Mandi sebaiknya tidak dilakukan hanya untuk membersihkan permukaan kulit, namun juga memberikan efek lain seperti menyegarkan, menghaluskan, dan melembapkan. Selain itu, mandi yang benar juga tidak hanya memberikan efek pada fisik saja, namun juga rasa rileks pada kondisi psikis. Nah, jika biasanya Minasan melakukan mandi biasa yang hanya sekadar menghilangkan kotoran dari kulit, cobalah 5 cara mandi menyenangkan berikut ini.

1. Mandi untuk Relaksasi

Terasa kenyal, halus, dan lembut merupakan ciri kulit sehat yang bisa Minasan dapatkan dengan mudah. Cobalah melakukan salah satu cara mandi yang berbeda ini. Minasan bisa mencampurkan 4 tetes minyak esensial melati murni, 4 tetes minyak esensial kenanga murni, dan 2 tetes minyak esensial kayu cendana murni ke dalam bak mandi. Berendamlah dalam air hangat dengan campuran minyak esensial tersebut. Rasakan perubahan ketika Minasan selesai mandi, baik pada kulit maupun pada tubuh secara umum. Aliran darah akan terasa lebih lancar, kulit terasa lebih sehat, lembap, dan bercahaya. Selain itu aroma wewangian dari minyak esensial dapat membuat pikiran lebih rileks.

2. Mandi untuk Mengurangi Rasa Sakit

Mandi yang kedua ini bermanfaat khususnya jika Minasan sedang merasakan sakit di bagian tertentu, misalnya saja akibat kelelahan, jatuh, atau telah melakukan proses persalinan. Minasan bisa mencampurkan 4 tetes minyak esensial kamomil murni, 2 tetes minyak esensial lavender murni, dan 4 tetets minyak esensial geranium murni dalam air hangat. Berendamlah beberapa saat sambil memijat area-area tubuh di sekitar bagian yang sakit. Kandungan dalam minyak aromaterapi tersebut akan meresap ke dalam pori-pori kulit dan menghilangkan rasa sakit secara berkala.

3. Mandi yang Menyenangkan

Mandi yang satu ini wajib dicoba. Aroma yang menguat dari dalam air bisa memberikan sensasi menyenangkan pada tubuh. Caranya, campurkan 4 tetes minyak esensial lavender murni, 4 tetes minyak esensial patchouli murni, dan 2 tetes minyak esensial mawar murni dalam air hangat. Jika Minasan tidak terbiasa berendam saat mandi, campuran minyak aromaterapi dan air hangat di atas juga bisa langsung Minasan gunakan untuk mandi. Setelah mandi, dapatkan ciri kulit sehat yang bisa Minasan rasakan di tubuh.

4. Mandi Spa di Rumah

Jika Minasan ingin melakukan spa, namun tidak punya banyak waktu luang, Minasan bisa mencoba mandi spa di rumah. Mandi ini dapat menghilangkan racun dari kulit sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Caranya, siapkan 1 genggam penuh garam laut kasar, 6 tetes minyak esensial juniper murni, 6 tetes minyak esensial lemon murni, 6 tetes minyak esensial grapefruit atau jeruk bali murni, dan 2 genggam bubuk rumput laut kering (bisa diganti dengan garam Inggris) yang dibungkus dengan kain kasa. Masukkan garam dan semua minyak esensial ke dalam bak mandi yang sudah berisi air hangat. Lalu, berendamlah sambil memijat tubuh dengan kantung kain kasa yang berisi bubuk rumput laut kering tadi.
source: http://www.goodwp.com/images/201307/goodwp.com_29476.jpg

5. Mandi dengan Sabun Gel Menyegarkan

Untuk mendapatkan ciri kulit sehat pada tubuh, Minasan juga bisa mencoba mandi yang menyegarkan berikut ini. Cukup siapkan 50 ml sabun mandi gel tanpa pewangi, 10 tetes minyak esensial bergamot murni, 4 tetes minyak esensial pepermint murni, dan 6 tetes minyak esensial juniper murni. Campur semua bahan dalam air hangat untuk berendam.
Nah, itulah 5 cara mandi menyenangkan yang bisa Minasan praktikkan sendiri di rumah. Untuk mendapatkan semua minyak esensial di atas, Minasan bisa membelinya di toko obat herbal, apotek, atau supermarket. Minasan bisa menghabiskan waktu berendam 20 menit dengan pilihan campuran minyak esensial di atas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Menarik untuk dicoba, kan?