotoran dalam usus sehingga masalah sembelit akan mudah teratasi. Ada juga jenis minuman soda yang mengandung gula dan tentu saja memiliki kadar kalori cukup tinggi. Jadi usahakan kamu memilih air soda tanpa gula, ya.
source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-3056486/Is-dehydrated-really-bad-drunk-new-study-says-drinking-little-water-just-hazardous-alcohol.html
1) Menahan nafsu makan: Minum kurang lebih 500 ml (2 gelas) air soda sebelum makan.
2) Mengatasi sembelit: Minum sekitar 100~200 ml air soda setelah bangun tidur.

Teh

Teh juga merupakan minuman yang baik untuk membantu memperlancar dietmu. Teh memiliki banyak jenis, namun rata-rata 1 cangkir (200 ml) teh hanya mengandung 5~10 kcal saja.
source: https://maryellencags.wordpress.com/2013/12/03/five-reasons-why-tea-is-better-than-coffee/
Kandungan polifenol, serat, saponin seperti zat katekin, tannin, dan chlorogenic acid dalam teh akan membantu mencegah penyerapan lemak dan menekan nafsu makan. Teh kaya akan mineral sehingga dapat membantu membuang kelebihan cairan yang tidak dibutuhkan tubuh. Itulah sebabnya kamu akan sering buang air kecil setelah minum teh.
source: http://www.booksforbetterliving.com/drink-tea-instead-of-coffee/
Untuk menambah efektifitas saat diet, sebaiknya pilih waktu konsumsi teh sebelum atau pada saat makan. Cara minum teh seperti ini akan membuat nafsu makanmu berkurang sehingga porsi makanmu juga lebih sedikit. Penyerapan lemak dari makanan yang kamu konsumsi juga akan ditekan.

Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki kalori paling besar di antara minuman lain yang disebutkan di sini. Namun di balik itu, susu kedelai menyimpan banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Soya saponin dan isoflavon dalam susu kedelai berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Selain itu, susu kedelai juga baik dalam menekan nafsu makan sehingga sangat disarankan untuk memenuhi nutrisimu saat diet.
source: http://www.blenderbabes.com/lifestyle-diet/soy-milk-recipe-quick-easy/
Tidak sebesar kalori dalam susu pada umumnya, 200 ml susu kedelai hanya mengandung 90~140 kcal. Jumlah asupan isoflavon yang disarankan adalah sebesar 70~75 mg per harinya. Dalam 200 ml susu kedelai mengandung sekitar 50 mg isoflavon, jadi usahakan kamu minum susu kedelai sebanyak 200~250 ml untuk memenuhi asupan harianmu, ya.
source: http://jamesstewartdds.com/want-stronger-teeth-drink-milk/
1) Minum susu kedelai sebelum makan. Dengan minum susu kedelai sebelum makan, maka porsi makanmu secara otomatis akan berkurang.
2) Kamu bisa blender susu kedelai dengan sayuran atau buah untuk membuat smoothies sebagai salah satu menu untuk dietmu. Pilih sayuran seperti bayam atau sawi dan buah seperti pisang, alpukat, apel sebagai campuran smoothies susu kedelaimu. Menurut penelitian, bayam mengandung thylakoid yang dapat bekerja menekan nafsu makan. Mengonsumsi thylakoid akan menambah produksi leptin (hormon kenyang) dan membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu thylakoid juga dapat menekan peningkatan kadar gula darah dan mencegah penyerapan lemak oleh tubuh.

Kopi

Caffeine dan chlorogenic acid dalam kopi akan mengurai lemak dan membantu pembakaran lemak. Usahakan kamu minum dalam kondisi hangat tanpa menambahkan gula atau susu.
source: http://www.healthcuretips.com/which-foods-will-give-you-energy/
Namun sebaiknya batasi konsumsi kafein harianmu karena konsumsi berlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatanmu. Disarankan dalam sehari mengonsumsi tidak lebih dari 400 mg. Dalam 150 ml kopi biasanya mengandung sekitar 90 mg kafein, jadi maksimal kamu hanya boleh minum 3~4 cangkir kopi per hari.
source: http://www.healthcommunities.com/healthy-living-guides/index.shtml/10-smoking-triggers_9
Minumlah kopi setelah makan dan sebelum olahraga. Minum kopi setelah makan akan membantu lambung dalam mencerna makanan. Sedangkan kopi yang diminum sebelum olahraga atau mandi akan membuat keringat lebih banyak keluar.

Cokelat

Cokelat kaya akan serat makanan sehingga baik dalam menahan nafsu makan dan membuat perutmu kenyang lebih lama. Cokelat juga kaya akan mineral, nutrisi, dan polifenol yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh.
source: https://hannahcuttingjones.wordpress.com/2013/10/15/vegan-hot-cocoa/
1) Minum cokelat sebelum makan dan saat kamu merasa lapar. Minum cokelat di saat-saat ini akan membantu mengurangi porsi makanmu dan mencegahmu untuk makan di antara 2 jam makan.
2) Pilih pure cocoa tanpa gula! Minuman dengan rasa cokelat yang dijual di pasaran kebanyakan sudah mengandung gula, jadi pilih yang tidak mengandung gula atau setidaknya pilih yang kadar gulanya paling sedikit. Jangan lupa lihat jumlah kalori pada kemasan, ya!