Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan munculnya kantung mata hitam. Contohnya seperti flu, infeksi, alergi, dan kelelahan. Tapi munculnya kantung mata hitam juga bisa disebabkan oleh faktor alami keturunan.
Semakin bertambahnya umur seseorang membuat kulit di bawah mata kian menipis, sehingga menyebabkan munculnya pembuluh darah di area bawah mata. Maka dari itu, ketika kantung mata muncul, sebenarnya area bawah mata tidak hanya menjadi tebal, namun juga kehitaman.
Namun Minasan tidak perlu khawatir, kantung mata hitam bisa diatasi, kok. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam dengan membeli krim-krim khusus penghilang kantung mata. Cukup dengan cara sederhana dan alami, kantung mata hitam bisa diatasi dengan baik. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ya.

Irisan Mentimun

Mentimun memiliki zat ringan yang sangat baik untuk menyamarkan kantung mata hitam. Selain itu mentimun juga dapat membuat mata terasa segar. Karena itu ketika mata terasa lelah karena terlalu banyak melihat komputer, menempelkan potongan mentimun ke atas mata dianjurkan. Sama seperti ketika mengatasi mata lelah, Minasan bisa memotong mentimun menjadi beberapa irisan tebal. Masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan irisan mentimun yang sudah dimasukkan ke dalam lemari es tadi ke atas mata dan diamkan selamat 20 menit. Setelah itu basuh mata dengan air, kemudian ulangi lagi. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu ya Minasan.
source: http://gladis.beritagar.id/article/fashion-and-beauty/5-cara-mudah-mengatasi-mata-panda

Irisan Kentang

Selain mentimun, Minasan juga bisa menyamarkan kantung mata hitam dengan kentang, lho. Caranya sama seperti mentimun. Iris tipis kentang, namun jangan lupa dikupas terlebih dahulu ya kulitnya, lalu cuci bersih. Tempelkan irisan kentang yang sudah bersih tadi pada mata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.
source: http://gladis.beritagar.id/article/fashion-and-beauty/5-cara-mudah-mengatasi-mata-panda

Hindari Rokok & Alkohol

Tidak hanya buruk bagi kesehatan Minasan, rokok dan alkohol juga dapat mengakibatkan terbentuknya kantung mata dan mengurangi kelembaban kulit. Nah, untuk menghindari kantung mata hitam yang membuat wajah Minasan tidak berseri, Minasan juga harus menghindari mengonsumsi dua benda ini. Lagipula, rokok dan alkohol akan membuat wajah Minasan tampak lelah. Lebih baik perbanyak minum air putih, dan jangan lupa untuk selalu memakai pelembab wajah di sekitar mata setiap sebelum tidur.
source: http://halosehat.com/minuman/minuman-berbahaya/bahaya-minuman-keras-bagi-kesehatan

Minyak Almond

Jika Minasan rutin menggunakan minyak almond, dijamin kantung mata hitam yang Minasan miliki akan perlahan memudar. Mengapa demikian? Karena minyak almond adalah bahan alami yang dapat membantu menghaluskan kulit di area sekitar mata. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Aplikasikan minyak almond di area mata yang hitam sebelum tidur, pijat lembut beberapa menit. Minasan tetap bisa tidur dengan area hitam pada mata yang sudah diolesi minyak almond. Nah keesokan harinya Minasan bisa membilasnya dengan air dingin.
source: http://www.sayacantik.com/cara-menghilangkan-kantung-mata/

Kompres Menggunakan Air Dingin

Untuk menyamarkan kantung mata hitam, Minasan cukup membasahi handuk halus yang bersih dengan air dingin. Kemudian, kompres kantung mata Minasan dengan handuk tersebut. Lakukan gerakan menekan perlahan pada mata, dan diamkan selama beberapa menit. Lalu ulangi beberapa kali.
source: http://seputartentangdunia.blogspot.co.id/2011/02/perempuan-pantang-minum-air-es-saat.html

Gunakan Air Garam

Cara sederhana menyamarkan kantung mata lainnya yaitu dengan menggunakan campuran garam dan air hangat. Gunanya untuk mengompres mata. Minasan bisa menggunakan kapas atau handuk halus. Bagaimana caranya? Cukup mudah. Campurkan kurang lebih 1 atau 2 sendok teh garam ke dalam 1 liter air hangat. Kemudian aduk air hingga garam benar-benar larut. Lalu celupkan kapas atau handuk halus ke dalam air garam hangat tadi, lalu kompreskan kapas atau handuk tadi pada area kantung mata. Tekan perlahan selama 10-15 menit. Lakukan cara beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.
source: https://raniistanti.wordpress.com/2013/03/05/cara-alami-dan-aman-mengatasi-sakit-tenggorokan/