1. Kesalahan Memakai Bra

Bra berfungsi untuk menutup dada serta mempertahankan bentuk payudara. Masalah pemakaian bra terkadang dianggap sepele. Akan tetapi jika Minasan salah dalam memilih dan menggunakan bra, maka akan menyebabkan payudara Minasan tidak dapat tertopang dengan baik. Minasan harus memilih bra yang benar-benar nyaman, pas dan tidak terlalu longgar untuk menjaga bentuk payudara Minasan. Jangan menggunakan bra yang terlalu kecil, kencang, atau dibuat dengan bahan tidak bagus. Hal ini juga bisa membuat kulit payudara Minasan tidak sehat dan menjadi kendur.
source: http://jakartakita.com/2015/01/20/bra-ternyata-penyebab-payudara-kendur/

2. Proses Kehamilan, Melahirkan, dan Menyusui

Kendurnya kulit payudara akibat kehamilan, melahirkan dan menyusui adalah hal yang wajar dan alamiah. Seiring bertambahnya usia kehamilan Minasan, maka ukuran payudara semakin berkembang dan ini berpengaruh terhadap efek gravitasi, karena semakin besar massa payudara, maka tarikan ke bawah semakin kuat. Setelah melahirkan, ukuran payudara Minasan berubah lagi seiring penurunan berat badan dan menyusutnya kelenjar susu. Sedangkan kendurnya payudara Minasan yang menyusui terjadi setelah bayi tidak meminum ASI lagi. Hal ini terjadi karena proses involusi payudara terjadi ketika kelenjar susu berhenti memprosuksi susu. Akan tetapi Minasan tidak perlu khawatir karena ada cara mengatasi kulit payudara kendur setelah melahirkan dan menyusui dengan perawatan payudara secara rutin dan tepat.

3. Masalah Berat Badan atau Diet

Mengapa berat badan menjadi salah satu penyebab kulit payudara kendur? Hal ini dimungkinkan karena ketika berat badan Minasan berubah secara drastis, maka ligament tubuh berada tidak pada tempatnya sehingga jaringan payudara juga berpindah. Hal yang bisa menjadi contoh adalah ketika Minasan melakukan diet ketat yang bisa membuat penurunan berat badan secara drastis, apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga. Selama penurunan berat badan , lemak atau kelenjar susu hilang yang menyebabkan kondisi kulit menjadi kendur akibat tidak adanya suplai lemak atau kelenjar susu pada tubuh terutama daerah payudara. Hal yang tidak dianjurkan lagi adalah jika Minasan melakukan diet yang tidak konsisten atau diet yo-yo. Berat badan Minasan akan cepat mengalami penurunan dan cepat naik kembali.
source: http://www.femmislim.com/

4. Faktor Usia

Faktor usia juga menjadi hal utama penyebab kulit payudara kendur. Seiring dengan bertambahnya usia Minasan, maka kulit payudara akan kehilangan elastisitasnya terlebih jika Minasan sudah mengalami beberapa kali masa kehamilan, melahirkan dan menyusui. Bentuk payudara yang tidak kencang lagi ketika Minasan memasuki masa menopause terjadi karean Minasan kehilangan hormon estrogen yang juga memberi fungsi menjaga elastisitas payudara. Semakin bertambah usia Minasan juga akan membuat berkurangnya kemampuan jaringan ikat yang menghubungkan kelenjar lemak dan kelenjar susu di dalam payudara. Otot-otot maskulus dan otot pectoralis yang menopang payudara juga melemah. Hal inilah yang mengakibatkan payudara Minasan kendur seiring dengan bertambahnya usia Minasan.

5. Posisi Tidur

Kendurnya kulit payudara Minasan juga bisa diakibatkan kebiasaan buruk, salah satunya adalah posisi tidur. Tidur dalam jangka waktu lama dengan posisi miring ternyata bisa membuat payudara kendur. Mengapa demikian? Hal ini masih berhubungan dengan adanya gravitasi bumi. Ketika Minasan tidur dengan posisi miring, payudara tidak ada yang menyangga sama sekali, kecuali oleh bra. Sedangkan ketika Minasan tidur sangat dianjurkan untuk melapas bra. Jadi ketika tidur tanpa memakai bra, maka tidak ada sama sekali yang menopang payudara Minasan. Berbeda dengan ketika Minasan tidur dengan posisi telentang. Payudara akan disangga oleh tubuh Minasan.
source: http://keepo.me/healthy-fun-channel/info-sehat-8-penyebab-payudara-menjadi-kendur

6. Kekurangan Cairan atau Dehidrasi

Mengapa kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat payudara Minasan kendur? Ketika Minasan kekurangan cairan, maka akan membuat sel-sel kulit yang membentuk payudara berubah menjadi kering. Jika hal ini terjadi maka terbentuk sebuah celah kosong di antara lapisan kulit pembungkus payudara. Dalam jangka panjang, sel kulit payudara yang telah kering dan kosong ini membuat melemahnya jaringan ikat yang menopang payudara sehingga payudara menjadi kendur. Oleh karena itu Minasan harus banyak-banyak minum air putih. Alasan yang satu ini mungkin bisa membuat Minasan minum air putih lebih banyak lagi.